UNTUK INDONESIA

Resep Es Krim Mint Choco ala Drama dan Idol Korea

Bagi para penonton setia Drama Korea, pasti tidak asing dengan kuliner es krim mint choco. Begini resep dan cara membuatnya.
Potret sajian es krim mint choco. (Foto : Endeus TV)

Jakarta – Penonton Drama Korea yang berjudul Tale of The Nine Tailed pasti pernah melihat karakter Lee Yeon mencicipi es krim mint choco. Makanan yang dingin, lembut, memiliki rasa mint ini ditaburi cokelat di atasnya.

Tentu yang menonton drama ini penasaran dengan menu makanan yang asing tersebut. Tidak hanya tampil dalam drama, es krim ini juga menjadi salah satu varian favorit Jungkook personel BTS, yang merupakan idol Korea Selatan.

Baca Juga:

Jungkook mengakui menyukai varian rasa es krim ini dalam variety show milik BTS bernama Run BTS! Selain itu, beberapa idol Korea lainnya seperti, Yooa OH MY GIRL, Taeyeon Girls Generation, Taemin SHINee, Jungwoo NCT, dan Kang Daniel, juga menyukai varian rasa es krim mint choco ini.

Biar nggak penasaran, es krim ini bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut resep membuat es krim mint choco untuk 5 porsi yang dikutip oleh Tagar dari Endeus TV.

Sebelum memasak, perlu disiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain, susu cair, whipping cream, gula pasir, garam, esens mint, pewarna makanan hijau muda sesuai selera, chocolate chips, dan daun mint untuk garnish. Jika tidak ada chocolate chips, bisa juga menggunakan cokelat batang yang dicincang kecil-kecil.

Mengolah makanan ini kurang lebih hanya sekitar 20 menit. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencampurkan susu cair sebanyak 300 ml, 400 ml whipping cream, 200 gram gula pasir, ½ sendok teh garam, ¼ sendok teh esens mint, dan pewarna hijau sebanyak 2 tetes atau sesuai dengan selera dalam satu wadah mangkuk. Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata dan gula pasir menjadi larut.

Es Krim Mint ChocoSajian es krim mint choco dengan cone. (Foto : Instagram/newcitymicrocreamery)

Langkah selanjutnya, tuangkan adonan bahan tadi ke dalam wadah baru yang tahan beku untuk disimpan dalam freezer. Penyimpanan ini dilakukan selama kurang lebih tiga jam agar adonan cukup beku. Jika sudah menunggu selama 3 jam, keluarkan wadah tersebut dari freezer, dan keruk-keruk adonan yang sudah menjadi es krim itu menggunakan garpu hingga semuanya terurai.

Kemudian, kocok uraian es krim tadi menggunakan mixer hingga adonan menjadi lembut. Lalu bekukan kembali adonannya ke dalam freezer, dan ulangi proses mengocok dengan mixer dan dibekukan lagi sebanyak kurang lebih 3-4 kali hingga adonan benar-benar memiliki tekstur yang lembut. Jika sudah, masukkan chocolate chips ke dalam wadah adonan, dan ikut dalam kocokan mixer hingga tercampur rata.

Baca Juga:

Masukkan kembali adonan tersebut jika sudah dikocok bersama choco chips tadi ke dalam freezer. Kali ini, bekukan adonan tersebut selama kurang lebih 5 jam atau bisa tinggalkan semalaman. 

Langkah terakhir, keluarkan adonan es krim tersebut dari freezer, sajikan dalam wadah yang diinginkan. Jangan lupa tambahkan garnish daun mint untuk penyajiannya. Es krim mint chocolate pun siap untuk disantap di rumah. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Resep Lezat Puding Susu Alpukat Selera Hotel Bintang Lima
Pasti sudah tidak asing dengan buah alpukat. Lalu bagaimana kalau alpukat ini disajikan dalam bentuk puding? Berikut resepnya!
Resep Kreatif Es Kopi Kurma Nescafe
Bagi pecinta minuman kopi, pernah mencoba memadukan rasa pahitnya bersama dengan manisnya kurma? Begini cara membuatnya!
Resep Camilan Khas Thailand, Mango Sticky Rice
Bagi penggemar buah, pernah mencoba Mango Sticky Rice atau ketan manis dengan topping buah mangga? Yuk, intip resepnya dan bikin di rumah.
0
Resep Es Krim Mint Choco ala Drama dan Idol Korea
Bagi para penonton setia Drama Korea, pasti tidak asing dengan kuliner es krim mint choco. Begini resep dan cara membuatnya.