Ragam Kesalahan Saat Menyimpan Dana Pensiun

Kebanyakan orang akan mulai investasi untuk masa pensiun di saat mereka telah memiliki beberapa aset dan keuangan yang cukup banyak.
Hari Tua (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Kebanyakan orang akan mulai investasi untuk masa pensiun di saat mereka telah memiliki beberapa aset dan keuangan yang cukup banyak.

Hal ini ternyata adalah sebuah kesalahan besar yang harus dihindari. Menabung lebih awal akan membuat Anda mendapatkan beberapa tahun bunga majemuk yang telah dimulai lebih awal.

Semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk menghemat uang, semakin banyak pula bunga majemuk yang bisa meningkatkan tabungan Anda.

Berikut adalah kesalahan saat Anda menyimpan dana pensiun.


Anda ‘memulainya’ saat usia 20-an

Kebanyakan orang di usia ini tidak akan berfokus pada penghematan untuk pensiun karena mereka bertekad untuk melunasi pinjaman mahasiswa dan memulai keluarga terlebih dahulu. Meskipun tentu prioritas itu juga penting, menabung untuk pensiun sedini mungkin tetap tidak kalah penting.


Memasuki Usia 30-an, ‘Masa Sibuk’ Anda

Kesalahan tabungan pensiun terbesar yang dilakukan oleh orang-orang berusia 30-an biasanya hanya sedikit uang yang berusaha dikontribusikan orang untuk masa pensiunnya. Saat memasuki usia 30-an, cobalah untuk menjadi disiplin dalam menyisihkan 10-20% pendapatan Anda untuk masa pensiun.


Anda Mulai ‘Serius’ Saat Memasuki Usia 40 dan 50

Orang-orang berusia 40-an dan 50-an yang menyadari bahwa dirinya telah terlambat jika memulainya sekarang akan mencoba mengambil jalan pintas dan menginvestasikan kepada instrumen investasi yang bersifat agresif untuk menebus waktu-waktu sebelumnya. Tapi seiring bertambahnya usia, Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk memperbaiki kekalahan yang mungkin terjadi.

Nah, itulah tadi kesalahan menabung untuk dana pensiun yang seringkali dilakukan banyak orang mulai dari usia 20-an hingga usia pensiun 60-an. Tentunya setiap fase memiliki kesempatan yang berbeda untuk mendapatkan pensiun yang lebih indah.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Tips Menyiapkan Dana Pensiun dari Aline Wiratmaja
Untuk tercapainya dana pensiun sedini mungkin Anda harus menyisihkan uang secara berkala setiap bulan.
Valentino Rossi Menyesali Keputusannya Untuk Pensiun
Legenda balap sepeda motor Valentino Rossi, yang menyelesaikan MotoGP terakhirnya setelah 26 tahun pada Minggu, 14 November 2021
5 Tips Menyiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin
Porsi ideal dana pensiun yang disiapkan adalah jumlah biaya hidup dalam sebulan dikali dengan estimasi umur hidup.
0
Ragam Kesalahan Saat Menyimpan Dana Pensiun
Kebanyakan orang akan mulai investasi untuk masa pensiun di saat mereka telah memiliki beberapa aset dan keuangan yang cukup banyak.