Cara Aman Konsumsi Garam bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Orang yang mengidap kadar kolesterol tinggi harus membatasi asupan garam demi kesehatan tubuh Anda. Berikut cara mengkonsumsinya.
Ilustrasi - Garam. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Orang yang mengidap kadar kolesterol tinggi harus membatasi asupan garam, bukan berarti tidak boleh menggunakan garam pada masakan sama sekali. Anda tetap boleh menggunakan perasa makanan ini dengan syarat tidak melebihi batasan aman.

Menurut Angka Kecukupan Gizi, asupan natrium per hari untuk pria dan wanita usia 19-49 tahun adalah sekitar 1500 mg per harinya. Asupannya, akan semakin berkurang di usia 50-80 tahun ke atas.

Jika Anda punya kadar kolesterol tinggi, jangan ragu untuk konsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai asupan garam yang aman untuk dikonsumsi per hari. Berikut cara mengkonsumsinya.


1. Kurangi makan camilan asin

Jika Anda lapar tapi belum masuk jam makan, ngemil bisa jadi solusinya. Namun, untuk mengurangi asupan garam sebaiknya Anda tidak memilih camilan yang asin.

Misalnya, makanan ringan dalam kemasan. Sebagai gantinya, lebih baik Anda memilih ngemil buah-buahan yang ada di rumah atau yogurt rendah lemak.


2. Perhatikan kandungan garam pada label kemasan

Kandungan garam tinggi tidak hanya ada pada makanan ringan kemasan, tapi juga ada pada makanan lainnya, seperti sosis, daging asap, sereal instan, atau buah kalengan. Jadi, sebelum Anda membelinya, baca terlebih dahulu label kemasannya.

Biasanya, produsen makanan memperlihatkan garam dengan sebutan natrium atau sodium dalam bahasa Inggris. Kemudian, bandingkan kandungan garamnya dengan produk lain yang sejenis. Lalu, pilih yang kandungan garamnya lebih rendah,


3. Buat makanan sendiri dan gunakan banyak rempah

Anda tetap bisa menyantap makanan yang enak tanpa harus menambahkan banyak garam. Anda bisa mengakalinya dengan memperbanyak rempah-rempah dalam menu masakan sebagai pengganti garam, seperti bawang merah, bawang putih, kayu manis, daun mint, jahe, atau kunyit.

Nah, ini bisa diterapkan jika Anda memasak sendiri makanannya. Jadi, kurangi memesan makanan dari restoran atau rumah makan yang biasanya menggunakan banyak garam. []


Berita terkait
Manfaat Labu Kuning untuk untuk Kesehatan
Labu kuning adalah buah asli Amerika Utara, hampir semua bagian labu kuning bisa dimanfaatkan. Berikut manfaat labu kuning untuk kesehatan.
5 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan
Buah manggis merupakan buah yang dapat dimanfaatkan bagi dunia kesehatan maupun dunia kecantikan, mulai dari daging hingga kulitnya bermanfaat.
Berikut Ini 11 Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan
Kopi hitam tidak hanya nikmati untuk dikonsumsi, tapi juga memliliki sejumlah manfaat bagi kesehatan manusai. Salah satunya menjaga organ hati.
0
Cara Aman Konsumsi Garam bagi Penderita Kolesterol Tinggi
Orang yang mengidap kadar kolesterol tinggi harus membatasi asupan garam demi kesehatan tubuh Anda. Berikut cara mengkonsumsinya.