UNTUK INDONESIA
Reisa Sarankan Masyarakat Nikmati Liburan dengan Staycation
Reisa menyarankan masyarakat melakukan staycation (stay vacation) atau berlibur di rumah saja.
Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Nasional Dokter Reisa Broto Asmoro. (Foto: BNPB)

Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Reisa Brotoasmoro menyarankan masyarakat untuk menikmati masa libur panjang akhir bulan ini dengan bijak. Ia menyarankan masyarakat melakukan staycation (stay vacation) atau berlibur di rumah saja.

Reisa khawatir dalam situasi pandemi yang belum berakhir ini masih berpotensi penularan virus Covid-19 jika berlibur di luar rumah. Diketahui liburan akhir bulan ini dimulai 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020. 

"Rumah dibersihkan dan di-disinfeksi secara rutin. Pastikan peredaran udara segar dan lancar dengan membuka ventilasi atau jendela, biarkan sinar matahari masuk," kata Reisa di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat, 23 Oktober 2020.

Kami sudah pernah menyampaikan pedoman dari Kementerian Pemuda dan Olahraga opsi melakukan olahraga di rumah sebagai opsi terbaik.

Baca juga: Ridwan Kamil : Jangan Liburan ke Puncak dan Cianjur

Menurut Reisa, staycation bisa jadi pilihan terbaik karena dinilai paling aman dan masyarakat dapat mengendalikan lingkungan tempat tinggalnya. Bahkan dapat melibatkan seluruh anggota keluarga.

Selain itu, staycation bisa dijadikan kesempatan menjalankan protokol kesehatan keluarga yang telah disusun Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Ia menuturkan, meski berlibur di rumah saja, masyarakat harusnya merasa tidak kalah seru dibandingkan berlibur di luar rumah. Ia mengatakan, banyak hal yang dapat dilakukan mulai tur virtual ke tempat-tempat wisata seperti museum dan sejenisnya.

Selain itu, ia menyebut, bisa juga memanfaatkan internet untuk menonton konser musik, film atau membuat permainan seru bersama anggota keluarga bahkan berolahraga bersama.

Baca juga: Liburan Panjang Momentum Ekonomi Yogyakarta Bangkit

"Nah, untuk olahraga ini, kami sudah pernah menyampaikan pedoman dari Kementerian Pemuda dan Olahraga opsi melakukan olahraga di rumah sebagai opsi terbaik. Yoga misalnya, senam atau mempraktekkan tips stretching dan angkat beban," ujar Reisa. []

Berita terkait
Imbauan Sri Sultan HB X Saat Liburan Panjang di Yogyakarta
Yogyakarta diperkirakan bakal diserbu wisatawan saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. Ini imbauan Sri Sultan HB X bagi warga dan wisatawan.
10 Liburan Kece Keluarga Irfan Bachdim Setelah Pindah ke Sleman
Ketika dikontrak klub sepakbola asal Sleman, ia memboyong seluruh keluarganya tinggal di kabupaten bagian dari DI Yogyakarta itu.
Ratusan Juta Orang Pergi Liburan Selama Pekan Emas di China
Ratusan juta orang di China bergegas menikmati liburan panjang tahun ini, yang disebut Pekan Emas, pada 1 Oktober 2020
0
Reisa Sarankan Masyarakat Nikmati Liburan dengan Staycation
Reisa menyarankan masyarakat melakukan staycation (stay vacation) atau berlibur di rumah saja.