Sandiaga Uno Apresiasi Peserta ADWI 2021 Naik 2 Kali Lipat

Sandiaga menyebutkan, ADWI 2021 awalnya ditargetkan menjaring 700 peserta. Namun hingga hari ini jumlah peserta meningkat dua kali lipat.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam peluncuran \\'Bimtek & Workshop Online Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021\\' untuk zona B (NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat), Jumat, 16 Juli 2021. (Foto: Tagar/Kemenparekraf)

Jakarta - Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi kegiatan Bimtek dan Workshop Online Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 untuk zona B (NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat), Jumat, 16 Juli 2021.

Acara tersebut dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua, serta sejumlah kepala daerah provinsi, kepala daerah kabupaten/kota, kepala dinas pariwisata provinsi, kepala dinas pariwisata kabupaten/kota, dan kepala desa di zona wilayah B.

Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan, ADWI 2021 awalnya ditargetkan menjaring 700 peserta. Namun hingga hari ini jumlah peserta meningkat dua kali lipat.

“Hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat, khususnya pengelola desa wisata serta pemerintah daerah, untuk membangun kemajuan desa melalui desa wisata menuju kemandirian dan Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur. Desa wisata sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional,” ujarnya.

Sandiaga Uno(Foto: Tagar/Kemenparekraf)

Sandiaga menambahkan, bahwa Dia kagum sekaligus tersanjung ketika membuka Bimtek untuk Zona A.

“Kemarin saat membuka Bimtek untuk Zona A, saya berdoa alangkah baiknya jumlah peserta tembus 1.500. Dan hari ini sudah tembus 1.580 dan dalam 15 menit terakhir sudah bertambah 4 (desa wisata) lagi yang masuk. Dan yang sudah tergabung dalam jaringan desa wisata juga sudah lebih dari 1.600, saya kagum,” ujarnya lagi.

Menurut Sandiaga, salah satu kekuatan pariwisata yang mengedepankan pelestarian budaya dan lingkungan, potensi desa dapat mempercepat kemajuan desa menuju kemandirian. 

Dengan ini, lanjutnya, berharap dapat membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya baik di sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif dan memiliki manfaat ekonomi secara berkeadilan yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu mengatakan, ADWI 2021 bertujuan menjadikan desa wisata di Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing yang mampu mendorong pembangunan daerah, kesejahteraan masyarakat, serta sebagai ajang promosi potensi desa wisata kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Sandiaga Uno(Foto: Tagar/Kemenparekraf)

“Dengan adanya ADWI 2021 yang bertemakan ‘Indonesia Bangkit’ diharapkan dapat mendorong semua pelaku wisata dan industri kreatif untuk dapat menjadikan desa wisata mampu berkembang dalam menopang perekonomian bangsa Indonesia menjadi kuat, tangguh, dan bangkit kembali dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19,” ujar Vinsen.

Sebagai informasi, jumlah desa wisata yang didaftarkan oleh pengelola untuk berkompetisi di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 melampaui target mencapai 1.583 peserta.


Hal ini menunjukkan antusiasme masyarakat, khususnya pengelola desa wisata serta pemerintah daerah, untuk membangun kemajuan desa melalui desa wisata menuju kemandirian dan Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur.


"Kategori penilaian tersebut diharapkan dapat menjadi tolok ukur bagi pengelola desa wisata dan pelaku ekonomi kreatif di desa wisata untuk mengembangkan desa wisata agar lebih berkualitas dan berkelanjutan," ujar Vinsen.

Menurut Vinsen, penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 didasarkan atas empat pilar pengembangan pariwisata berkelanjutan yaitu; tata kelola, ekonomi lokal, sosial budaya, dan pelestarian lingkungan yang terdiri dari tujuh kategori penilaian yaitu kategori homestay, toilet, souvenir, desa digital, CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability), konten kreatif, serta daya tarik wisata. []

Baca Juga: Sandiaga: Dua Destinasi Wisata Bali Jadi Lokasi Syuting



(Christina Butarbutar)

Berita terkait
Sandiaga Uno: UMKM Kreatif Penyelamat Ekonomi Bangsa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan UMKM kreatif akan menjadi penyelamat ekonomi bangsa pasca Covid-19
Profil Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Kandidat Capres 2024
Nama Menteri Parekraf sandiaga Uno sering disebut-sebut dalam sejumlah survei Capres 2024. Berikut profil lengkap Sandiaga.
Sandiaga: Indonesia Akan Jadi Tujuan Wisata Halal di Dunia
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan optimistis bahwa Indonesia bisa menjadi tujuan utama wisata halal di dunia lantaran miliki sumber daya wisata.
0
Sandiaga Uno Apresiasi Peserta ADWI 2021 Naik 2 Kali Lipat
Sandiaga menyebutkan, ADWI 2021 awalnya ditargetkan menjaring 700 peserta. Namun hingga hari ini jumlah peserta meningkat dua kali lipat.