Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memastikan bahwa program servis gratis yang ditawarkan via tautan s.id/SuzukiPeduliCovid dengan mengatasnamakan Suzuki dan beredar lewat pesan berantai adalah hoaks alias berita bohong.
PT SIS melalui keterangan resminya, dikutip dari Antara, Rabu,1 7 Juni 2020, menyatakan program tersebut bukan dari PT SIS dan dibuat tanpa persetujuan atau izin PT SIS, sehingga setiap informasi yang terdapat di dalamnya sama sekali tidak benar.
"Saat ini beredar broadcast message program ‘Suzuki Peduli COVID’ berupa perawatan mobil gratis yang bisa didapatkan konsumen dengan mengisi sejumlah data penting. Kami menduga ini adalah penipuan untuk mengumpulkan data konsumen karena PT SIS tidak pernah mengeluarkan program tersebut," kata 4W, 2W, Marine Service Director PT SIS, Riecky Patrayudha.
Pesan hoaks tersebut menawarkan perawatan mobil secara gratis meliputi beberapa layanan seperti ganti oli, tune up, spare part, balancing, spooring, checkup 32 part, gratis masker, dan hand sanitizer.
Namun, konsumen terlebih dahulu harus mengisi data-data penting dan pribadi berupa nama, alamat, nomor telepon, e-mail, dan sebagainya.
Riecky mengatakan segala informasi resmi dari setiap program yang ditawarkan oleh pihak Suzuki akan diberitahukan melalui surat resmi kepada semua dealer, situs, dan media sosial resmi Suzuki Indonesia.
Dia menjelaskan pihaknya telah membuat laporan resmi pengaduan konten negatif berupa berita bohong kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.
"Untuk itu, pada Selasa (16/06/2020), kami telah membuat laporan resmi pengaduan konten negatif berupa berita bohong kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Kami harap konsumen kami tidak tertipu dengan pesan hoaks tersebut," ujar Riecky.
PT SIS menginformasikan seluruh program Suzuki Indonesia yang resmi akan tercantum pada website Suzuki Indonesia di www.suzuki.co.id, serta media sosial Suzuki Indonesia (Facebook, Twitter, dan Instagram).[]