UNTUK INDONESIA

Agrowisata Situ Bolang Indramayu Menarik Perhatian Pemdaprov

Objek wisata Situ Bolang terkenal dengan taman buah mangga Agrimania, setiap harinya terus dipadati oleh wisatawan.
Agrowisata Situ Bolang di Indramayu. (Foto: Tagar/Dharma atu blogger}

Indramayu - Lokasi Agrowisata Situ Bolang yang berada di Desa Jatisura Kecamatan Cikedung ternyata menarik perhatian dari berbagai pihak. Salah satunya adalah Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Objek wisata yang terkenal dengan taman buah mangga Agrimania dan Situ Bolang itu, setiap harinya terus dipadati oleh wisatawan. Bahkan jumlah wisatawan berlipat ketika musim liburan tiba.

Namun di balik terkenalnya objek wisata tersebut, infrastruktur menuju Situ Rawa Bolang sangat terbatas. Bahkan terkesan tidak imbang dengan kepopuleran nama Situ Bolang, karena akses jalannya yang belum memadai untuk sebuah objek wisata.

Sebagaimana diketahui, akses utama menuju objek wisata Situ Bolang hanya dapay dilalui untuk kendaraan pribadi/kecil. Itupun kadang bergantian karena lebar badan jalan sangat terbatas, dengan kanan kiri berupa sungai dan sawah, serta aspal yang retak-retak.

Akibatnya, jika musim liburan tiba kemacetan sering kali terjadi bahkan sampai mengular sangat panjang. Bahkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bus harus turun di jalan raya dan berganti mobil kecil.

Agrowisata dan Situ Bolang jika terus dikembangkan akan sangat potensial.

Keadaan ini mengharuskan adanya pelebaran atau bahkan adanya akses jalan baru yang bisa dibuka untuk menuju ke objek wisata tersebut.

Melihat situasi demikian, Kamis sore 19 November 2020 Pjs. Bupati Indramayu Bambang Tirtoyuliono bersama dengan Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat A. Koswara meninjau langsung lokasi Agrowisata dan Situ Bolang untuk melihat secara langsung infrastruktur yang ada saat ini.

Bambang Tirtoyuliono menjelaskan, Agrowisata dan Situ Bolang jika terus dikembangkan akan sangat potensial. Bukan hanya dua sektor tersebut, di sekitaran lokasi juga memiliki potensi pertanian yang sangat besar sehingga peningkatan infrastruktur harus terus dilakukan.

"Peningkatan infrastruktur akan terus dilakukan sehingga memperlancar akses ke sini," kata Bambang.

Situ BolangAgrowisata Situ Bolang, Indramayu. (Foto: Tagar/Dharma ayu Blogger)

Bambang optimis, dengan kolaborasi dan inovasi antara Pemkab Indramayu dan Pemprov Jawa Barat maka peningkatan infrastruktur bisa dilakukan secara bersama-sama yang pada akhirnya akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, A. Koswara mengatakan, setelah melihat langsung lokasi Situ Bolang dan Agrowisata pihaknya akan segera melapor ke Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Selain itu juga pihaknya menantikan lokasi jalan yang akan ditingkatkan statusnya maupun lokasi akses jalan baru.

"Sepulang dari sini kami akan sampaikan ke Pak Gubernur (Ridwan Kamil) hasil peninjauan ini. Sehingga nanti bisa segera direncanakan untuk peningkatan infrastrukturnya," kata Koswara.

Baca juga: Pakai Teknologi, Peternakan Babi Bebas Bau Ini Ramai Wisatawan

Baca juga: Situs Patiayam Kudus Dibidik Jadi Rujukan Wisata Purbakala

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Indramayu, Suryono mengatakan, persyaratan yang diajukan Provinsi Jawa Barat sebagai lokasi jalan baru harus dekat dengan jalan tol Cipali kemudian dekat dengan jalan penghubung antar dua kabupaten serta berbagai syarat lainnya. []

Berita terkait
6 Rekomendasi Tempat Wisata di Likupang, Sulawesi Utara
Berikut enam rekomendasi surga wisata yang terletak di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, dengan harga terjangkau.
3 Tempat Wisata di Cirebon, Hotspot Pemudik Jalur Pantura
Bila tujuan utama Anda melewati jalur Pantura, silakan mampir ke Kota Cirebon yang menawarkan sejumlah hotspot wisata patut dicoba.
6 Tempat Wisata Baru Masuk Daftar Kota Terindah di Italia
Italia diberkahi panorama yang indah. Banyak lokasi wisata alam memesona terdapat di kota di negara jantung Laut Mediterania tersebut.
0
Kapal Pencuri Ikan dari Negeri Jiran Malaysia Diringkus Lagi
Kapal pencuri ikan dari Negeri Jiran Malaysia kembali diringkus oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di perairan Selat Malaka.