UNTUK INDONESIA
Risiko Memakai Makeup Saat Berolahraga
Wanita ingin selalu terlihat cantik kapan pun dan di mana pun, tak terkecuali saat berolahraga.
Olahraga. (Foto: pixabay/sasint)

Jakarta - Beberapa wanita ingin selalu terlihat cantik kapan pun dan di mana pun, tak terkecuali saat berolahraga. 

Tapi tahukah, jika melakukan hal itu harus siap menghadapi beberapa risiko pada kulit.

Dilansir dari laman Metro.co.uk, seorang spesialis kulit di Colorescience UK, Patricia Boland mengatakan bahwa ber-makeup saat berolahraga akan menyebabkan wajah berjerawat.

"Riasan yang dipadukan dengan keringat adalah kombinasi yang buruk, dapat merusak pori-pori dan menyebabkan wajahmu berjerawat," kata Patricia.

Dia menjelaskan, ketika kita aktif bergerak, sirkulasi darah meningkat yang mengubah minyak dalam tubuh yang kemudian menyebabkan kita berkeringat.

"Ini dapat menyebabkan berjerawat, tentu saja tidak setiap kali saat memakainya, tetapi itu tidak sebanding dengan risikonya jika kamu memiliki kulit berjerawat," ujarnya.

Patricia menyebut panas ketika memakai makeup dan berkeringat, cenderung akan menyekanya dengan tangan atau handuk. Gesekan pada kulit tersebut dapat memicu acne mechania yang meningkatkan risiko jerawat.

Meski demikian, Patricia membocorkan beberapa tips untuk menjaga kulit tetap sehat meski harus mengenakan riasan saat olahraga.

"Jika kamu ingin memakai maskara, pilihlah eyeliner dan maskara tahan air karena tidak akan berkeringat. Kamu juga harus memilih foundation ringan bebas minyak, non-komedogenik atau tinted moisturizer," ujarnya.

Selain itu, dia menyebut jika membutuhkan sedikit warna di bibir, maka disarankan untuk memilih lip balm berwarna saja ketimbang lipstik atau lip cream. 

Bahkan, kata Patricia, jika menggunakan produk dan rajin membersihkan setelah memakai riasan tidak menjadi masalah.

Sementara, seorang dermatolog asal New York, Whitney Bowe, menyarankan, lebih baik tidak menggunakan makeup sama sekali ketika berolahraga. Mengapa? Saat mengenakan polesan makeup saat olahraga akan membuat pori-pori pada kulit terhalang oleh makeup.

Alhasil, kelenjar, kotoran, dan keringat menjadi tidak bisa keluar dari wajah dan akan menyebabkan timbulnya jerawat, komedo, bahkan iritasi pada kulit.

Namun, kata Jeannette Graf, asisten profesor dermatologi di Mount Sinai Medical School, ketika tidak pede tanpa riasan makeup dan tetap ingin berolahraga, bisa saja. Tapi, harus memilih makeup dengan kandungan atau tekstur tertentu. Contohnya, gunakan pelembab yang berbahan dasar air untuk mengurangi penyumbatan keringat pada pori-pori wajah. 

Bisa juga memilih bedak berbentuk bubuk atau menggunakan BB cream, mengingat kandungan bahan-bahannya yang tidak 'terlalu berat' untuk wajah. 

Selain itu, hindari menggunakan riasan pada mata. Mengapa? Riasan pada kulit bagian mata cenderung berbahan minyak dan berat kandungan bahannya. Dikhawatirkan, pada mata akan timbul bintik putih kecil yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat.

Untuk itu, berikut ini ada beberapa risiko yang dihadapi jika menggunakan makeup saat berolahraga.

1. Infeksi

Saat berolahraga, tentu kerigat akan bercucuran. Ini memudahkan bakteri menempel di kulit. Bahkan, makeup akan membuat kulit lebih mudah menarik bakteri. 

Selain itu, olahraga merupakan salah satu cara membuang racun di tubuh, tapi jika menggunakan riasan, bisa memicu racun masuk kedalam kulit.

2. Pori-pori Membesar

Jerawat dan pori-pori tersumbat bisa diobati, tapi pori-pori melebar? Anda akan kesulitan mengecilkannya kembali. Berolahraga membuka pori-pori tapi jika terperangkap makeup terus menerus dalam kondisi terbuka, pori-pori akan makin melebar.

3. Iritasi

Jika memiliki kulit sensitif, Anda harus menghindari makeup saat berolahraga. Alasannya, makeup dapat menyebabkan kulit kemerahan, warna kulit tidak merata, dan menyebabkan iritasi kulit.

Tapi bagaimana jika Anda tidak dapat menghindari makeup saat berolahraga? Solusinya adalah mencari produk non-komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori. 

Jangan menggunakan makeup berat dan berbahan dasar minyak. Daripada menggunakan foundation, lebih baik memilih krim CC dan untuk menutupi jerawat. []

Berita terkait
Gaya Cantik dan Sehat Donna Agnesia
Dalam setiap penampilannya mengisi acara program televisi, Donna selalu tampil dengan balutan dandanan natural.
Manfaat Ganja untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
dalam jurnal Cannabidiol exerts sebostatic and antiinflammatory effects on human sebocytes, ganja untuk perawatan kulit dan rambut.
Cantik dengan Bleaching Gigi, Hati-hati Efek Sampingnya
Cara untuk mengembalikan warna gigi seperti semula. Salah satunya dengan cara memutihkan gigi atau bleaching.
0
Sosok Nelayan Jeneponto yang Tewas di Mata Tetangga
Sosok nelayan yang ditemukan tewas tenggelam di Jeneponto menyisakan duka yang mendalam bagi keluarga dan tetangganya.