UNTUK INDONESIA
Risiko Pasien TBC Terinfeksi Virus Corona
Virus Corona bisa menyerang pada siapa saja, terutama kepada seseorang yang memiliki masalah kesehatan, termasuk gangguan kronis paru seperti TBC.
Ilustrasi TBC dan Virus Corona. (Foto: Pixabay/geralt)

Jakarta - Virus Corona atau Covid-19 bisa menyerang pada siapa saja, terutama kepada seseorang yang memiliki masalah kesehatan, termasuk gangguan kronis paru seperti Tuberkulosis (TBC).  

Seperti yang dikutip dari akun Instagram Dinas Kesehatan DKI Jakarta @dinkesdki menyebutkan penyakit TBC hingga sekarang ini masih menjadi beban masalah kesehatan di Indonesia. 

"Di saat yang bersamaan kita semua juga dihadapkan dengan wabah Corona virus (Covid-19). Keduanya memiliki cara yang hampir sama dalam penularannya, yaitu melalui batuk dan atau bersin. Tapi, penularan ini dapat dicegah," ucap @dinkesdki

Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyarankan bagi pasien TBC harus menjalankan pengobatan hingga sembuh. Pasalnya, di situasi sekarang ini sangat penting bagi mereka menerapkan etika batuk serta praktik hidup bersih dan sehat. 

"Jangan lupa untuk rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, serta di rumah saja, jauhi keramaian untuk sementara waktu," ucap @dinkesdki

Bagi masyarakat yang mengidap TBC atau telah sembuh dari penyakit ini, sebaiknya mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Berikut beberapa cara yang harus dilakukan untuk mencegah Covid-19. 

  • Menerapkan etika batuk dan bersin
  • Jangan lupa rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 60 detik atau cairan pembersih tangan (minimal 60 persen alkohol)
  • Menghindari menyentuh wajah, seperti mata, hidung, dan mulut.
  • Hindari bersalaman dan keramaian untuk sementara waktu
  • Jaga jarak lebih satu meter dengan orang lain

Mulai sekarang masyarakat harus menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah TBC yaitu dengan cara sebagai berikut:

  • Makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membuka jendela agar rumah mendapatkan cukup sinar matahari dan udara segar
  • Menjemur alas tidur agar tidak lembap
  • Mendapatkan suntikan vaksin BCG bagi bayi baru lahir hingga berusia dua bulan untuk menghindari TBC berat (meningitis dan milier)
  • Olahraga teratur
  • Tidak Merokok

Dengan melakukan pola hidup sehat ini, masyarakat akan terhindar dari TBC dan risiko tertular virus Covid-19. Pasalnya penularan virus Corona itu tidak mengenal usia, termasuk kelompok lanjut usia (lansia), pasien dengan gangguan jantung, mantan pasien TBC, hingga diabetes

"Apabila memiliki gejala Covid-19 segera menghubungi pelayanan kesehatan atau hotline Covid-19," ujar @dinkesdki. []

Baca juga:

Berita terkait
Kenali Gejala dan Cara Pencegahan TBC
Kebanyak orang belum mengenal bagaimana tuberkulosis atau TBC bisa menyerang tubuh, berikut gejala dan cara pencegahannya.
Mengetahui Cara Penularan Virus Corona Saat Seks
Ternyata orang dalam pemantauan (ODP)-pasien dalam pengawasan (PDP) tak dianjurkan berhubungan seks, ditakutkan menularkan virus corona (Covid-19).
Jalur Penularan Virus Corona Bisa Lewat Feses
Publikasi baru mengungkap sejumlah jalur penularan virus corona. Diare mungkin menjadi salah satu jalur penularan sekunder untuk virus corona baru.
0
Rintihan Ibu-ibu Tapteng yang Tak Kebagian Sembako
Diduga bantuan sembako untuk penanganan dampak Covid-2019 dari Pemkab Tapanuli Tengah tidak merata, puluhan ibu-ibu mendatangi kantor lurah.