UNTUK INDONESIA
Seniman Djaduk Ferianto Meninggal Dunia
Pemimpin Orkes Sinten Remen Gregorius Djaduk Ferianto meninggal dunia pada Rabu, 13 November 2019.
Seniman Djaduk Ferianto meninggal dunia pada Rabu, 13 November 2019. (Foto:Instagram/Djaduk Ferianto)

Jakarta - Kabar duka menyelimuti kancah seni tanah air. Pemimpin Orkes Sinten Remen Gregorius Djaduk Ferianto meninggal dunia. Seniman multitalenta itu mengembuskan napas terakhir pada Rabu dini hari, 13 November 2019 sekitar pukul 02.30 WIB.

"Telah berpulang menghadap Tuhan: RM Gregorius Djaduk Ferianto, hr ini Rabu 13 Nov 2019 jam 02.30. Disemayamkan di Padepokan seni Bagong. K. Misa jam 14.00. Dimakamkan pkl 15.00 di Makam Keluarga Sembungan, Kasihan. Bantul", Demikian bunyi pesan WhatsApp yang diterima Tagar, Rabu, 13 November 2019.

Sementara kakak dari Djaduk, seniman Butet Kertaredjasa mengonfirmasi kabar tersebut melalui laman media sosial Instagram milikinya.

“RIP. Djaduk Ferianto,” tulis Butet seraya mengunggah tulisan Sumangga Gusti atau Silakan Tuhan, dengan font putih serta latar berwarna hitam.


 




 

View this post on Instagram

 








RIP. Djaduk Ferianto

A post shared by  Butet Kartaredjasa (@masbutet) on

Djaduk Ferianto meninggal dunia di usianya yang telah menginjak 55 tahun. Ia meninggalkan seorang istri dan 5 orang anak.

Sejumlah sumber mengatakan sang maestro wafat usai menderita komplikasi sejumlah penyakit, di antaranya jantung dan darah tinggi.

Baca juga: Mendiang Djaduk Ferianto di Mata Butet Kertaradjasa

Semasa hidup, Djaduk merupakan seniman yang terkenal aktif mengasuh grup musik etnik modern Sinten Remen dan Kua Etnika.

Ia juga merupakan bagian dari teater Gandrik yang pernah menjadi sutradara maupun penata musik sejumlah pagelaran teater. Djaduk juga kerap mengisi musik latar sederet karya film nasional. []


Berita terkait
Sha Ine Febriyanti, Ratu Bengis di Teater WS Rendra
Aktris Sha Ine Febriyanti didaulat memerankan tokoh bengis Ratu Dara dalam pentas ulang drama karya maestro WS Rendra bertajuk Panembahan Reso.
Teater Koma Pentaskan Lakon JJ Sampah-Sampah Kota
Teater Koma kembali dengan produksi terbarunya berjudul J.J Sampah-Sampah Kota pada 8-17 November 2019.
Sosok Pahlawan di Mata Reza Rahadian
Sederet tokoh perfilman nasional termasuk Usmar Ismail dan Jamaluddin Malik diakui aktor Reza Rahadian layak untuk menyandang gelar pahlawan.
0
Dua Titik Rawan Kecelakaan di Jeneponto
Ada dua titip rawan kecelakaan di Jeneponto menjadi pusat perhatian pemkab, Jasa Raharja dan kepolisian yakni di Jalan Poros Paccelang dan Karamaka