UNTUK INDONESIA
Roma Vs Lazio, Target Menang di Derby della Capitale
AS Roma menjamu Lazio dalam Derby della Capitale, Minggu malam ini. Roma bertekad menang karena sebagai tuan rumah. Namun Lazio kian menanjak.
AS Roma menjamu Lazio dalam Derby della Capitale di kompetisi Serie A Italia di Stadion Olimpico, Minggu 26 Januari 2020 malam WIB. Tampak pemain Roma Lorenzo Pellegrini (7) merayakan gol di sebuah pertandingan. (Foto: asroma.com)

Jakarta - Derby ibukota yang tidak kalah panas saat AS Roma menjamu Lazio di kompetisi Serie A Italia di Stadion Olimpico, Minggu 26 Januari 2020 malam WIB. Roma membidik kemenangan meski menghadapi Lazio yang makin menanjak dalam Derby della Capitale

Roma membidik kemenangan ketiga di kompetisi Serie A. Kegagalan di Coppa Italia setelah disingkirkan Juventus tak mempengaruhi kepercayaan diri pemain. 

Kekalahan 1-3 dari Juve memang menjadi catatan buruk Roma karena kedua tim sudah bertemu dalam satu bulan. Sebelumnya, Giallorossi yang bermain di kandang sendiri gagal menghentikan laju tim asuhan Maurizio Sarri dan dipaksa menyerah 1-2. Namun pelatih Paulo Fonseca tegaskan pemain telah melupakan dua kekalahan tersebut. 

"Kami mengalami dua kekalahan dari Juve di Serie A dan Coppa Italia. Meski demikian saya bangga dengan penampilan tim. Kami bermain menyerang dan menciptakan banyak peluang. Kami menunjukkan bagaimana identitas kami yang sesungguhnya. Ini yang menjadi perhatian," kata Fonseca seperti dikutip Football Italia

Menurut dia kini tim sepenuhnya fokus menghadapi Lazio dalam derby tersebut. Kehadiran ribuan tifosi saat latihan terakhir tim telah memotivasi pemain. Mereka bertekad memberikan terbaik sekaligus merapatkan jarak poin dengan rival satu kota. 

Ya, Roma yang berada di peringkat empat mengantongi poin 38. Mereka tertinggal tujuh poin dari Lazio yang menduduki peringkat tiga. Bila menang, Roma setidaknya merapatkan jarak poin dengan Biancocelesti

"Saya senang menyaksikan dukungan dari suporter yang datang langsung ke tempat latihan. Ini sangat berarti bagi kami. Mereka tetap mendukung kami. Tentu kami akan bertarung habis-habisan agar mereka bisa merayakan hasil yang memuaskan di laga ini," ujar Fonseca. 

Kabar gembira bagi Roma karena dua pilar tim, Diego Perotti dan Javier Pastore telah kembali bergabung dengan skuat. Hanya, mereka mungkin tidak langsung menjadi starter di laga tersebut. 

"Ini jelas kabar bagus karena Perotti dan Pastore sudah kembali ke tim. Namun mereka akan duduk di bangku cadangan karena belum siap menjadi starter," ucapnya. 

"Selain itu Justin Kluivert tidak menjalani latihan secara penuh karena butuh istirahat. Dia terlihat kelelahan usai melawan Juve. Dia harus bermain karena kami tak punya pilihan. Namun kita akan melihat Kluivert yang berbeda di pertandingan ini," ujar Fonseca menegaskan. 

Roma Tak Remehkan Lazio

Meski optimistis menghadapi derby, namun Fonseca tak meremehkan Lazio Apalagi, mereka menghadapi tim yang makin kuat. Bahkan Lazio pun mulai diperhitungkan Juve karena hanya terpaut enam poin.  

"Lazio makin kuat sekarang sehingga bisa menduduki peringkat tiga. Sedangkan kami di posisi empat. Kami harus membuktikan dalam duel head-to-head bahwa kami juga tim yang kuat," kata Fonseca.

Ciro ImmobileStriker Ciro Immobile menjadi andalan Lazio saat menghadapi AS Roma dalam Derby della Capitale di Serie A Italia di Stadion Olimpico, Minggu 26 Januari 2020 malam WIB. Immobile merupakan top scorer Serie A sehingga bakal diwaspadai Roma. (Foto: sslazio.it)

Roma pantas memperhitungkan tetangganya karena Lazio tengah mencapai puncak. Pelatih Simone Inzaghi sukses mematangkan tim. Kini, mereka sudah memenangi 11 laga terakhir. 

Yang agak membahayakan pertahanan tuan rumah, produktivitas gol Le Aquale memang tinggi. Mereka mencetak 49 gol hanya selama 19 pertandingan liga. 

Strike Ciro Immobile akan menjadi andalan lini depan Lazio. Dirinya sudah mencetak 23 gol dari 18 pertandingan yang menjadikannya sebagai top scorer Serie A. Torehan golnya jauh mengungguli Cristiano Ronaldo yang berada di peringkat dua dengan 16 gol. 

Tampaknya tidak ada yang diunggulkan di derby ini. Duel antara dua tim satu kota memang kerap mengabaikan posisi di klasemen dan skuat tim. Faktor gengsi dan laga yang kerap diwarnai tensi tinggi pun sangat mempengaruhi derby

Bursa pun memasang leg-legan/lek-lekan atau 0:0. Tidak ada yang di-voor atau nge-voor.

Prakiraan Susunan Pemain

AS Roma (4-3-3): Lopez-Santon, Mancini, Smalling, Spinazzola; Veretout, Cristante, Pellegrini; Under, Dzeko, Kluivert

Lazio (3-5-2): Strakosha; Patric, Acerbi, Radu; Lazzari, Milinkovic-Savic, Leiva, Alberto, Lulic; Immobile, Correa

Bursa

AS Roma vs Lazio 0:0 (tips Lazio) []

Berita terkait
Juventus Vs Roma, Ronaldo Loloskan Tim ke Semifinal
Juventus menyingkirkan AS Roma dan melaju ke semifinal Coppa Italia. Cristiano Ronaldo membawa Juve menang 3-1 atas Roma di laga perempat final.
Genoa Vs Roma, Stop Rekor Kalah dan Amankan 4 Besar
Rekor buruk AS Roma terhenti setelah mereka menaklukkan Genoa 3-1 di Serie A Italia. Kemenangan yang amankan posisi Roma di 4 besar.
Cagliari Vs Lazio, Bangkit dan Menang Dramatis
Lazio menang dramatis 2-1 atas Cagliari di laga Serie A Italia, Selasa 17 Desember 2019 dini hari WIB. Kemenangan yang kukuhkan Lazio di posisi 3.
0
Malaysia Resmikan Layanan 5G Juni 2020
Pemerintah Malaysia akan meresmiskan penerapan layanan konektivitas generasi kelima atau 5G pada Juni 2020.