Selain Nasi, Makanan Ini Jadi Hambatan Turunkan Berat Badan

Tanpa disadari, barangkali ada beberapa makanan yang jadi persoalan mengapa berat badan tidak lekas turun.
Ilustrasi Berat Badan. (Foto: Tagar/Disemua)

Jakarta - Meski sudah jarang makan nasi, roti, dan makanan karbohidrat tinggi lainnya, kadang seseorang masih sulit mengurangi berat badannya. Nah, mungkin ada makanan-makanan yang barangkali tidak kamu sadari menjadi hambatan.

Jadi kalau kamu sudah berupaya mati-matian mengurangi konsumsi makanan berkalori, kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan penyumbang kalori terbesar. Sehingga kalori yang masuk di tubuh bisa dikendalikan dan tidak berlebihan. Berikut ini 4 makanan dikutip dari beautynesia.id sebagai penyumbang kalori terbesar yang harus dikurangi agar bisa turun berat badan.


Saus Botolan

Makanan tinggi kalori yang pertama adalah saus botolan. Kamu mungkin sudah mencoba mengurangi konsumsi berbagai junk food seperti pizza, burger, ataupun kentang goreng. Namun pernahkah kamu membatasi konsumsi saus botolan?

Tak banyak yang tahu bahwa saus botolan termasuk makanan berkalori tinggi. Contohnya adalah kecap manis, mayonais, dan lainnya. Hal ini dikarenakan, mayonais mengandung lemak yang tinggi sementara kecap mengandung gula yang tinggi.


Es Teh Manis

Selain makanan, ada pula minuman tinggi kalori yakni es teh manis. Minuman ini memang cukup familiar bagi banyak orang sebab jadi salah satu minuman favorit yang sering dipesan dan jadi teman makan untuk berbagai macam makanan.

Sayangnya tak banyak yang tahu bahwa dalam 1 botol es teh manis kemasan memiliki kalori yang sama dengan 120 gram nasi putih. Jadi jika kamu konsumsi 8 botol teh manis, maka setara dengan 1 kg nasi. Jadi mulai pikir-pikir pilih konsumsi antara makanan rendah kalori atau 1 botol teh manis?


Kue

Makanan tinggi kalori selanjutnya adalah kue. Kue ini biasanya dijadikan persediaan camilan pasti yang ada di rumah. Bahkan setiap Hari Raya, kita selalu menyiapkan sajian kue, mulai dari nastar, kastengel, kue putri salju, biskuit dan lainnya. Selain itu, kue juga sering jadi pengganjal perut saat lapar sebelum jam makan.

Banyak yang tidak sadar bahwa meski makan kue sedikit atau tidak terasa kenyang, sebenarnya tubuh mendapat asupan kalori yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan kue mengandung mentega, gula, dan garam yang tinggi.


Gorengan

Makanan berkalori selanjutnya adalah gorengan. Gorengan termasuk jenis makanan yang sering kita temui sehari-hari. Bahkan sebagian orang mengalami ‘tiada hari tanpa gorengan’. Sebab gorengan menjadi lauk wajib yang menemani nasi setiap hari.

Padahal gorengan termasuk makanan tinggi kalori dan gampang membuat berat badan naik. Untuk itu, bagi kamu yang sedang diet wajib untuk membatasi konsumsi gorengan dan ganti dengan makanan rendah kalori.

Itulah berbagai makanan penyumbang kalori terbesar yang bisa bikin gagal dietmu. Yuk mulai ubah pola makan dengan pilih makanan rendah kalori dan sehat. []

Berita terkait
Demi Kesehatan, Wedang sekoteng Cocok untuk Dinikmati
Sekoteng adalah minuman khas Jawa Tengah yang dibuat dari air jahe yang dihidangkan panas. Biasa dicampur dengan kacang tanah, roti tawar, dll.
7 Minuman Sehat untuk Penderita Asam Lambung
Bagi penderita asam lambung perlu melakukan langkah pencegahan untuk menghindari kekambuhan gejala. Berikut rekomendasi minuman atasi gejaranya.
Resep Sehat Jamu Kunyit Asam
Jamu kunyit asam ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi keputihan bagi wanita.
0
Selain Nasi, Makanan Ini Jadi Hambatan Turunkan Berat Badan
Tanpa disadari, barangkali ada beberapa makanan yang jadi persoalan mengapa berat badan tidak lekas turun.