UNTUK INDONESIA
Satu Petugas Pilkada di Samosir Positif Covid-19
Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Samosir secara resmi mengkonfirmasi satu pasien positif Covid-19 pertama di wilayah itu.
Suasana pemeriksaan rapid test yang diikuti 402 PPS se-Kabupaten Samosir di RSUD dr Hadrianus Sinaga yang digelar 26-28 Juni 2020. (Foto: Tagar/Fernando Sitanggang)

Samosir - Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Samosir secara resmi mengkonfirmasi satu pasien positif Covid-19 pertama di wilayah itu berdasarkan hasil tes cepat molekuler atau TCM.

Pasien tersebut berinisial WNS, seorang perempuan berusia 40 tahun. Kasus ini diperoleh pasca tes massal oleh RSUD dr Hadrianus Sinaga terhadap 402 petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka Pilkada 2020.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Rohani Bakara ketika dikonfirmasi Tagar pada Selasa, 7 Juli 2020.

"Benar dan saat ini WNS telah menjalani perawatan di RSUD Tarutung. Dari hasil penelusuran kontak dari pihak berotoritas, WNS diinformasikan melakukan perjalanan ke Kota Medan pada 13 Juni 2020 dan masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG)," ujar Rohani.

Menurut Kadis Kominfo Samosir ini, dugaan sementara WNS terpapar setelah mengadakan perjalanan ke Kota Medan, namun demikian GTPP Covid-19 Kabupaten Samosir masih menunggu klarifikasi lanjutan secara resmi.

Warga diimbau tidak menstigmatisasi positif Covid-19

Sementara itu, 2 PPS yang berasal dari Kecamatan Simanindo dan sebelumnya dinyatakan positif pada rapid test, dinyatakan negatif hasil dua kali tes swab di RSUD Tarutung.

"Setelah dilakukan dua kali swab, mereka dinyatakan negatif dan sudah diperbolehkan pulang," tuturnya.

Rohani mengimbau warga tidak panik dan tetap waspada karena potensi penularan Covid-19 di beberapa kabupaten kota di wilayah Sumatera Utara masih tetap tinggi. Selain itu, juga diimbau tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat ketika beraktivitas di luar rumah untuk menghindari OTG dan menyebabkan transmisi lokal.

"Warga diimbau tidak menstigmatisasi positif Covid-19 secara buruk karena WNS juga tidak menginginkan hal tersebut menimpanya, melainkan mendoakan agar WNS dapat segera sembuh," katanya.

Gugus tugas berjanji akan melakukan penelusuran kontak lanjutan WNS untuk menghentikan penyebarannya. Dia meminta warga menunda perjalanan ke luar Samosir jika tidak sangat urgen.[]


Berita terkait
2 PPS Samosir Reaktif, Gugus Dituduh Tutup Informasi
Dua petugas panitia pemungutan suara atau PPS di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, dinyatakan reaktif setelah dilakukan pemeriksaan rapid test.
PUPR Mulai Menata Kampung Ulos Samosir Sumatera Utara
Kementerian PUPR terus melanjutkan penataan di 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Salah satunya di Kampung Ulos Samosir Sumatera Utara.
Dampingan Hukum Pengadaan Bansos Pemprov di Samosir
Pemkab Samosir menyatakan kejaksaan telah melakukan pendampingan hukum atas proses pengadaan bahan pangan bansos dari provinsi.
0
Sinopsis Film Call My Agent, Drama Komedi Para Pencari Bakat
Film seri Call My Agent berkisah mengenai drama kehidupan empat agen pencari bakat di belantara dunia hiburan Prancis.