UNTUK INDONESIA

Satu Sisi Wajah Terlihat Bagus Saat Berfoto? Ini Alasannya

Studi peneliti di Wake Forest University menemukan bahwa sisi kiri pada wajah dinilai dan dianggap lebih memiliki estetika daripada yang kanan.
Ilustrasi sisi kiri wajah. (Foto: Freepik)

Jakarta - Sering dijumpai atau mungkin kamu pernah mengalami situasi saat sedang berfoto bersama teman mau pun kerabat, tetapi tiba-tiba orang tersebut pindah tempat dengan alasan bahwa wajahnya hanya akan terlihat baik dari sisi tertentu entah itu kanan atau pun kiri.

Namun, jangan langsung beranggapan bahwa orang tersebut egois atau ingin memamerkan kesombongan karena nyatanya pilihannya adalah hal yang tepat. Wajah kita memang memiliki satu sisi yang tampak lebih baik dari yang satunya.

Mengutip informasi dari laman Healthdigest, dalam sebuah studi pada 2012 silam, para peneliti di Wake Forest University menemukan bahwa sisi kiri pada wajah dinilai dan dianggap lebih memiliki estetika daripada yang kanan.

Pendapat ini berawal dari temuan seorang ilmuwan, Charles Darwin. Ia merupakan orang yang pertama kali menemukan asimetri ekspresi wajah kita. Dia memperhatikan bahwa ketika seseorang senang dan tersenyum, hanya satu gigi taring yang biasanya akan terlihat.

Charles juga mencatat bahwa setiap sisi wajah kita sebenarnya dapat bekerja secara independen ketika mengekspresikan emosi.

Selain itu, sebuah studi pada tahun 2017 mengamati 2.000 swafoto dan menemukan sisi kiri wajah adalah sudut yang menjadi favorit banyak orang. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa sisi kiri wajah dinilai lebih ekspresif secara emosional.

"Secara praktik, orang harus sedikit menoleh saat difoto sehingga mereka menunjukkan lebih banyak pipi kiri, daripada kanan," ujar Profesor Psikologi Wake Forest University, Dr. James Schirillo.

"Orang lain akan menganggap gambar tersebut (sisi kiri lebih dominan) lebih menarik daripada sebaliknya (sisi kanan lebih dominan)," kata dia.

Kini, kita jadi tahu bahwa lebih mudah untuk mengekspresikan emosi dan perasaan sepenuhnya di sisi kiri wajah. Hal ini juga telah terbukti dengan menjadi sisi yang lebih estetis dan menarik. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
9 Manfaat Masker Yogurt untuk Kecantikan Kulit Wajah
Berikut Tagar rangkumkan 9 manfaat masker yogurt untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah.
7 Tips Mencegah dan Mengatasi Milia Pada Wajah
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah tips untuk bantu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah milia.
Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan
Berikut Tagar rangkumkan manfaat kesehatan dari dark chocolate atau cokelat hitam yang dikutip dari laman Healthline.
0
Satu Sisi Wajah Terlihat Bagus Saat Berfoto? Ini Alasannya
Studi peneliti di Wake Forest University menemukan bahwa sisi kiri pada wajah dinilai dan dianggap lebih memiliki estetika daripada yang kanan.