Ide Bisnis Ini Cocok di Masa Pensiun

Masa pensiun sangat identik dengan kegiatan santai dirumah tanpa perlu pergi ke kantor setiap harinya.
Bisnis yang sesuai di masa pensiun (Foto: Tagar/Freepik/Jcomp)

Jakarta – Semua bidang pekerjaan pasti menetapkan batas usia pensiun bagi pegawainya. Masa pensiun sangat identik dengan kegiatan santai dirumah tanpa perlu pergi ke kantor setiap harinya. Namun tidak semua pegawai senang saat memasuki usia pensiun.

Masa pensiun menjadi momok yang menakutkan khususnya untuk seseorang yang tidak mempersiapkan diri ketika sudah bebas tugas dari pekerjaannya. Masa pensiun memang menyenangkan berkumpul bersama keluarga dan cucu, sebelum benar-benar pensiun pastikan Anda sudah memiliki rencana ke depannya.

Ketika sudah tidak mendapat gaji setiap bulannya, ada baiknya Anda mulai membuka bisnis kecil untuk memenuhi kebutuhan harian. Pastikan memilih jenis bisnis yang tepat dan sesuai dengan minat Anda, agar bisnis menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Berikut ini rekomendasi bisnis yang dapat dilakukan saat masa pensiun.


Tekuni Agrobisnis

Saat pensiun beberapa orang memilih pulang ke kampung halamannya. Anda bisa mulai agrobisnis dengan menyewa atau membeli lahan dengan dana pensiun. Jika anda masih punya lahan di kampung, Anda bisa berhemat karena tidak perlu membeli lahan. Lahan tadi bisa Anda gunakan untuk pertanian atau perkebunan, yang ditanami sayuran, buah, bunga, tanaman obat dan sebagainya.


Sedia Kos-kosan

Bisnis ini memerlukan modal yang lumayan besar kalau Anda tidak punya lahan, Anda harus membeli sebidang tanah untuk membangun kos-kosan untuk disewakan. Pastikan memilih lokasi yang strategis, karena hal ini sangat menentukan kesuksesan bisnis properti yang satu ini. Contoh lokasi bisnis kos-kosan biasanya di area kampus, sekolah, perkantoran, atau tempat wisata.


Bisnis Kue dan Roti

Anda punya keahlian atau hobi membuat kue dan roti. Ada baiknya membuka toko kue sederhana saat masa pensiun juga bisa jadi pertimbangan. Kegiatan ini pasti akan menyenangkan, jika sejak awal Anda hobi membuat kue dan roti. 

Carilah lokasi bisnis yang strategis misalnya di perumahan, area kantor, dan di tempat yang ramai lalu lalang. Jangan lupa untuk membuat berbagai kue yang enak dan disukai banyak orang, sehingga bisnis ini bisa berjalan dengan lancar. Buatlah berbagai jenis kue dan roti sesuai pesanan, atau Anda bisa berkreasi agar menjadi keunikan toko Anda.


Bisnis Online

Bisnis online jadi salah satu jenis usaha yang paling simpel dan cocok untuk dijalankan siapa saja, termasuk Anda yang masuk usia pensiun. Bisnis online bisa dijalankan dengan menjual barang yang diproduksi sendiri atau menjadi reseller. 

Bisnis online bisa dijalankan dengan modal yang terbatas dan juga jaringan internet. Jangan salah, keuntungan yang didapat bisnis online juga tidak kalah dengan gaji kantor setiap bulan.


Membuka Laundry

Kalau Anda tinggal di perumahan padat penduduk, salah satu jenis bisnis yang sesuai untuk mengisi masa pensiun adalah bisnis laundry. Bisnis ini dapat dilakukan dengan modal yang terjangkau, Anda hanya perlu beberapa mesin cuci dan setrika. 

Jika Anda merasa tidak dapat melakukannya, Anda bisa mempekerjakan karyawan untuk menjalankan bisnis ini. Selain daerah perumahan, lokasi strategi lain untuk bisnis ini di sekitar kampus, kos-kosan, dan dekat jalan raya.

Memulai bisnis ketika masa pensiun bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Mengingat masih ada berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Hindari untuk memilih bisnis yang sulit, apalagi yang tidak dipahami dengan baik. Pilih bisnis yang simpel dan sesuai minat, sehingga Anda lebih mudah untuk menjalankannya dan menghasilkan uang.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa
Kamu dapat membuat bisnis online apa pun yang dapat Kamu pikirkan, selama Kamu memahami keterampilan dirimu
Punya Lahan di Pegunungan? Ini Ide yang Cocok untuk Bisnis
Kalau anda punya dana lebih dan punya lahan usaha. Anda bisa membuat perkebunan kecil-kecilan.
Inilah 5 Ide Bisnis Modal di Bawah Rp 20 Juta
Jika anda masih bingung, inilah rekomendasi ide bisnis dengan modal dibawah 20 juta.
0
Ide Bisnis Ini Cocok di Masa Pensiun
Masa pensiun sangat identik dengan kegiatan santai dirumah tanpa perlu pergi ke kantor setiap harinya.