UNTUK INDONESIA
Semen Padang FC Pertahankan Pelatih Asing di Liga 2
Semen Padang FC mempertahankan pelatih asal Portugal Eduardo Almeida untuk menangani tim menghadapi kompetisi Liga 2 musim 2020.
Pelatih Eduardo Almeida (kanan) dipertahankan Semen Padang FC untuk menangani tim di Liga 2 musim 2020. Pelatih asal Portugal ini gagal menyelamatkan Semen Padang FC di Liga 1 dan harus terdegradasi. (Foto: Tagar/Muhammad Aidil)

Padang - Semen Padang FC mempertahankan pelatih Eduardo Almeida. Pria berkebangsaan Portugal tersebut kembali dipercaya mengarsiteki klub tersebut yang akan mengarungi Liga 2 musim 2020. 

Almeida yang masuk di putaran kedua kompetisi Liga 1 2019 memang gagal menyelamatkan Semen Padang FC dari ancaman degradasi. Tim akhirnya hanya bertahan satu musim setelah promosi dan harus kembali ke Liga 2. 

Kembalinya Semen Padang FC ke kasta kedua memang sebuah ironi. Pasalnya Kabau Sirah termasuk klub tertua yang sudah eksis sejak Galatama pada era 1980-an.

Eduardo sabar menunggu ketetapan dari manajemen. Bahkan keputusan untuk Eduardo menjadi pelatih tinggal menyelesaikan urusan administrasi

Meski gagal menyelamatkan Semen Padang FC, namun Almeida tetap mendapat kepercayaan menangani tim. CEO Semen Padang FC, Hasfi Rafiq mengatakan setelah menetapkan pelatih, pihaknya segera menyiapkan tim, termasuk perekrutan pemain. 

"Kami tetap memakai jasa Eduardo. Mengenai siapa pemain yang akan memperkuat Semen Padang FC akan diputuskan oleh pelatih," kata Hasfi di Padang, Selasa 21 Januari 2020.

Menurut Hasfi, sang pelatih dengan lisensi UEFA tersebut memang masih berada di Portugal. Namun Rafiq mengklaim pihaknya terus menjalin komunikasi dengan Almeida.

"Eduardo sabar menunggu ketetapan dari manajemen. Bahkan keputusan untuk Eduardo menjadi pelatih tinggal menyelesaikan urusan administrasi," ucapnya.

Almeida sendiri bakal membangun tim dari awal karena ditinggalkan sebagian pemain pilar. Tidak hanya kapten Irsyad Maulana sampai Dedi Gusmawan tetapi juga kiper Teja Paku Alam yang bergabung dengan Persib Bandung

Para pemain asing juga tak lagi bersama klub. Pasalnya tim Liga 2 tidak diizinkan memakai pemain asing. Namun mereka bisa ditangani pelatih asing. 

Semen Padang FC juga menyatakan kesiapannya mengikuti kompetisi setelah berhasil menyelesaikan masalah keuangan tim. Terutama setelah dilakukan pertemuan dengan Menteri BUMN Erick Tohir dengan Komisaris PT Semen Padang, Khairul Jasmi dan anggota DPR RI asal Sumatera Barat (Sumbar) Andre Rosiade.

"Selanjutnya manajemen akan menyelesaikan permasalahan tunggakan keuangan dan denda. Kami kemudian menetapkan pelatih, dan mengontrak pemain dari hasil seleksi pelatih," tuturnya. []

Berita terkait
Kiper Semen Padang FC Menyeberang ke Persib Bandung
Kiper Teja Paku Alam menjadi pemain terakhir yang meninggalkan Semen Padang untuk bergabung dengan Persib Bandung.
Lagi, Semen Padang Kehilangan Pemain Andalan
Semen Padang FC kembali kehilangan salah satu pemain terbaiknya. Striker Mariando Urapmobin meninggalkan Semen Padang bergabung dengan Arema FC.
Pelatih Terkesan Suporter Tetap Dukung Semen Padang
Pelatih Eduardo Almeida terkesan dengan suporter Semen Padang tetap mendukung tim meski terdegradasi dan bermain imbang 1-1 melawan Borneo FC.
0
Banjir di Sumbawa NTB Tewaskan Satu Bocah SD
Bocah kelas 4 SD warga Dusun Untir, Desa Uma Beringin, Kecamatan Untir Iwes, Kabupaten Sumbawa, meninggal dunia akibat hanyut terbawa air banjir.