UNTUK INDONESIA
Rusunawa di Yogyakarta Jadi Shelter OTG Covid-19
Pemkot Yogyakarta menyiapkan rusunawa di Kecamatan Tegalrejo untuk isolasi pasien OTG corona mulai Senin, 21 September 2020.
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta - Shelter atau tempat penampuangan yang akan dipakai bagi pasien Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG) di Kota Yogyakarta rencananya akan siap Senin, 21 September 2020.

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta rencananya bakal menggunakan rumah susun sewa sederhana (rusunawa) Bener di Kecamatan Tegalrejo sebagai penampungan bagi pasien corona berstatus OTG tersebut.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengaku sudah mengajukan izin ke pemerintah pusat secara tertulis terkait rencana tersebut. "Rumah susun itu sedianya akan diberikan ke kami namun belum diserahkan. Makanya kami pinjam dulu untuk penanganan Covid-19 karena memang tidak ada tempat lain," papar Haryadi, Rabu, 16 September 2020.

Baca Juga:

Rusunawa Bener dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) dan telah diselesaikan satu unit tower dari rencana dua unit. Total ada 42 ruang dengan tiap ruang terdapat dua kamar tidur, satu kamar mandi dan satu dapur.

Makanya kami pinjam dulu untuk penanganan Covid-19 karena memang tidak ada tempat lain.

Haryadi mengaku sudah meninjau lokasi rusunawa tersebut untuk melihat kesiapan dan fasilitas yang sudah tersedia. Selanjutnya Pemkot Yogyakarta akan melengkapi fasilitas penunjang sebelum benar-benar dimanfaatkan. 

"Rencana Senin (21 September) besok bisa dioperasikan. Sembari melengkapi fasilitas, izin yang sudah kami sampaikan akan kami pastikan lagi," ungkapnya.

Baca Juga:

Dia optimistis pengajuan izin disetujui. "Insyaallah disetujui karena untuk kepentingan masyarakat. Yang jelas secara administrasi sudah sesuai," ujar Mantan Ketua DPD I Partai Golkar DIY ini.

Menurut Haryadi, pasien OTG tetap harus ditangani dengan baik. Meski dari aspek fisik tidak mengalami gejala sakit namun berpotensi menularkan ke orang lain karena di dalam tubuhnya terdapat virus corona. Sehingga seluruh pasien OTG kelak akan dianjurkan masuk shelter untuk isolasi mandiri.

Baca Juga:

"Selain untuk shelter nantinya juga menjadi posko dukungan tim dari BPBD. Sehingga penanganan yang berkaitan dengan Covid-19 akan lebih optimal," tegas Haryadi.

Selain Rusunawa Bener Tegalrejo, shelter bagi pasien OTG juga akan memanfaatkan RS Pratama. Di sana telah tersedia delapan unit kamar yang terpisah dari pasien umum dan bisa digunakan untuk menampung pasien OTG. []

Berita terkait
Kota Yogyakarta Butuh Segera Shelter untuk OTG C-19
Kasus C-19 di Kota Yogyakarta terus meningkat. Kebutuhan tempat penampungan bagi OTG C-19 mendesak diperlukan.
Langkah Kulon Progo Setelah RS Rujukan C-19 Penuh
Rumah sakit rujukan C-19 di Kulon Progo sudah penuh pasien. Begitu juga shelter yang ada tersisa empat kamar. Ini yang akan dilakukan gugus tugas.
Empat Anggota DPRD DIY Positif Terpapar C-19
Empat anggota DPRD DIY positif terpapar virus C-19. Kini keempatnya menjalani isolasi. Kegiatan Dewan dilakukan secara daring.
0
Kota-kota yang Memanjakan Pengguna Sepeda di Uni Eropa
Beberapa kota di Eropa membangun jalur agar ramah bagi sepeda sehingga memanjakan pesepeda yang juga ramah lingkungan