Polisi: Pemudik Masuk Jakarta Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19

Polri mengatakan, mulai hari Minggu nanti orang yang masuk ke Jakarta harus bawa surat antigen dari daerah mudik mereka.
ilustrasi pemeriksaan oleh petugas Kepolisian. (Foto:Tagar/Polri)

Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menyampaikan, telah menyiagakan personel untuk mengantisipasi arus balik Lebaran 2021. Kepolisian menyiapkan beberapa pos penyekatan. 

"Satu di wilayah Cibatu di Tol Cikampek Km 34. Kemudian arteri itu di Jatiuwung dan Kedungwaringin," tuturnya, Jumat, 14 Mei 2021.

Tiap orang yang masuk ke Jakarta, mulai hari Minggu nanti akan kita lakukan pemeriksaan. Mereka harus bawa surat antigen dari daerah di mana mereka mudik untuk masuk ke Jakarta. Keterangan bebas Covid-19 berlaku 1x24 jam.

Yunus juga mengatakan, arus balik diprediksi akan mulai terjadi pada akhir pekan ini. Polisi akan melakukan pemeriksaan pada arus balik libur Lebaran,  dimana pemudik yang akan masuk ke wilayah DKI Jakarta nantinya diperiksa kelengkapan surat bebas Covid-19 di pos penyekatan.

"Tiap orang yang masuk ke Jakarta, mulai hari Minggu nanti akan kita lakukan pemeriksaan. Mereka harus bawa surat antigen dari daerah di mana mereka mudik untuk masuk ke Jakarta. Keterangan bebas Covid-19 berlaku 1x24 jam," ungkap Kombes Pol Yusri Yunus.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan pos kesehatan berupa tes swab antigen drive-thru. Sehingga nantinya petugas akan melakukan tes swab di lokasi bagi warga yang tidak bisa menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19. 

"Lalu kalau mereka tidak bisa bawa? Kita juga siapkan drive-thru di sana untuk mereka kita swab. Kalau mau lancar masuk Jakarta silakan swab antigen di daerahnya dulu," tandasnya. []

Berita terkait
Polri Ingin Perpanjang Sanksi Putar Balik Kendaraan Sampai 24 Mei 2021
Jajaran Kepolisian ingin memperpanjang masa Operasi Ketupat 2021 selama satu pekan kedepan setelah Senin, 17 Mei 2021.
Kapolri: Penyekatan Turunkan Arus Mudik Hingga 70%
Kapolri menyampaikan, penyekatan arus mudik lebaran pada tahun 2021 ini memberikan dampak penurunan tingkat arus mudik sampai dengan 70 persen.
TNI dan Polri Bersihkan Puing Kebakaran di Bener Meriah
Sejumlah personel TNI dari Koramil 03/ TMG, Kodim 0119/BM, Aceh, ikut membantu korban kebakaran Bener Meriah, Aceh
0
Indonesia Kembangkan Industri Hijau Terbesar di Dunia
Presiden Jokowi mengatakan Indonesia sedang mengembangkan industri hijau terbesar di dunia yang terletak di Kalimantan Utara sesuai visi RI.