5 Tips Saat Ingin Gunakan Asuransi Pensiun

Mari simak, 5 hal yang harus Anda pikirkan saat ingin menggunakan asuransi pensiun pada saat tua nanti.
Ilustrasi asuransi kesehatan (Foto:Tagar/Pexels)

Jakarta - Saat tua nanti Setiap orang tentu membutuhkan perlindungan hingga berakhir masa jabatan pekerjaan sesuai umur tertentu. Untuk itulah Anda membutuhkan jaminan khusus berupa tabungan untuk perlindungan di hari tua, yaitu asuransi pensiun.

Mari simak, 5 hal yang harus Anda pikirkan saat ingin menggunakan asuransi pensiun pada saat tua nanti.


1. Mengenal Lebih Dekat Tentang Asuransi Pensiun

Asuransi pensiun merupakan jenis asuransi yang menanggung nasabah yang sudah memasuki usia tidak produktif untuk bekerja. Rentang kira-kira untuk seseorang yang berhak menerima asuransi ini mulai dari usia 60 sampai 70 tahun.

Jenis asuransi ini diberikan secara langsung kepada anggota keluarga yang ditinggalkan jika penerima manfaat meninggal dunia. Tidak hanya itu, asuransi dana pensiun juga bisa digunakan sebagai tabungan dalam jangka panjang supaya tidak menanggung hal-hal finansial setelah menghabiskan masa kerja.


2. Kenapa Harus Pilih Asuransi Dana Pensiun?

Bagi setiap orang, tentu menentukan waktu untuk mengakhiri pekerjaan atau menghadapi kematian merupakan sesuatu yang tidak bisa dipastikan. Lagipula, kondisi keuangan juga belum tentu dapat bertahan secara stabil dalam menanggung kebutuhan keluarga selama beberapa tahun kemudian.

Untuk itu Anda juga harus memiliki tabungan simpanan yang dapat digunakan sebagai persiapan bagi Anda dan keluarga untuk menghindari defisit finansial yang drastis. Lalu, apa saja manfaat dari asuransi pensiun?


3. Terlindungi dari Kesulitan Finansial

Menurut data statistik, 90 persen karyawan di Indonesia menyatakan tidak siap untuk menghadapi masa pensiun secara finansial. Kenapa? Sebagian besar karyawan di Indonesia membutuhkan kira-kira 70% simpanan pensiun dari gaji terakhir mereka. Akan tetapi, belum semua memiliki simpanan sebanyak itu.

Ternyata, tidak semua orang memiliki jaminan pensiun di tempat mereka bekerja dengan persentase sebanyak 98 persen dari kantor tempat mereka bekerja. Apakah Anda salah satunya?

Jika melihat data seperti demikian, Anda butuh tabungan yang sudah dipersiapkan selama beberapa tahun ke depan. Asuransi pensiun adalah salah satu solusi yang melindungi kamu dari kesulitan finansial di hari tua.


4. Santunan Risiko Cacat dan Meninggal Dunia

Manfaat jaminan hari tua ini juga bisa melindungi risiko yang berkaitan dengan kesehatan seperti cacat permanen akibat kecelakaan bahkan meninggal dunia. Tahukah Anda semakin tua usia, risiko mengalami penyakit kritis semakin terdeteksi? Maka dari itu, Anda tentu membutuhkan perlindungan finansial lebih awal sebagai antisipasi dalam jangka panjang.

Untuk itulah Anda juga harus membutuhkan simpanan uang untuk memberikan perlindungan terhadap biaya rumah sakit dalam berbagai macam perawatan. Pada asuransi dana pensiun, santunan ini biasanya diberikan oleh perusahaan dengan jaminan asuransi yang sudah dipercaya.

Oleh karena itu, pastikan juga perusahaan Anda telah memiliki perlindungan jaminan pensiun dengan berbagai manfaat yang sesuai dengan kebutuhan finansial Anda.


5. Investasi Terbaik untuk Bekal di Hari Tua

Hal yang perlu Anda tahu adalah Asuransi Dana Pensiun dibagi ke dalam rekening tabungan terpisah antara rekening perusahaan dan rekening asuransi dana pensiun.

Jika Anda berniat untuk berinvestasi sebagai tabungan jangka panjang, pilihan asuransi ini merupakan pilihan yang tepat. Anda juga bisa melakukan investasi ini melalui asuransi jiwa unit link yang berfungsi dalam dua hal yang berbeda, baik untuk investasi maupun melindungi finansial dalam berbagai macam risiko kritis.

Itulah sekilas informasi mengenai asuransi dana pensiun yang sangat direkomendasikan untuk Anda. Segera rencanakan tabungan jangka panjang Anda dari sekarang sebelum terlambat demi kebutuhan finansial yang lebih baik dan tentunya lebih siaga.[]


(Farhan Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Apa Aja Sih Manfaat Asuransi Mobil? Yuk Simak di Sini
Dengan proteksi ini, perusahaan asuransi akan melindungi kendaraan apabila mengalami kerusakan atau hilang dalam jangka waktu setahun.
Tips Cermat Berasuransi Agar Tak Rugi dari Cindy Xie dan Lolita Setyawati
Stigma orang-orang terhadap asuransi masih sangat rendah atau masih belum mengetahui tentang apa itu asuransi.
Pahami Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan
Namun untuk tabungan modal yang disetor setiap bulan sama dan tidak akan berkurang serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
0
5 Tips Saat Ingin Gunakan Asuransi Pensiun
Mari simak, 5 hal yang harus Anda pikirkan saat ingin menggunakan asuransi pensiun pada saat tua nanti.