UNTUK INDONESIA

Resep dan Cara Membuat Jiaozi, Makanan Wajib saat Imlek

Tahun Baru Imlek sudah dekat. Menyiapkan makanan jiaozi dapat menjadi rekomendasi sajian perayaan Imlek di rumah. Begini cara bikin dan resepnya.
Sajian jiaozi yang siap disantap. (Foto : tionghoa.info)

Jakarta – Tahun Baru Imlek kali ini jatuh pada Jumat, tanggal 12 Februari 2021. Bagi masyarakat Tionghoa, perayaan ini merupakan hal yang penting. Biasanya mereka menyiapkan makanan-makanan khas Imlek yang tidak boleh terlewatkan. Salah satunya adalah jiaozi, makanan jenis dumpling ini berisi daging dan sayuran yang menjadi makanan wajib saat berkumpul bersama keluarga dalam perayaan Imlek.

Walaupun Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19, masyarakat Tionghoa tetap dapat merayakan Tahun Baru Imlek di rumah. Tidak hanya dengan mendekorasi rumah dengan pernak-pernik, perayaan Imlek akan lebih lengkap dengan hidangan khasnya, salah satunya, jiaozi.

Baca Juga:

Adonan kulit yang dibuat dari campuran tepung terigu, air, dan garam dapur ini dikenal dengan sebutan gyoza di Jepang serta mandu di Korea. Berikut resep membuat jiaozi dengan mudah di rumah yang dikutip oleh Tagar dari tionghoa.info.

Pada resep ini, jiaozi memiliki isian daging babi dan kubis cina. Bahan-bahan yang perlu disiapkan sebelum memasak adalah, tepung terigu sebanyak 600 gram, 400 gram daging babi, 100 gram kubis cina, 2 butir telur, beberapa potong jahe sesuai selera, seikat daun bawang, dan 1 siung bawang putih. Untuk bumbunya, diperlukan garam 5-10 gram, kecap 20 gram, gula pasir, anggur masak, minyak wijen, dan chicken powder.

Jiaozi ImlekPotret sajian jiaozi yang siap disantap. (Foto : Instagram/laotseasia)

Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat kulit jiaozi. Masukkan tepung terigu di dalam baskom. Tambahkan sedikit garam dan aduk semua hingga merata. Tuangkan air, lalu uleni dengan mengaduk tepung menjadi adonan. Tutup adonan dengan lap basah dengan durasi setengah jam.

Kemudian, taburkan segenggam tepung ke talenan, lalu tempatkan adonan diatasnya. Uleni adonan menjadi strip atau potongan yang panjang. Setelah itu, potong menjadi seukuran dadu. Pipihkan potongan kecil adonan tadi dengan penggilas adonan agar menjadi kulit atau pembungkus. Taburi sedikit tepung lagi pada masing-masing kulit jiaozi untuk mencegah kelengketan antar kulit adonan saat ditumpuk.

Langkah kedua, membuat isi jiaozi. Bersihkan dan cincang daging babi dan kubis cina yang telah disiapkan. Campur cincangan kedua bahan tadi dengan garam, anggur masak, chicken powder, gula pasir secukupnya, dan telur. Tambahkan juga sedikit air, lalu aduk semua hingga merata.

Adonan Jiaozi ImlekVariasi bentuk adonan jiaozi. (Foto : Instagram/laotseasia)

Langkah ketiga, yaitu mengisi jiaozi dengan bahan-bahan yang telah diolah tadi. Masukkan satu sendok adonan isi jiaozi yang telah jadi pada bagian tengah masing-masing kulit. Lipat dan cubit ujung kulit dengan kuat agar tertutup rapat atau merekat. Setelah itu pastikan kembali tepi atau ujung kulit telah menempel dengan baik agar tidak bocor.

Selanjutnya adalah tahap pembuatan saus jiaozi sesuai dengan selera. Bersihkan dan potong daun bawang, jahe, dan bawang putih. Buat saus tepung dengan mencampurkan pati, air matang, gula pasir, cuka, kecap, dan minyak wijen. Tuangkatkan irisan jahe dan bawang putih ke wajan yang telah diberi minyak. Lalu tumis hingga tercium aromanya.

Tambahkan saus tepung yang sudah diracik tadi ke dalam wajan dan didihkan. Setelah itu tambahkan juga daun bawang cincang, dan tumis seluruhnya dengan cepat.

Baca Juga:

Langkah terakhir adalah merebus jiaozi. Rebus secukup air dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan adonan yang sudah terbungkus kulit satu per satu. Sambil merebus, aduk-aduk untuk mencegahnya saling menempel atau mereka pada panci. Setelah air semakin mendidih, tambahkan segelas air.

Tutup dan ulangi langkah tersebut hingga dua kali. Setelah itu tiriskan jiaozi yang telah matang, dan sajikan di piring. Jiaozi pun siap disantap di rumah bersama keluarga. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Saat Imlek, Apa yang Dilakukan Etnis Tionghoa Bukittinggi?
Menjelang Tahun Baru Imlek 2572, apa saja bentuk perayaan dari mayoritas etnis Tionghoa yang ada di Kota Bukittinggi? Berikut rinciannya.
Mandarin Oriental Jakarta Persembahkan Perayaan Imlek Megah
Menyambut Tahun Kerbau Logam, Mandarin Oriental Jakarta, mempersembahkan rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek yang megah.
Inspirasi Realme Buat Orang Terkasih di Hari Imlek dan Valentine
Program bertajuk “Fortune & Love Festival” Realme akan membagikan diskon besar-besaran hingga 30 persen dengan tambahan voucher menarik lainnya.
0
Pembunuhan Keluarga Dalang Rembang, Polisi: Pelaku Tunggal
Pembunuhan satu keluarga dalang Ki Anom Subekti di Rembang terungkap. Polisi meringkus pelaku tunggal pembunuhan tersebut.