UNTUK INDONESIA
Ridwan Kamil, Sumbangkan Gaji untuk Atasi Corona
Ridwan Kamil memotong gajinya, juga gaji wakil dan ASN selama 4 bulan ke depan untuk mengatasi wabah corona. Ini profil Gubernur Jawa Barat itu.
Gubernur Jawa barat, Ridwan Kamil. (Foto: Instagram/@ridwankamil)

Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan memotong gaji aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Provinsi Jawa Barat selama empat bulan ke depan untuk penanggulangan wabah virus corona Covid-19. Pemotongan gaji juga berlaku untuk dirinya selaku gubernur, serta Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

"Untuk mengurangi beban masyarakat dan percepatan penanggulangan penyebaran virus Covid-19, maka gaji gubernur, wakil gubernur dan para ASN Pemprov Jawa Barat akan dipotong selama empat bulan ke depan," kata Ridwan Kamil di Instagram pribadinya, Senin, 30 Maret 2020.

Profil Ridwan Kamil

Ridwan Kamil memiliki nama asli Mochammad Ridwan Kamil atau biasa disapa Kang Emil lahir di Bandung, Jawa Barat, 4 Oktober 1971. Ridwan Kamil, putra kedua dari lima bersaudara dari pasangan Dr. Atje Misbach, S.H dan Dra. Tjutju Sukaesih.

Kecerdasan Emil sudah menonjol sejak masih kecil. Di sisi lain ia juga sudah memupuk jiwa kewirausahaannya sejak kecil dengan menjual es mambo buatan tangannya sendiri. Pendidikan dasar hingga bangku kuliah ia tempuh di Kota Bandung. 

Ia sekolah di SDN Banjarsari III, SMPN 2, SMAN 3, dan Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung. Ia resmi mendapat gelar insinyur pada usia 24 tahun dari jurusan arsitek ITB.

Ketika di bangku kuliah, Emil aktif dalam kelompok-kelompok mahasiswa dan unit kegiatan seni kampus. Saat kuliah, ia juga memulai hidupnya dengan mandiri tanpa bergantung kepada orang tua. Begitu juga saat melanjutkan kuliah S2 di University of California, Berkeley, Amerika Serikat, ia mendapatkan beasiswa untuk menopang kuliahnya.

Pada tahun 2004, Ridwan Kamil mendirikan Urbane, perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultan perencanaan, arsitek, dan desain. Urbane ini adalah firma yang didirikan Ridwan Kamil dan teman-temannya, Achmad D. Tardiyana, Reza Nurtjahja, dan Irvan W. Darwis. Nama Ridwan Kamil menjadi terkenal sebagai arsitektur yang penuh kreasi. Dari kegiatannya ini ia mendapat sederet penghargaan terkait desain. 

Tidak hanya menggeluti dunia desain, Ridwan Kamil juga berprofesi sebagai dosen di ITB. Lambat laun, namanya semakin dikenal publik Bandung karena kepeduliannya akan kemajuan Kota Bandung.

Gaji gubernur, wakil gubernur dan para ASN Pemprov Jawa Barat akan dipotong selama empat bulan ke depan.

gub jabarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Tagar/Humas Pemda Provinsi Jawa Barat).

Terjun ke Dunia Politik

Pada pemilahan kepala daerah 2013, Emil mantap maju sebagai calon Wali Kota Bandung berpasangan dengan Oded Muhammad Danial diusung Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera. Pasangan ini memenangi pemilu dan Riwan Kamil pun menjadi Wali Kota Bandung 2013-2018.

Sebagai wali kota, Emil diganderungi masyarakat karena banyak inovasi program pembangunan pro-rakyat dan membesarkan kembali nama Bandung di kancah internasional

Selanjutnya pada pemilihan gubernur Jawa Barat 2018, ia maju sebagai calon gubernur berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum. Berbekal kemampuannya memimpin Kota Bandung, Ridwan Kamil yakin bisa menjadi pilihan warga Jawa Barat. 

Keluarga

  • Istri : Atalia Praratya 
  • Anak : Camillia Laetitia Azzahra, Emmiril Khan Mumtadz

Pendidikan

  • SDN Banjarsari III Bandung, 1978-1984
  • SMP Negeri 2 Bandung, 1984-1987
  • SMA Negeri 3 Bandung, 1987-1990
  • S1, Teknik Arsitektur, Institut Teknologi Bandung, 1990-1995
  • S2, Master of Urban Design University of California, Berkeley, AS, 1999-2001

Karier

  • Arsitektur
  • Dosen ITB
  • Wali Kota Bandung periode 2013-2018
  • Gubernur Jawa Barat

Penghargaan

  • Urban Leadership Award dari Univ Pensylvania, AS, 2013
  • Pikiran Rakyat Award 2012 untuk Tokoh Muda Kreatif, 2012
  • Winner International Young Design Entrepreneur of the Year from British Council Indonesia, 2012
  • Indonesia Green Awards “Penghargaan Penginspirasi Bumi”, Green Building Rasuna Epicentrum, 2012
  • Green Leadership Award for Al-Irsyad Mosque from BCI Asia, 2011
  • Top 5, Best Building of The Year 2010 from ArchDaily for Al-Irsyad Mosque
  • BCI Asia Top Ten Architecture Business Award, 2010
  • Winner third prize : Design Competition Suramadu Mosque, 2010
  • The 6th Winner of The Best Design Architecture Consultant, Citradata Award. []

Baca juga:

Berita terkait
Donald Trump di Puncak Tertinggi Kasus Corona
Donald Trump harus menghadapi kenyataan negaranya pemegang rekor tertinggi kasus positif corona Covid-19. Ini profil lengkap Presiden AS tersebut.
Xi Jinping, Strategi Membebaskan China dari Corona
Xi Jinping mengklaim telah berhasil melawan virus corona yang pertama kali muncul di negerinya. Ini profil lengkap Presiden China tersebut.
Profil Michael Levitt dan Ramalan Badai Corona
Tak perlu lockdown, cukup social distancing, tak lama lagi badai corona Covid-19 akan berlalu. Analisis ilmuwan Michael Levitt. Siapa dia?
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.