UNTUK INDONESIA
Resep Kreasi Telur Saat Physical Distancing
Pandemi virus Corona atau Covid-19, memasak kreasi telur menjadi kegiatan yang bisa dilakukan di rumah ketika menjalankan physical distancing.
Roti Panggang Telur. (Foto: Instagram/@dodooi_)

Jakarta -Masa pandemi virus Corona atau Covid-19, memasak menjadi kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu selama menjalankan physical distancing. Tak perlu mencari bahan yang sulit, telur ayam bisa dikreasikan menjadi berbagai macam menu masakan.

Selain mudah didapatkan, telur mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Jadi,  jika gemar bereksperimen tak ada salahnya mencoba resep-resep baru dengan bahan ini sebagai salah satu aktivitas yang bisa dilakukan selama berdiam diri di rumah.

Dilansir dari Antara, berikut Tagar rangkumkan sejumlah resep variasi masakan berbahan dasar telur yang bisa dicoba di rumah.

1. Telur Mata Sapi

Telur Mata SapiTelur Mata Sapi. (Foto: Instagram/@lanikarassoan)

Telur mata sapi atau yang biasa dikenal dengan sebutan telur ceplok menjadi salah satu menu yang termudah untuk dibuat. Cukup memanaskan minyak atau mentega ke penggorengan, lalu masukkan telur dan tunggu hingga matang.

Dalam proses memasak telur ceplok disarankan menggunakan teflon anti lengket supaya hasil akhirnya terlihat lebih sempurna. Tingkat kematangannya juga bisa disesuaikan tergantung selera masing-masing, setengah matang atau matang sempurna.

Campurkan telur ceplok dengan tambahan bumbu favorit, seperti kecap manis, saus, sambal atau lada hitam. Hidangan ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat atau mie instan.

2. Omelet

OmeletOmelet. (Foto: Instagram/@egg_recipes)

Omelet bisa dibuat sesuai selera, ada yang suka dicampurkan dengan banyak sayuran, atau bisa juga ditambahkan daging hingga keju. Namun, bila ingin menambahkan daging atau jamur, pastikan terlebih dahulu bahan yang digunakan sudah matang.

Caranya, masukkan telur ke dalam mangkuk dan tambahkan sedikit garam, lada, serta bahan-bahan yang disuka. Kemudian, panaskan minyak atau butter di atas wajan dengan api sedang.

Apabila ingin terlihat lebih rapi, masukkan dulu telur, kemudian tambahkan bahan-bahan isian di satu sisi, lalu tutup sisi lain hingga telur memiliki bentuk setengah lingkaran.

3. Tamagoyaki

TamagoyakiTamagoyaki. (Foto: Instagram/@thecookingfoodie)

Telur dadar ala Jepang satu ini berbeda dengan hidangan yang ada di Indonesia yang memiliki rasa asin atau gurih. Tamagoyaki biasanya bercita rasa manis. Sajian satu ini memiliki bentuk kotak dan berlapis-lapis, inilah alasan mengapa wajan untuk membuatnya harus berbentuk persegi.

Cara membuatnya, siapkan kaldu Jepang (dashi), shoyu, gula, sedikit garam dan air. Campurkan dengan telur, kemudian kocok hingga rata. Selanjutnya, masukkan sepertiga dari telur, ketika sudah setengah matang, gulung. 

Lalu tuangkan kembali sepertiga adonan telur ke wajan, bila sudah matang dan menempel dengan adonan sebelumnya, gulung lagi. Ulangi seperti langkah tersebut hingga adonan habis.

4. Roti Panggang Telur

Roti Panggang TelurRoti Panggang Telur. (Foto: Instagram/@dodooi_)

Hidangan sarapan yang satu ini sangat mudah dibuat dengan menggunakan microwave atau wajah teflon serbaguna. Caranya, siapkan roti lalu padatkan bagian tengahnya menjadi cekung untuk menaruh telur, dalam proses ini bisa menggunakan bagian bawah gelas atau sendok.

Masukkan telur dan tambahkan sedikit garam atau lada, kemudian panggang hingga telur matang. Bila ingin menambah sensasi kelezatan makanan ini, cukup dikreasikan dengan menambahkan keju pada roti tersebut. []

Baca juga:

Berita terkait
Situs Resep Masak yang Menginspirasi Selama di Rumah
Kehabisan ide membuat masakan selama di rumah karena pandemi corona? Jangan khawatir, berikut sejumlah situs masak yang bisa membantu bunda.
5 Resep Minuman Jahe Hangat Menguatkan Stamina
Jahe sebagai tanaman obat berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ia bisa menghalau virus yang menyerang tubuh kita.
Resep Mudah Smoothies Tingkatkan Imunitas Tubuh
Smoothie yang kaya akan vitamin C sangat cocok untuk menemani aktivitas di dalam rumah, apalagi saat pandemi virus Corona.
0
PLN Gandeng KPK Amankan Aset Negara di Bali
Berkat sinergi antara PT PLN (Persero), KPK, dan ATR/BPN disebutkan nilai aset tanah yang diselamatkan lebih dari Rp 1 Triliun.