Profil Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Kandidat Capres 2024

Nama Menteri Parekraf sandiaga Uno sering disebut-sebut dalam sejumlah survei Capres 2024. Berikut profil lengkap Sandiaga.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno. (Foto: Tagar/Selfiana)

Jakarta – Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno sering disebut-sebut dalam sejumlah survei Capres 2024. Namanya memiliki nilai elektabilitas yang cukup tinggi, semenjak menjabat menjadi Menteri Parekraf, sehingga banyak publik yang juga mendukungnya untuk maju pada Pilpres 2024.

Sebelum Sandiaga Uno terjun ke dunia politik, ia lebih dulu dikenal sebagai seorang pengusaha yang sukses. Ketika krisis moneter terjadi pada tahun 1997, Sandi bersama teman-temannya mendirikan perusahaan PT. Recapital yang bergerak di bidang jasa konsultan keuangan. 

Mereka membuka bisnis baru dengan cara membeli perusahaan yang bangkrut, lalu dirapikan, dan dijual kembali. Di tahun 2017 Sandiaga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kemudian dirinya sempat mencalonkan diri menjadi Wakil Presiden yang mendampingi Capres Prabowo Subianto di tahun 2019.

Bernama lengkap Sandiaga Salahuddin Uno lahir di Pekanbaru 28 Juni tahun 1969. Ia merupakan anak bungsu dari dua bersaudara dari pasangan Razif Halik Uno dan Rachmini Rachman. 

Ayah dari Sandiaga Uno bekerja di Caltex Riau, dan ibunya dikenal sebagai pakar pendidikan kepribadian. Keluarga Sandi pindah ke Jakarta sekitar tahun 1970-an, karena kepentingan pekerjaan sang ayah saat itu. 

Sandi juga mengenyam pendidikan di SD PSKD, SMPN Jakarta, dan SMA Khatolik. Ia melanjutkan studinya ke Amerika dan lulus di tahun 1990.

Sandiaga Uno memiliki istri bernama Nur Asia dan telah memiliki tiga anak yaitu Anneesha Atheerah Uno, Amyra Atheefa Uno, dan Sulaiman Salladin Uno. 

Sandi juga pernah bekerja di Bank Suma selama satu tahun, yang membuat ia bertemu dengan konglomerat, William Suyajaya pemilik Bank Suma, selain itu ia juga belajar bisnis dengan bosnya tersebut. 

Tidak lama kemudian ia melanjutkan studinya di Jorge Washington University di Amerika Serikat mengambil Master of Business Administration, melalui beasiswanya dengan meraih IPK sempuran yaitu 4.0. 

Kemudian Sandi bekerja di Sea Power Asia Invesment Limited di Singapura, sebagai Manajer Investasi sekaligus di MP Holding Limited Group sejak tahun 1994.

Dalam waktu 1 tahun ia pindah ke MTA Resources di Kanada yang menajbat sebagai Executive Vice President. Karena krisis moneter di tahun 1997, ia harus kehilangan pekerjaannya dan pernah menjadi pengangguran. 

Dengan semangatnya ia mencoba membangun perusahaan sendiri bersama teman-temannya salah satunya adalah Rosan Ruslani untuk mendirikan perusahaan PT. Recapital yang bergerak di bidang jasa konsultan keuangan. 

Hingga kini bisnisnya semakin berkembang pesat dan merambah di berbagai sektor seperti pertambangan, infrastruktur, telekomunikasi, perkebunan, dan asuransi.

Pada tahun 1999, ia bergabung dengan Saratoga yang merupakan perusahaan Privat Equity. Sandi juga dikenal sebagai penggemar olahraga khususnya lari, dan pernah berpartisipasi di Six World Major Marathon. 

Ketika usianya menginjak 47 tahun ia diangkat sebagai Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Kini Sandiaga Uno menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dilantik oleh Presiden Jokowi pada 23 Desember 2020, menggantikan menteri sebelumnya, yaitu Wishnutama. 

(Selfiana)

Berita terkait
Sandiaga: Indonesia Akan Jadi Tujuan Wisata Halal di Dunia
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan optimistis bahwa Indonesia bisa menjadi tujuan utama wisata halal di dunia lantaran miliki sumber daya wisata.
Survei: Prabowo Tokoh Popular dan Sandiaga Tokoh yang Disuka
Survei terbaru menyebutkan bahwa tokoh yang paling populer adalah Prabowo Subianto, sementara tokoh yang paling disuka rakyat adalah Sandiaga Uno.
Sandiaga Minta Tempat Wisata Tutup Selama PPKM Darurat
Sandiaga mendukung penuh kebijakan pemerintah dan menginstruksikan seluruh destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif ditutup sementara.
0
Profil Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Kandidat Capres 2024
Nama Menteri Parekraf sandiaga Uno sering disebut-sebut dalam sejumlah survei Capres 2024. Berikut profil lengkap Sandiaga.