UNTUK INDONESIA
Rusuh di Manokwari, Tidak Ada Sweeping Orang Jawa
Kerusuhan terjadi di Manokwari dalam kerusuhan massa membakar gedung DPRD Papua Barat. Akibat pembakaran sejumlah ruas jalan ditutup.
Kerusuhan terjadi di Manokwari dalam kerusuhan massa membakar gedung DPRD Papua Barat. (Foto: Antara/Toyiban)

Papua - Kerusuhan terjadi di Manokwari, massa membakar gedung DPRD Papua Barat, akibat pembakaran, sejumlah ruas jalan ditutup. 

Mengutip dari Antara, massa memblokade sejumlah jalan utama di Manokwari, Papua Barat, dengan membakar ban. Membuat arus transportasi di daerah ini lumpuh. 

Bohong itu, di sini tidak ada sweeping yang seperti diberitakan.

Aksi diduga disebabkan karena kemarahan masyarakat Papua sebagai buntut dari peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur serta Semarang Jawa Tengah beberapa hari lalu.

Aksi massa ini dilakukan di Jalan Trikora Wosi, Jalan Yossudarso dan Jalan Merdeka Manokwari. Aparat TNI dan Polri berjaga-jaga di setiap titik.

Protes Tindakan Rasisme ke Mahasiswa Papua Massa kemudian menyampaikan protes dengan menyebar ke sejumlah jalan sambil membawa senjata tajam dan spanduk sebagai bentuk protes. 

Sebagian massa yang membawa senjata tajam menebang pohon untuk membuat blokade jalan. Aparat keamanan berusaha membubarkan aksi massa. Sebagian berjaga di objek vital seperti bank, pusat perbelanjaan dan lainnya. 

Sebelumnya, ada isu tentang aksi sweeping yang dilakukan para demonstran terhadap masyarakat di luar Papua. Hal itu dibantah narasumber Tagar di Sentani.

"Bohong itu, di sini tidak ada sweeping yang seperti diberitakan. Kalau pun rusuh di Jayapura dan Manokwari, aparat keamanan sudah siap menangani hal itu semua," ucapnya kepada Tagar, Senin 19 Agustus 2019.

Ia mengatakan, kerusuhan terjadi di perbatasan Waena dengan Jayapura. Sedangkan, di Kota Jayapura masih aman dan kondusif. []

Berita terkait
Dikepung Ormas, Polisi Amankan 43 Mahasiswa Papua
Polisi di Surabaya mengevakuasi 43 mahasiswa asal Papua karena di kepung ormas. Mahasiswa diduga lecehkan Bendera Merah Putih.
FPI dan Pemuda Pancasila, Serang Asrama Mahasiswa Papua
Sejumlah orang dari ormas FPI dan Pemuda Pancasila melakukan aksi penyerangan terhadap Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya.
Kronologi Demo Aliansi Mahasiswa Papua di Kota Malang
Mahasiswa Papua Merdeka membuat kerusuhan dengan menggelar demo di Jalan Basuki Rahmat Kota Malang mengakibatkan beberapa orang terluka.
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.