UNTUK INDONESIA
Ruhut Sitompul: Rizal Ramli Tak Berani Hadapi Luhut Pandjaitan
Politisi PDI Perjuangan Ruhut Sitompul meyakini ekonom Rizal Ramli tidak berani berdebat terbuka menghadapi Menteri Luhut Binsar Pandjaitan.
Ruhut Sitompul. (Foto: YouTube/Ruhut P Sitompul)

Bekasi - Politisi PDI Perjuangan Ruhut Sitompul meyakini ekonom Rizal Ramli tidak berani berdebat terbuka membahas permasalahan utang negara menghadapi Menteri Koordinasi (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Diketahui, belakangan Rizal Ramli (RR) mengonfirmasi berhalang hadir, dengan memercayakan perdebatan yang direncanakan berlangsung pada 24 Juni 2020 nanti kepada jejaring aktivis yang mengatasnamakan Pro Demokrasi (ProDem).

Memang berani dia tatapan? Rizal Ramli mana bisa ngomong sama Luhut.

"Enggak berani lah, kau (RR) mau debat juga debat saja lah, pakai masker, pakai sponsor ProDem," kata Ruhut Sitompul saat dihubungi Tagar, melalui sambungan telepon, Jumat, 12 Juni 2020.

Baca juga: Ferdinand: Ilmu Ekonomi Luhut di Atas Rizal Ramli

Dia meyakini eks Menko Perekonomian itu hanya berani berkoar-koar dan membuat gaduh saja, namun dalam realitasnya tidak berani bertatapan langsung dengan Luhut untuk membahas perbaikan perekonomian Indonesia ke depan.

"Memang berani dia tatapan? Rizal Ramli mana bisa ngomong sama Luhut," ucapnya. 

Lantas Ruhut menilai, hingga sejauh ini Rizal Ramli bisa menjadi seorang tokoh ekonomi berkat polesan Luhut, termasuk saat RR dipercayakan mengemban jabatan menjadi menteri di masa lalu. 

"Iya lah dan kalian semua ndak tahu, gue paling tahu bagaimana hubungan Rizal Ramli sama Luhut. Rizal Ramli itu Luhut yang ikut besarkan, termasuk saat dia jadi menko, tapi dia saja orangnya tidak tahu dibantu," kata Ruhut Sitompul.

Rizal Ramli vs Ruhut Binsar PandjaitanDebat antara Rizal Ramli Vs Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan rencananya akan berlangsung 24 Juni 2020. (Foto: Istimewa)

Sementara, Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menilai ilmu ekonomi yang dimiliki Menteri Luhut Pandjaitan masih di atas Rizal Ramli. Hal tersebut dia kemukakan menyusul kedua tokoh tersebut akan melakukan debat terbuka terkait permasalahan utang negara.

"Meski bukan ekonom, menurut saya ilmu ekonomi dan kemampuan ekonomi Pak Luhut justru di atas pak Rizal Ramli," ujar Ferdinand ketika dihubungi Tagar, Kamis, 11 Juni 2020.

Ferdinand Hutahaean juga meyakini Rizal Ramli serba salah dan grogi bila berhadapan dengan Luhut. Hal itu menurutnya lantaran Luhut merupakan sosok yang berhasil membangun ekonomi dan tahu betul kapasitas Rizal Ramli.

Baca juga: PB HMI: Debat Luhut-Rizal Ramli Seperti Anak-anak

Sebelumnya, Menteri Luhut meminta agar pengkritik utang pemerintah untuk menemui dirinya. Dia pun meminta agar polemik utang negara tidak hanya dibicarakan di media sosial saja.

“Jadi kalau ada yang mengkritik kita, kita juga pengin ketemu. Jadi jangan media sosial saja,” tutur Luhut dalam webinar Selasa, 2 Juni 2020 lalu.

Tantangan Luhut tersebut disambut Rizal Ramli. Bahkan, Rizal Ramli menawarkan apabila kalah dalam berdebat nanti, dia berjanji tidak akan mengkritik pemerintahan. Namun, sebaliknya, bila menang, dia meminta seluruh kabinet menteri ekonomi era Presiden Joko Widodo saat ini untuk mundur dari jabatannya.

Rizal Ramli sempat menyatakan tidak akan hadir dalam perdebatan yang jadwalnya diubah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dari sebelumnya Kamis, 11 Juni 2020 menjadi 24 Juni 2020.

Menurut Rizal, Luhut tidak berkoordinasi dengan dirinya. Kendati diundur, dia akan memercayakan perdebatan yang berlangsung pada 24 Juni 2020 nanti kepada jejaring aktivis yang mengatasnamakan Pro Demokrasi.

“Awalnya Rizal Ramli tidak setuju. Dia bilang tidak usah diladeni. Tapi, karena ditawarkan oleh promotor dari Prodem, akan berdebat satu paket dengan tim ekonomi Jokowi, termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, maka dia (Rizal Ramli) mau,” ujar Juru Bicara Rizal Ramli, Adhie Massardi, dalam jumpa pers di bilangan Tebet, Rabu, 10 Juni 2020. []

Berita terkait
Kronologi Perseteruan Luhut Pandjaitan Vs Said Didu
Kronologi perseteruan Luhut dan Said Didu yang sempat menarik perhatian publik pada akhir Maret 2020.
Luhut: Anak Muda Harus Berkreasi, Jangan Jadi Sekrup
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta anak muda Indonesia untuk berkreasi, jangan jadi sekrup.
Ngabalin Minta Rizal Ramli Pakai Mata Buka Telinga
Tenaga Ahli Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin meminta ekonom Rizal Ramli (RR) untuk memakai mata, hati, mulut, serta buka telinga
0
Ruhut Sitompul: Rizal Ramli Tak Berani Hadapi Luhut Pandjaitan
Politisi PDI Perjuangan Ruhut Sitompul meyakini ekonom Rizal Ramli tidak berani berdebat terbuka menghadapi Menteri Luhut Binsar Pandjaitan.