UNTUK INDONESIA

Rencana Pemerintah Aceh Bangun Asrama Putri di Sumbar

Pemerintah Aceh berencana akan membangun asrama putri untuk mahasiswi yang menempuh pendidikan di Sumatera Barat.
Ilustrasi - Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah usai melakukan Penyerahan DIPA, Daftar Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2020 kepada Bupati dan Walikota Se-Aceh di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Kamis 21 November 2019. (Foto: Tagar/Istimewa)

Padang - Pemerintah Aceh akan membangun asrama putri untuk mahasiswi yang menempuh pendidikan di Sumatera Barat. Namun, untuk tempatnya harus terlebih dahulu asetnya dijadikan milik Pemerintah Aceh.

"Karena hanya dengan pengalihan aset lahan ke Pemerintah Aceh itu, dana untuk pembangunan asrama putri bisa dikucurkan," kata Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam keterangan yang diterima Tagar, Senin, 16 November 2020. 

Nova mengatakan, sebelumnya ia sudah menyampaikan secara resmi kepada paguyuban masyarakat Aceh di Sumatera Barat terkait pengalihan aset tanah ke Pemerintah Aceh yang nantinya untuk pembangunan asrama putri. Ia juga sudah mengirim tim kuasa hukumnya dalam proses pengalihan aset lahan itu untuk pembangunan asrama nantinya. Sehingga dananya bisa langsung dikucurkan.

"Dan pada saatnya atas doa dan keikhlasan semua pihak, pada 2022 nanti mungkin Insya Allah bisa kita selesaikan semua pelan-pelan," kata Nova. 

Nova mengatakan kewajiban Pemerintah Aceh dalam pembangunan dan renovasi asrama mahasiswa di luar Aceh pada 2020 ini, juga dilakukan di sejumlah provinsi, baik di Pulau Sumatera maupun Jawa.

Karena hanya dengan pengalihan aset lahan ke Pemerintah Aceh itu, dana untuk pembangunan asrama putri bisa dikucurkan.

Diketahui, sejak 30 April 2020 Pemerintah Aceh sudah mulai melakukan renovasi tahap pertama terhadap asrama putra Meuligo Iskandar Muda di Yogyakarta dan berakhir kontraknya 26 Oktober 2020.

Kemudian ada pembangunan dan rehabilitasi untuk Wisma Tanah Rencong Aceh di Padang yang sudah dimulai pengerjaan sejak 6 Mei 2020, selesai diperkirakan 1 November 2020.

Baca juga: Gubernur Aceh: Kafilah MTQ di Padang Harus Tampil Lebih Baik

Lalu, rehabilitasi Wisma Panglima Teuku Nyak Makam Aceh, Asrama Putri Pocut Baren Aceh, Wisma Sultan Iskandar Muda dan Wisma Teuku Umar Aceh, mulai dilakukan sejak 15 September 2020 hingga 13 Desember 2020. Kesemuanya berada di Bandung.

Dan terakhir, rehabilitasi berat untuk asrama putri Pocut Baren dan pembangunan sekretariat Ikatan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Aceh (IKAMAPA) yang terletak di Desa Babakan Lebak, Dramaga, Bogor. Mulai dilakukan sejak 18 September 2020. Dan diperkirakan akan selesai 16 Desember 2020. []

Berita terkait
Hukuman Pasangan Gay yang Ketahuan Indehoi di Aceh
Pasangan Gay yang digerebek warga di salah satu rumah kos di Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh terancam hukuman 100 kali cambuk di depan umum.
Respon Wali Kota soal Pelanggar Syariat Islam di Banda Aceh
Satuan Pamong Praja (Satpol PP) dan Wilayatul Hisbah (WH) atau Polisi Syariat untuk segera membersihkan pelanggar syariat Islam di Banda Aceh.
Pengakuan Pasangan Sesama Jenis Usai Digerebek di Aceh
Diduga melakukan hubungan badan sesama jenis, dua pria digerebek warga di Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Aceh.
0
Rencana Pemerintah Aceh Bangun Asrama Putri di Sumbar
Pemerintah Aceh berencana akan membangun asrama putri untuk mahasiswi yang menempuh pendidikan di Sumatera Barat.