UNTUK INDONESIA
Sebagian Warga Aceh Mulai Salat Id Besok Pagi
Sebagian warga di Kabupaten Nagan Raya, Aceh mulai merayakan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah besok pagi.
Ilustrasi - Ribuan masyarakat Nagan Raya pengikut Tarekat Syattariyah atau pengikut Habib Muda Seunagan selesai melaksanakan shalat Idul Fitri 1438 H, Sabtu (24/6). (Tagar/Fzi)

Banda Aceh - Sebagian warga di Kabupaten Nagan Raya, Aceh mulai merayakan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah besok pagi, Sabtu, 23 Mei 2020.

Malam ini, masyarakat pengikut Thariqat Syattariah Habib Muda Seunagan atau Abu Peleukung itu mulai mengumandangkan takbir menyambut Hari Raya Idulfitri di masjid maupun musala di desa masing-masing.

Cucu Habib Muda Seunagan, Said Kamaruddin mengatakan, shalat Ied hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah ini bakal dilaksanakan di Masjid Peuleukung dan di sejumlah masjid lainnya yang merupakan pengikut Thariqat Syattariah Habib Muda Seunagan.

Kita harus saling menghargai, kepada pengikut Thariqat Syattariah Habib Seunagan jangan sampai makan dan minum di luar, karena saudara kita masih berpuasa.

"InsyaAllah pengikut Thariqat Syattariah Habib Muda Seunagan mulai takbiran malam ini," kata Said Kamaruddin saat dikonfirmasi Tagar, Jumat, 22 Mei 2020.

Sebenarnya, kata Said, yang melaksanakan lebaran besok pagi bukan hanya pengikut Thariqat Syattariah Habib Muda Seunagan yang ada di Nagan Raya saja, tetapi juga hampir di seluruh Aceh.

"Sebenarnya bukan hanya di Seunagan Timur saja. Termasuk di Aceh Barat ada, Abdya, Gayo Lues, tersebar di seluruh Aceh Thariqat Syattariah. Mereka shalat ied di daerah masing-masing," ujarnya.

Said menyampaikan, di Nagan Raya hampir semua merata masyarakat yang merayakan Idulfitri besok pagi. Meskipun memang tidak semua desa di dalam satu kecamatan.

Dalam kesempatan ini, Said juga mengimbau kepada seluruh pengikut Thariqat Syattariah Habib Seunagan yang insyaAllah akan berlebaran lebih cepat untuk menghargai saudara yang belum merayakan Hari Raya 1441 Hijriah.

"Kita harus saling menghargai, kepada pengikut Thariqat Syattariah Habib Seunagan jangan sampai makan dan minum di luar, karena saudara kita masih berpuasa," tutur Said.

Hal senada juga diutarakan warga Lhok Seumot Kecamatan Beutong, Nagan Raya, Ali menyampaikan bahwa beberapa desa di sana bakal merayakan Idulfitri besok.

"Di Kecamatan Beutong ada beberapa desa yang merayakan Hari Raya besok. Memang tidak semua desa yang mulai takbiran malam ini," kata Ali saat dikonfirmasi Tagar, Jumat, 22 Mei 2020.

Ali menyampaikan, kebiasaan mereka setelah melaksanakan takbiran di masjid maupun musala, maka akan dilakukan pembagian zakat fitrah kepada masyarakat setempat.

Ali mengatakan, untuk pelaksanaan shalat ied di desa Lhok Seumot sendiri biasanya digelar di masjid dan lapangan terbuka, namun juga tergantung cuaca.

"Tergantung kondisi, kalau memang kondisi hujan di dalam masjid, kalau cerah tetap dilapangan dan sebagian juga di masjid," ucap Ali.

Untuk diketahui, pengikut Thariqat Syattariah Habib Muda Seunagan ini sebelumnya mengambil satu ramadan lebih awal sehari dari pemerintah. Artinya, hari ini merupakan puasa ke 30 mereka. Sehingga telah diputuskan bahwa Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah dirayakan Sabtu, 23 Mei 2020. []

Berita terkait
Polisi Ikut Buru Pasien Corona yang Kabur di Aceh
Polisi ikut memburu HM, 20 tahun, warga Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, yang dinyatakan reaktif positif mengidap corona.
Kapal Ferry Banda Aceh-Sabang Setop Beroperasi
Jasa penyeberangan, kapal Ferry ASDP Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya akan berhenti beroperasi untuk sementara waktu.
Tanpa Jaga Jarak Pengunjung Pasar Abdya Aceh Padat
Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, pengunjung pasar Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh membludak.
0
Sebagian Warga Aceh Mulai Salat Id Besok Pagi
Sebagian warga di Kabupaten Nagan Raya, Aceh mulai merayakan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah besok pagi.