UNTUK INDONESIA
Menang di Uji Coba, Persipura Soroti Fisik Pemain
Persipura Jayapura menang 7-0 di laga uji coba melawan Metro FC Malang. Namun pelatih Jacksen F. Tiago lebih menyoroti fisik pemain di laga itu.
Persipura Jayapura menang 7-0 di laga uji coba melawan Metro FC Malang di Lapangan Agrowisata, Kota Batu, Malang, Sabtu 9 Februari 2020. Namun pelatih Jacksen F. Tiago lebih menyoroti fisik pemain di laga itu. (Foto: Persipura Jayapura)

Jayapura - Persipura Jayapura kembali meraih hasil memuaskan di laga uji coba ketiga saat menang telak 7-0 atas tim Liga 3 Metro FC Malang. Namun pelatih Persipura Jacksen F. Tiago tak fokus pada hasil akhir karena dia lebih menyoroti fisik pemain. 

Kemenangan telak di laga yang digelar di Lapangan Agrowisata Kota Batu, Sabtu 8 Februari 2020 merupakan bagian dari program persiapan tim menghadapi kompetisi Liga 1. Di laga itu, pelatih Jacksen menurunkan dua tim yang berbeda. 

Dirinya menilai tim menunjukkan perkembangan yang signifikan setelah melakoni uji coba untuk kali ketiga tersebut. Dalam uji coba itu, Jacksen lebih menekan pada aspek fisik para pemain.

Dalam uji coba ini, saya memang lebih menekankan kepada intensitas fisik

Pasalnya, tim Mutiara Hitam beruji coba melawan tim dari kasta ketiga sehingga secara kualitas memang berbeda jauh. Menurut pelatih asal Brasil ini aspek taktik akan lebih mudah dikembangkan saat menghadapi tim yang selevel.  

"Pemain tampil cukup baik. Mereka menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan. Kami memang tidak melihat hasil akhir dari pertandingan itu karena fokus kami adalah kompetisi Liga 1 2020," kata Jacksen, Minggu 9 Februari 2020.

"Dalam uji coba ini, saya memang lebih menekankan kepada intensitas fisik. Paling tidak di pertandingan seperti ini, kami bisa menunjukkan bagaimana kemampuan fisik pemain," ujar dia menjelaskan.

Jacksen, lebih jauh, menuturkan bila sisi taktik akan dikembangkan saat tim beruji coba melawan tim dengan kualitas yang sebanding. Saat menghadapi lawan dari Liga 1, dirinya bisa memberikan tekanan kepada lawan tanding melalui taktik dan strategi yang dikembangkan.

"Lawan uji coba memang bukan level kami. Meski demikian untuk sementara tim menunjukkan peningkatan cukup baik. Intensitas dalam tekanan yang coba dikembangkan juga berjalan cukup baik. Tim pertama dan tim kedua sudah ada peningkatan," katanya. 

Selama persiapan, Persipura telah melakoni tiga laga uji coba melawan tim-tim amatir. Mereka meraih kemenangan telak 7-0 atas Putra Jaya dan kemudian menang 2-0 atas Asifa FC. Terakhir, mereka menang telak atas Metro FC. 

Tidak adanya turnamen pramusim Piala Presiden menjadikan klub-klub menyelipkan agenda uji coba untuk mematangkan tim sebagai persiapan menghadapi Liga 1. Termasuk Persipura selama menjalani persiapan di Batu, Malang. []


Berita terkait
Persipura Diperkuat Comvalius dan Duo Brasil
Persipura Jayapura resmi mengumumkan 24 pemain yang akan mengarungi kompetisi Liga 1 2020, termasuk striker baru Sylvano Comvalius.
Persipura Jayapura Waspadai Kejutan Kalteng Putra
Pelatih Jacksen F. Tiago, meminta Persipura Jayapura mewaspadai potensi kejutan Kalteng Putra dalam duel pada Kamis 12 Desember 2019.
Kalteng Putra Vs Persipura, Jangan Anarkis Lagi
Kalteng Putra akan bermain habis-habisan melawan Persipura Jayapura di laga kandang Shopee Liga 1 2019. Tim ingin memberi kemenangan bagi suporter.
0
Covid-19 di 17 Negara Eropa Antara 11.000 - 200.000
Penyebaran virus corona baru (Covid-19) di Eropa melanda semua negara bahkan di beberapa negara kasusnya jauh di atas jumlah kasus di China