UNTUK INDONESIA

Ridwan Kamil Hibahkan Perahu Wisata untuk Situ Rawa Besar

Menurut Ridwan Kamil, hadirnya perahu wisata membuat warga, khususnya anak-anak, antusias mengelilingi Situ Rawa Depok.
Perahu wisata Siru Rawa. (Foto: Humas Pemprov Jabar)

Depok - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyerahkan bantuan berupa hibah perahu wisata untuk Situ Rawa Besar yang berada di RW 13 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Rabu, 2 Desember 2020.

Menurut Kang Emil-sapaan Ridwan Kamil, hadirnya perahu wisata membuat warga, khususnya anak-anak, antusias mengelilingi situ seluas kurang lebih 13 hektare ini.

“Kalau melihat dari antusiasme, anak-anak bahagia. Selama ini danaunya hanya bisa dilihat, tapi sekarang bisa dikelilingi (dengan menggunakan perahu wisata),” ucap Kang Emil.

“Mudah-mudahan (perahu wisata) bisa diterima dengan baik. Silakan oleh Ketua RW diatur dan harus bisa menjadi sumber pendapatan untuk RW di sini. Yang penting dipakai untuk kebaikan,” ujarnya.

Kang Emil berharap, perahu wisata di Situ Rawa Besar bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat sebagai salah satu destinasi wisata luar ruang.

Ia pun menjelaskan, banyak potensi pariwisata yang dimiliki Kota Depok, terutama situ atau setu. Namun, situ-situ tersebut kurang dimanfaatkan dengan baik.

“Sebenarnya situ di Depok banyak sekali, tapi kurang dimanfaatkan secara maksimal untuk pariwisata lokal. (Situ) bisa menjadi tempat rekreasi, jadi jangan (jalan-jalan) di mal terus, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini rekreasinya kalau bisa outdoor jangan indoor,” kata Kang Emil.

Terkait Situ Rawa Besar yang masih sering dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk menjaring ikan.

Selain itu, dalam agenda kali ini, Kang Emil meminta masyarakat dan Pemerintah Daerah Kota Depok untuk bisa mempertahankan sekaligus memperbaiki level kewaspadaan Kota Depok yang merujuk data periode 23-29 November 2020 berada di Zona Oranye (Risiko Sedang).

Kang Emil juga mengingatkan agar semua aktivitas masyarakat tetap dilakukan dengan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak untuk mengindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun.

“Saya juga titip Kota Depok sudah tidak di Zona Merah, harus dipertahankan, diperbaiki, dan disempurnakan. Karena saat ini sebenarnya segala (aktivitas) boleh dilakukan asal menerapkan protokol kesehatan 3M dengan baik dan benar,” ujar Kang Emil.

Baca juga: Baca juga: Agrowisata Situ Bolang Indramayu Menarik Perhatian Pemdaprov
Baca juga: Wamendes: Kawasan Wisata Perlu Diperkaya Kuliner & Souvenir

Sementara itu, Pjs. Wali Kota Depok Dedi Supandi mengucapkan terima kasih kepada Kang Emil yang telah memberikan hibah perahu wisata untuk Situ Rawa Besar.

Dedi berharap, perahu wisata bisa dimanfaatkan secara maksimal sebagai sarana pariwisata baik oleh warga RW 13 di Kelurahan Depok maupun warga Depok lainnya.

Terkait Situ Rawa Besar yang masih sering dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk menjaring ikan, Dedi berujar, pihaknya mengizinkan masyarakat untuk tetap menangkap ikan menggunakan jaring, asalkan jaring tersebut tidak menghalangi lalu lintas perahu.

“Tadi sudah saya sampaikan ke RW dan pengurus situ, intinya semua kepentingan harus masuk, baik aspek ekonomi atau aspek wisata, tolong diatur,” ujar Dedi.

“Jaring silakan ditebar, tapi diatur jangan sampai mengganggu lalu lintas perahu. Aspek ekonomi tetap berjalan, ini (perahu) pun juga harus berjalan,” katanya. []

Berita terkait
Agrowisata Situ Bolang Indramayu Menarik Perhatian Pemdaprov
Objek wisata Situ Bolang terkenal dengan taman buah mangga Agrimania, setiap harinya terus dipadati oleh wisatawan.
Pesan di Balik Wisata Perahu Imlek di Solo
Ada wisata perahu Imlek di Solo, Jawa Tengah. Wahana ini diminati wisatawan. Adaa pesan di balik wisata ini, menumbuhkan cinta terhadap sungai.
Kepercayaan Dunia untuk Destinasi Wisata Indonesia Terjaga
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan kepercayaan dunia terhadap destinasi wisata Indonesia terjaga. Ini alasannya.
0
Kisah Malam Pertama Pengantin Baru Yang Gagal Karena Narkoba
Inilah kisah gagalnya malam pertama sepasang pengantin baru karena tersandung kasus narkoba. Seorang pria asal Garut berinisial LH ditangkap.