UNTUK INDONESIA
Seorang PDP Covid-19 di Rembang Turun Kasta
Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Rembang, Jawa Tengah, dikabarkan turun kasta menjadi orang dalam pengawasan (ODP)
Bupati Rembang H. Abdul Hafid saat melakulan penyemprotan Disinfekta di Pasar Rembang (foto: Tagar/Rendy Teguh Wibowo).

Rembang - Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Rembang, Jawa Tengah, dikabarkan sudah membaik. Setelah dilakukan pemeriksaan, pasien yang tidak disebutkan identitasnya tersebut turun kasta menjadi orang dalam pengawasan (ODP).

"Artinya, hingga kemarin Rembang negatif Covid-19," kata Bupati Rembang Abdul Hafidz saat dikonfirmasi Tagar, Selasa, 18 Maret 2020.

Baca juga: Biaya Pasien Rembang Positif Corona Ditanggung Pusat

Jadi kemarin ada satu orang yang dicurigai. Setelah dicek tidak ada indikasi apa-apa.

Hafidz menegaskan, satu orang PDP yang dimaksud sudah dilakukan pemeriksaan secara mendalam. Hasilnya, negatif Covid-19 dan sekarang kembali ke ODP. 

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) sebelumnya, Rembang menetapkan 21 ODP virus corona. Sementara ada satu orang yang sudah masuk dalam kategori PDP. Diperkirakan jumlah ODP di Kabupaten Rembang saat ini jadi 22 orang.

"Jadi kemarin ada satu orang yang dicurigai. Setelah dicek tidak ada indikasi apa-apa," ucapnya.

Artinya, kata dia, orang tersebut tidak terbukti terinfeksi Covid-19 meski telah melakukan kunjungan ke wilayah yang sudah terjangkit virus corona

Dia mengeluhkan anggaran penanganan Covid-19 di Rembang saat ini memang belum banyak. "Namun, ketika dibutuhkan, berapa pun biaya akan dipastikan cukup," tuturnya.

Baca juga: Kerawanan Pilkada 2020 Rembang Kategori Sedang

Secara terpisah, Direktur Rumah Sakit Bhina Bakti Husada Rembang dr Ella Nuraila menyampaikan, pasien PDP tersebut dari negara Arab Saudi. Usai pulang dari negara tersebut ke Rembang, pasien berobat karena mengeluhkan ada gejala batuk dan pilek.

"Dari perusahaannya (pasien) diminta untuk pemeriksaan corona. Oleh sebab itu kemudian pasien kami arahkan ke RSUD Loekmonohadi Kudus. Dan kami tetap melaporkan hal ini ke Dinas Kesehatan kabupaten," kata dia. []

Berita terkait
Pandemi Corona, Sekolah di Rembang Libur 2 Minggu
Keputusan Pemkab Rembang meliburkan proses belajar mengajar di sekolah sebagai langkah antisipasi pandemi corona.
Harga Gula Pasir di Rembang Naik Bukan Dipicu Corona
Harga gula pasir di Rembang melonjak. Pedagang dan anggota DPR RI Marwan Jafar beda pendapat soal penyebab kenaikan.
Corona Ubah Tradisi Salim Murid ke Guru di Rembang
Gara-gara heboh virus corona, kebiasaan salim murid ke gurunya di SDN 1 Magersari Rembang berubah.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.