UNTUK INDONESIA
Sosok Pahlawan di Mata Reza Rahadian
Sederet tokoh perfilman nasional termasuk Usmar Ismail dan Jamaluddin Malik diakui aktor Reza Rahadian layak untuk menyandang gelar pahlawan.
Reza Rahadian saat acara Pemilihan Duta Muda Asean-Indonesia 2019. (Foto: Instagram/@officialpilares)

Jakarta - Sederet tokoh perfilman nasional termasuk Usmar Ismail dan Jamaluddin Malik diakui aktor Reza Rahadian layak untuk menyandang gelar pahlawan perfilman Indonesia. Pasalnya, Reza menilai kedua orang tersebut memiliki kontribusi besar bagi kancah seni film dalam negeri.

"Kita punya rekam jejak tentang tokoh-tokoh perfilman Indonesia yang ikut membangun kelahiran industri film Indonesia dan berkontribusi cukup besar juga. Buat saya, dua tokoh itu besar sekali jasanya bagi perfilman Indonesia," ujar Reza di Jakarta, Jumat, 8 November 2019, melansir Antara.

"Mereka dua orang yang menurut saya juga mempelopori berdirinya perusahaan film negara. Jadi, penting banget sebagai orang film kita juga harus mengenal sejarah perfilman Indonesia seperti apa," kata dia.

Selain dua tokoh penting di atas, pemain film Imperfect: Karier, Cinta dan Timbangan itu juga menyebut beberapa nama lain yang turut membuat industri film Indonesia gemilang.

Reza menilai era keemasan film nasional saat ini tidak terlepas dari prestasi generasi terdahulunya.

"Lahirnya ibu Christine Hakim, kelahiran Slamet Raharjo. Kita punya Teguh Karya dengan teater populernya, kenal dengan produksi-produksi film yang bobotnya luar biasa," kata dia.

"Buat saya, mereka itu juga pahlawan perfilman. Karena film Indonesia pencapaian masa ke-emasannya pada era Wim Umboh, Teguh Karya, Arifin C Noer, dan ada beberapa tokoh lainnya. Jadi menurut saya, mereka itu pahlawan-pahlawan perfilman Indonesia," ujar Reza Rahadian.

BJ Habibie dan Reza RahadianBJ Habibie dan Reza Rahadian. (Foto: Instagram/@ekanurjanah626)

Pemain film Habibie dan Ainun itu mengatakan, saat ini ia telah melakukan hal-hal positif seperti terlibat dalam organisasi kemanusiaan yang mengurusi soal pendidikan anak-anak demi meneruskan perjuangan para pahlawan Indonesia.

Baca juga: Tips Travelling Asik ala Nicholas Saputra

Sementara terkait film, Reza terus mengasah kemampuan aktingnya agar lebih baik lagi.

"Perjuangan hari ini tentu beda ya, bukan lagi perang. Salah satunya hal-hal yang terkait kemanusiaan yang menjadi perhatian saya. Secara aktif selama empat tahun, saya memperjuangkan hal-hal anak sekolah untuk dapat ruang kelas yang layak," jelas Reza.

"Lalu kemudian hubungannya dengan film, penuh perjuangan lho. Untuk menjadi seorang aktor, saya menjaga profesionalisme bekerja. Itu juga perjuangan lho. Mengasah kemampuan berakting itu sebuah perjuangan yang bisa dilakukan oleh anak-anak jaman sekarang." kata dia. []

Berita terkait
Tohpati dan Anggun C Sasmi Jadi Sosok Pahlawan Musik
Tohpati dan Anggun dianggap menjadi dua sosok pahlawan musik yang begitu menginspirasi bagi kelompok band The Overtunes.
Patung Agnez Mo Jadi Koleksi Museum Madame Tussaude
Penyanyi asal Indonesia Agnez Mo bakal menjadi salah satu figur yang akan dibuat menjadi patung lilin di museum Madame Tussaude Singapura.
Wishnutama Jadi Sutradara Video Klip Musik Lagu Anji
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama menjadi sutradara video klip lagu berjudul Aku Percaya milik Anji.
0
Pengamat: Pemecatan eks Bos Garuda Bentuk Politisasi
Pengamat menilai, pemecatan mantan Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara merupakan bentuk politisasi.