Satgas Covid Yakin Kasus Positif Meningkat Pekan Depan

Pekan depan akan ada peningkatan kasus positif covid-19 di Indonesia. Sebab, positivity rate tinggi sedangkan jumlah pemeriksaan harian menurun.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.(Foto:Tagar/BNPB)

Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa pekan depan akan ada peningkatan kasus  positif virus corona di Indonesia. Sebab, positivity rate masih cukup tinggi sedangkan jumlah pemeriksaan harian menurun dalam beberapa hari terakhir akibat terbatasnya sumber daya manusia lantaran bertepatan dengan libur Idulfitri 1442 Hijriah.

"Alarm penting, positivity rate kita juga naik, pemeriksaannya juga menurun. Jadi minggu depan pasti akan terjadi potensi peningkatan kasus," tutur Wiku melalui kanal YouTube Pusdalops BNPB, Minggu, 16 Mei 2021.

Kita perlu betul-betul kerja keras ke depan ini setelah libur panjang, karena potensi kenaikan kasus begitu tinggi.

Wiku menjelaskan, berdasarkan data harian yang ia pegang, terjadi penurunan pemeriksaan Covid-19 dari berkisar 40 ribu, turun menjadi 30.249 orang yang diperiksa dalam sehari pada 9 Mei 2021.

"Kita perlu betul-betul kerja keras ke depan ini setelah libur panjang, karena potensi kenaikan kasus begitu tinggi," tegas Wiku.

Wiku berharap, pemerintah daerah dapat menganalisis serta mengevaluasi, baik penanganan tes, telusur, dan tindak lanjut (3T) maupun penerapan protokol kesehatan pada masyarakat yang meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M).

Selain itu, perbaikan layanan di fasilitas kesehatan agar digencarkan lagi. Pemerintah daerah juga diharapkan mengupayakan perawatan pada pasien Covid-19 yang bergejala sedang, sehingga kondisi tidak semakin memburuk yang berpotensi meninggal dunia.

"Semoga ini betul-betul dapat siap apabila terjadi lonjakan kasus, dan seluruh rekan-rekan di daerah yang melakukan screening dapat optimal sehingga betul-betul yang melakukan perjalanan kembali adalah orang yang sehat," tandas Wiku. []

Berita terkait
Pemerintah Gelar Random Test dan Mandatory Check Covid-19 Arus Balik Lebaran
Pemerintah terapkan random-test dan mandatory-check Covid-19 untuk mengantisipasi arus balik masyarakat pasca libur Lebaran.
Muhaimin Iskandar: Waspadai Potensi Klaster Baru Covid-19 Ancol
kerumunan kunjungan wisatawan yang mandi di Pantai Ancol, mirip dengan yang dilakukan warga India saat melakukan ritual mandi di Sungai Gangga.
Polisi: Pemudik Masuk Jakarta Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19
Polri mengatakan, mulai hari Minggu nanti orang yang masuk ke Jakarta harus bawa surat antigen dari daerah mudik mereka.
0
Kursi Pelatih Real Madrid Panas Muncul Nama Carlo Ancelotti
Pelatih Everton itu bisa menemukan dirinya kembali di Estadio Santiago Bernabeu yang dikaitkan dengan kembalinya Real Madrid yang sensasional