Ragam Manfaat Garam Himalaya yang Perlu Diketahui

Garam himalaya sebenarnya bentuk fisiknya tidak berbeda dengan garam pada umumnya, hanya dibedakan dari warnanya.
Manfaat garam himalaya (Foto: Tagar/Frreepik/Azerbaijan_Stockers)

Jakarta – Pernahkah Anda mendengar garam himalaya? Pasti masih banyak yang asing dengan jenis garam satu ini. Garam himalaya sebenarnya bentuk fisiknya tidak berbeda dengan garam pada umumnya, hanya dibedakan dari warnanya. Garam himalaya berwarna merah muda, warna ini timbul karena kandungan dari garam itu sendiri, yakni zat besi yang tinggi.

Garam Himalaya adalah garam yang ditemukan di sebuah pertambangan. Seperti namanya, garam ini ditemukan di tambang yang berada di kaki gunung Himalaya. Tepatnya di sebuah tambang bernama Khewra Salt Mine.

Garam jenis ini berbeda dari garam pada umumnya yang berasal dari laut, mengingat laut sudah sangat tercemar. Oleh karena itu banyak yang beralih menggunakan garam himalaya. Garam ini diperoleh dari hasil pertambangan, garam himalaya dinilai lebih murni karena tertimbun di balik lava, tanah, salju dan es dalam kurun waktu yang cukup lama.

Berikut ini deretan manfaat garam himalaya.


Zat besi yang tinggi

Tubuh memerlukan zat besi untuk mengikat oksigen yang diterima paru-paru untuk diedarkan keseluruh tubuh. Dengan garam himalaya yang dikonsumsi secara rutin akan memenuhi kebutuhan zat besi yang diperlukan tubuh. Kadar zat besi yang dibutuhkan sebanyak 7,8-21,4 miligram (mg) per hari bagi anak usia 2-12 tahun. Sedangkan, orang dewasa hanya membutuhkan 8,5-18,9 mg per hari.


Menyeimbangkan air dalam tubuh

Garam himalaya selain mengandung zat besi yang tinggi, juga mengandung mineral yang tinggi. Karena garam himalaya bersumber dari hasil pertambangan. Akibatnya kadar mineral yang terkandung tetap utuh. Ada sekitar 80 persen macam-macam mineral dalam garam himalaya. 

Adapun kandungan lainnya antara lain: magnesium, kalsium, kalium, fosfor, klorida, boron, fluoride, seng selenium, tembaga, dan lain-lain. Didominasi oleh natrium klorida yang mencapai 97 persen dari kandungan mineral yang ada. 

Membuat zat yang satu ini mampu memenuhi kebutuhan tubuh untuk menyeimbangkan jumlah air. Zat ini juga mengatur tubuh agar tidak mengeluarkan keringat secara berlebihan serta mengatasi dehidrasi.


Cegah maag dan asam lambung

Jenis garam ini mampu menyeimbangkan pH dalam tubuh, karena kandungan natrium. Natrium berperan dalam menetralkan kadar keasaman dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi langsung garam himalaya untuk mengurangi risiko kambuhnya maag dan asam lambung dan juga menetralkan asam lambung berlebih.


Detoks racun

Banyak manfaat dalam garam himalaya, baik dikonsumsi langsung atau pelengkap masakan. Garam ini juga bisa dimanfaatkan untuk detoksifikasi dari luar tubuh. Anda hanya memerlukan air hangat untuk berendam, lalu campurkan garam himalaya kedalam bak mandi yang akan digunakan berendam. Garam ini melakukan detoksifikasi, dengan menarik racun keluar dari dalam tubuh melalui keringat.


Mendukung fungsi organ tubuh

Manfaat lain dari garam Himalaya yaitu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan. Tidak hanya itu, garam himalaya ini dapat menjaga kesehatan pembuluh darah, kekuatan tulang, fungsi saluran pernapasan, ginjal, dan kantong empedu.

Terlepas dari banyaknya kandungan yang kaya akan manfaat dalam garam himalaya. Perlu diingat, bahwa penggunaan garam himalaya secara berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Manfaatkan garam ini dengan baik supaya Anda mendapatkan khasiat dari garam ini.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
KKP-Kemendag Perkuat Kegiatan Komoditas Ikan dan Garam
Sinergi tersebut untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan pengawasan komoditas hasil perikanan dan komoditas pergaraman.
Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Garam Hitam
Kebanyakan orang menggunakan garam hitam sebagai pengobatan rumahan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk kram otot, gas, dan mulas.
Cara Aman Konsumsi Garam bagi Penderita Kolesterol Tinggi
Orang yang mengidap kadar kolesterol tinggi harus membatasi asupan garam demi kesehatan tubuh Anda. Berikut cara mengkonsumsinya.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.