SEHATI: Desa Sebagai Pusat Perkembangan Ekonomi Rakyat

Paket SEHATI di Pilkada Sumba Timur mengatakan desa merupakan bagian terkecil dari sebuah negara. Ini penjelasannya.
Khristofel Praing, Calon Bupati Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Foto: Dok Tagar/Yos Syukur)

Sumba Timur - Desa merupakan bagian terkecil dari sebuah negara. Desa menjadi ujung tombak berkembangnya ekonomi masyarakat. Desa mengolah uang yang tidak sedikit untuk membangun ekononi rakyat, kendati demikian masyarakat di desa terkesan jauh dari kemakmuran.

Oleh karena itu pemerintah kabupaten harus memiliki strategi untuk perkembangan ekonomi masyarakat. Strategi ini bisa dilakukan dengan cara meningkatkan infratsruktur, meningkatkan Sumber daya manusia di desa, mengembangkan potensi yang ada di desa dan pembangunan yang berkelanjutan.

Pembangunan infrastruktur sangat penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

Peningkatan pembangunan Infrastruktur sangat penting untuk mengembangkan ekonomi rakyat. Karena infrastruktur adalah kunci utama kemajuan ekonomi sebuah desa.

Baca juga:

"Harus diakui bahwa saat ini masih banyak proyek infrastruktur desa yang terbengkelai, bahkan aparat desa ada yang terjerat kasus hukum,"kata calon bupati Sumba Timur Khristofel Praing kepada Tagar, Minggu, 15 November 2020.

Dia menjelaskan, kemajuan infrastruktur akan menarik minat investor untuk berinvestasi dalam rangka memajukan ekonomi rakyat. Investasi ini tentu melibatkan masyarakat desa dalam berbagai kegiatanya. Keterlibatan para pengusaha mampu menciptakan lapangan kerja baru sehingga mengurangi angka kemiskinan.

Dikatakan, kondisi infrastruktur misalnya jalan raya akan memudahkan masyarakat mengakut hasil pertanian dan perkebunan. Jika ada investasi maka pembangunan sarana transportasi untuk kelancaran kegiatan ekonomi akan semakin meningkat.

"Pembangunan infrastruktur sangat penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa," ujar dia.

Calon bupati dengan nomor urut satu itu melanjutkan, semua upaya untuk meningkatkan ekonomi tidak akan lepas dari sumber daya manusia di desa sebagai pelaku utama.

Untuk itu, kata Khristofel, membangun SDM sangat penting dilakukan oleh pemerintah dengan melaksanakan berbagai pelatihan, baik dibidang pertanian, perkebunan dan bidang lainnya.

Menurut dia, sumber daya manusia sebagai potensi untuk membantu proses percepatan peningkatan ekonomi masyarakat desa. Semua upaya untuk meningkatkan ekonomi tidak akan lepas dari sumber daya manusia di desa sebagai pelaku utama.

lebih jauh dia menjelaskan, melalui sumber dayanya masyarakat mampu memetakan potensi-potensi unggulan yang ada di desa untuk dikembangkan dalam rangka membangun perekonomian desa.

Potensi pedesaan yang dikembangkan seperti berbagai kerajinan tangan, obyek wisata, hasil bumi, kuliner dan semua potensi lainnya yang ada di desa.

"Tugas pemerintah mengontrol upaya mengembangkan potensi desa yang ada dan memberi fasilitas sesuai yang dibutuhkan.

Pembangunan dan pengembangan ekonomi tidak hanya tugas aparat desa semata, namun partisipasi masyarakat sangat penting  dalam mengembangkan potensi desa," tegas mantan kepala dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sumba Timur tersebut.

Calon bupati dengan tagline SEHATI itu membenarkan, jika  potensi unggulan yang ada di desa bisa dipromosikan melalui teknologi internet. Disinilah pemerintah memiliki peran penting untuk menyediakan koneksi internet bagi masyarakat desa.

Masyarakat bisa mempromosikan pariwisata, kuliner dan hasil tenun melalui internet. "Kaum Milenial juga mampu mengembangkan kemampuannya melalui teknologi dengan menjadi blogger atau youtuber,"tutup dia. []

Berita terkait
Julie Laiskodat Optimis SEHATI Menang di Pilkada Sumba Timur
Julie Sutrisno Laiskodat optimis paket SEHATI dapat memenangkan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur 9 Desember 2020 mendatang.
11 Parpol Siap Menangkan SEHATI di Pilkada Sumba Timur
Sebanyak 11 partai siap memenangkan paket SEHATI di Pilkada Sumba Timur. Ini ke 11 partai tersebut
DPD NasDem Sumba Timur Bagi Beras ke Masyarakat
DPD Partai NasDem bagi beras ke warga terdampak Covid-19 di Sumba Timur NTT.
0
Dewas KPK Pecat Penyidik Robin Terkait Suap Tanjung Balai
Dewan Pengawas KPK memecat penyidik Stepanus Robin Pattuju karena terbukti berhubungan dengan perkara Wali Kota Tanjung Balai M. Syahrial.