UNTUK INDONESIA
Seorang Turis di Aceh Singkil Berstatus ODP Corona
Tim gugus tugas penanganan pencegahan Covid-19 di Aceh Singkil melaporkan Seorang turis asal Ceko berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) corona.
Tim gugus tugas, Aceh Singkil melakukan pemeriksaan wisatawan mancanegara di Pulau Sikandang, Pulau Banyak, Aceh Singkil, Senin, 23 Maret 2020. (Foto: Tagar/Khairuman)

Aceh Singkil - Seorang turis asal Ceko yang dikumpulkan di Pulau Sikandang, Aceh Singkil, Aceh berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"Hasil pemeriksaan terhadap puluhan turis itu, berdasarkan pemeriksaan tim kemarin Minggu 22 Maret ada satu di antara mereka ditetapkan statusnya menjadi ODP," kata Juru bicara Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Singkil, Muhammad Ihsan, kepada Tagar Minggu, 23 Maret 2020.

Di lokasi itu, kata Ihsan, para turis mulai dicek satu persatu suhu tubuhnya. “Laporan dokter yang berangkat ke sana tadi ada satu orang yang memiliki suhu tubuh di luar ambang batas yakni 38 derajat celsius lebih,” kata Ihsan.

Setelah konsultasi dengan dr paru-paru RSUD Aceh Singkil, kata Ihsan, maka statusnya turis tersebut ditingkatkan menjadi ODP. Para turis ini dipastikan akan tetap ditempatkan di Pulau Sikandang untuk sementara waktu ini. Di mana setiap hari nantinya petugas akan melakukan cek berdasarkan standar medis terhadap para turis tersebut.

Laporan dokter yang berangkat ke sana tadi ada satu orang yang memiliki suhu tubuh di luar ambang batas yakni 38 derajat celsius lebih.

Sementara Ketua Gerakan Pemuda(GP) Ansor Mufkirul, kepada Tagar, berharap Taman Wisata Alam (TWA) Pulau Banyak, Aceh Singkil, Aceh harus segera ditutup sementara waktu.

"Pemerintah Aceh Singkil, kalau mau serius atasi wabah virus corona, tempat wisata di Pulau banyak dan lainnya harus ditutup, karena berpotensi keluar masuknya warga negara asing ," ujarnya. []

Berita terkait
Tergilas Truk, Seorang Pelajar di Aceh Singkil Tewas
Kecelakaan antara truk Hino dengan sepeda motor Beat terjadi di Kuta Tinggi, Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil, Aceh.
Masyarakat Aceh Singkil Diminta Beli Masker Sendiri
Untuk mencegah wabah virus corona atau Covid-19, masyarakat Aceh Singkil, Aceh diminta untuk membeli masker dengan biaya sendiri.
RSUD Singkil Siapkan Ruang Isolasi Corona Sementara
Kabupaten Aceh Singkil, Aceh menyiapkan satu ruangan khusus isolasi sementara jika ada pasien yang dicurigai (Suspect) virus corona.
0
Gempa 5,6 SR Guncang Tapanuli Bagian Selatan Sumut
Gempa dengan kekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang wilayah Tapanuli Bagian Selatan, Sumatera Utara.