UNTUK INDONESIA

Resep Kreasi Camilan Ketan Susu yang Legit

Ketan susu dijadikan camilan menjadi perbincangan masyarakat. Berikut resep kreasi camilan yang sedang hits ini.
Potret sajian ketan susu dengan topping lainnya. (Foto : Instagram/dapur.umak.mama)

Jakarta – Beras ketan yang umumnya tumbuh di Asia Tenggara banyak diolah masyarakat sebagai makanan dan camilan. Kini beras ketan semakin memiliki variasi yang unik dalam penyajiannya hingga diterima banyak kalangan masyarakat. Salah satunya ialah ketan susu. Tidak jarang, olahan beras ketan putih ini ditambahkan taburan keju diatasnya sehingga rasa manis legit semakin sempurna.

Sebelumnya jajanan ketan dapat ditemukan di daerah jajanan pasar. Namun, kini kreasi masyarakat menjadikan camilan ketan sebagai olahan yang ditambahkan topping seperti susu, keju, coklat dan yang lainnya. 

Baca Juga:

Tidak hanya untuk dinikmati sendiri di rumah bersama keluarga, banyak masyarakat yang mencoba mengolah ketan susu ini menjadi usahanya di tengah pandemi Covid-19. Berikut resep membuat ketan susu di rumah untuk 4 porsi yang dilansir oleh Tagar dari laman Resepkoki.

Pada bahan-bahan dibagi menjadi 3 kelompok yaitu, bahan utama, bahan vla susu, dan bahan topping. Bahan-bahan utama yang perlu disiapkan adalah beras ketan putih sebanyak 250 gram, santan sedang 150 ml, garam ½ sendok teh, 1 lembar daun pandan, dan 2 lembar daun salam.

Lalu untuk bahan vla susu dibutuhkan 300 ml susu cair, 2 sendok makan susu kental manis putih, dan 2 sendok teh, maizena yang telah dilarutkan 50 ml air. Untuk bahan topping dapat disesuaikan dengan selera, namun disini menggunakan 10 keping oreo yang telah dihancurkan kasar dan keju yang telah diparut secukupnya.

Sajian ketan susuPotret sajian ketan susu. (Foto : resepkoki)

Langkah awal yang dilakukan dalam proses memasak adalah, mencuci beras ketan hingga bersih. Lalu rendam beras ketan tersebut dalam air dengan durasi waktu kurang lebih selama 1 jam. Setelah itu, lakukan pengukusan pada beras ketan hingga matang dengan waktu kurang lebih selama 15 menit. Di lain tempat, rebus santan, garam, daun salam dan daun pandan dalam panci hingga mendidih. Jika sudah terlihat mendidih, matikan api.

Pada panci tempat kukusan ketan, didihkan kembali dengan api sedang. Kukus kembali ketan tersebut hingga matang dengan durasi kurang lebih 30 menit. Lalu untuk pengolahan bahan vla susu, langkah awal yang dilakukan adalah campurkan susu cair dan susu kental manis dalam panci. 

Baca Juga:

Aduk rata rebusan tersebut lalu didihkan. Kemudian tuang larutan maizena, aduk rata kembali dan masak rebusan tersebut hingga mengental. Jika dirasa sudah mengental, angkat dan sisihkan rebusan vla. 

Setelah itu, memasuki tahap akhir dalam penyajian. Ambil ketan yang telah matang dan tata pada piring saji. Jangan lupa untuk tuangkan vla diatasnya serta tambahkan taburan topping yang telah disiapkan tadi. Ketan susu pun telah siap disajikan dan disantap. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Resep Lezat Puding Susu Alpukat Selera Hotel Bintang Lima
Pasti sudah tidak asing dengan buah alpukat. Lalu bagaimana kalau alpukat ini disajikan dalam bentuk puding? Berikut resepnya!
Resep dan Cara Membuat Jiaozi, Makanan Wajib saat Imlek
Tahun Baru Imlek sudah dekat. Menyiapkan makanan jiaozi dapat menjadi rekomendasi sajian perayaan Imlek di rumah. Begini cara bikin dan resepnya.
Resep Es Krim Mint Choco ala Drama dan Idol Korea
Bagi para penonton setia Drama Korea, pasti tidak asing dengan kuliner es krim mint choco. Begini resep dan cara membuatnya.
0
Resep Kreasi Camilan Ketan Susu yang Legit
Ketan susu dijadikan camilan menjadi perbincangan masyarakat. Berikut resep kreasi camilan yang sedang hits ini.