UNTUK INDONESIA
Radja Nainggolan Tak Ingin Istrinya Terkena Covid-19
Gelandang Cagliari Radja Nainggolan mengaku takut dirinya terpapar Covid-19 dan kemudian menularkannya ke istri yang mengidap kanker.
Gelandang Cagliari Radja Nainggolan mengaku takut dirinya terpapar Covid-19 dan kemudian menularkannya ke istri yang mengidap kanker. Ini yang membuat dia waspada dengan virus corona. (Foto: thesun.co.uk)

Jakarta - Gelandang Cagliari Radja Nainggolan mengaku takut dirinya terpapar Covid-19 dan kemudian menularkannya ke istri. Pasalnya penularan virus itu memang cukup mudah dan istrinya, Claudia Nainggolan, saat ini mengidap kanker. 

Nainggolan memberi perhatian kepada Covid-19 yang begitu mudah menyebar. Bahkan di Italia pandemi itu membuat ribuan orang meninggal. 

Wabah itu membuat semua event olahraga termasuk sepak bola dihentikan. Pemerintah Italia juga memerintahkan warga untuk tetap tinggal di rumah. Sementara, klub-klub melakukan karantina terhadap pemain dan pelatih. Apalagi, sejumlah pemain mulai terinfeksi virus corona

Jadi saya harus hati-hati dan sejauh ini semua berjalan baik-baik saja. Dia juga menghindari ke rumah sakit untuk sementara waktu

Nainggolan sendiri terakhir kali bertanding bersama Cagliari saat menghadapi eks klubnya, AS Roma, Senin, 2 Maret 2020 dini hari WIB. Mereka kalah 3-4 dan tertahan di peringkat 12 dengan poin 32. Ini menjadi laga terakhir Cagliari dan juga Serie A Italia yang kemudian dihentikan karena pandemi Covid-19.   

Mewabahnya virus itu membuat Nainggolan waswas. Bukan persoalan dirinya tetapi Claudia, istrinya, yang mengidap kanker dan masih menjalani kemoterapi. Pasalnya, mereka yang mengidap penyakit serius memang memiliki risiko tinggi bila terkena virus corona karena kekebalan tubuhnya tidak kuat.   

"Virus corona merupakan masalah besar. Kami lebih banyak membicarakan soal itu," kata Nainggolan lewat akun Instagram yang dikutip Football Italia

"Kami berupaya menghindari rumah sakit dan mengurangi melakukan terapi. Kami hanya semua ini segera berlalu karena sistem kekebalan dia (Claudia) masih lemah," ujarnya. 

Gelandang pinjaman dari Inter Milan ini mengaku sangat berhati-hati. Terutama bila dirinya terpaksa keluar rumah untuk belanja atau melakukan kegiatan penting. Nainggolan khawatir bila dirinya terinfeksi dan kemudian menularkannya kepada istrinya. 

"Sekarang ini, bila pergi belanja, saya menjadi waswas karena bisa saja saya tertular virus. Saat pulang saya kemudian menulari istri saya," ujarnya. 

"Jadi saya harus hati-hati dan sejauh ini semua berjalan baik-baik saja. Dia juga menghindari ke rumah sakit untuk sementara waktu. Lebih baik dia masuk daftar tunggu sehingga bisa ditentukan kapan dia ke rumah sakit," ucap kapten Cagliari ini. 

Nainggolan juga menambahkan bila selama ini sepak bola tak lebih sebagai hobi bagi dia. Bagi pemain berdarah Batak tetapi memilih membela tim nasional Belgia ini keluarga menjadi perhatian utama. Tidak hanya istri tetapi juga anak-anaknya, Aysha (8 tahun) dan Mailey (4 tahun).

Ini yang menjadikan dirinya memberi perhatian kepada istri saat dunia menghadapi virus corona. Bahkan saat pelatih Inter Antonio Conte menyatakan dirinya tak masuk rancangan tim, Nainggolan langsung meminta dipinjamkan ke Cagliari, klub yang pernah diperkuatnya selama 4 musim. 

Dari Cagliari, karier Nainggolan melesat sehingga bisa bergabung dengan Roma dan kemudian Inter. Di Cagliari pula, dia bertemu dengan Claudia. 

Nainggolan Kembali ke Cagliari Demi Istri

Nainggolan kemudian memutuskan kembali ke Cagliari yang merupakan tempat kelahiran istrinya saat Inter mencarikan klub untuk meminjamkannya. Menurut dia, Claudia bisa lebih dekat dengan keluarga dan teman-temannya saat memerangi kanker.       

"Sepak bola hanya hobi saja. Namun saya bisa menjadikannya sebagai pekerjaan. Saya juga berusaha untuk hidup normal seperti orang kebanyakan," kata Nainggolan. 

"Yang paling utama adalah keluarga dan pendidikan anak-anak. Saya tentu ingin menjadi teladan di lapangan, tetapi saya juga orang tua anak-anak yang butuh diajari oleh ayahnya," tutur dia. 

Pria berusia 31 ini menghabiskan karier di Italia. Dia mengawalinya di kub Serie B Piacenza dan kemudian bergabung dengan Cagliari. Semula dia dipinjamkan pada 2010 sebelum dipermanenkan oleh klub Serie A Italia itu. 

Kariernya kian bersinar saat bergabung di 2 klub besar, Roma dan Inter. Nainggolan tercatat 30 kali membela Belgia. Dirinya turut tampil di Piala Eropa 2016. Saat pelatih Belgia Roberto Martinez tak memanggilnya ke Piala Dunia 2018, Nainggolan memutuskan pensiun dari timnas. []

Berita terkait
Inter Vs Cagliari, Gagal Tripoin Karena Nainggolan
Inter Milan gagal menang setelah ditahan Cagliari 1-1 di Serie A Italia. Ironisnya, kemenangan Inter digagalkan eks pemainnya, Radja Nainggolan.
Radja Nainggolan Loloskan Inter ke Liga Champions
Inter Milan memastikan lolos ke Liga Champions usai mengalahkan Empoli 2-1 di laga terakhir Serie A Italia, Senin dini hari WIB.
Menangkan Inter, Radja Nainggolan Fokus Lawan Roma
Gelandang Radja Nainggolan dipuji pelatih Luciano Spalletti usai membawa Internazionale mengalahkan Frosinone.
0
Pidana Mati Korupsi Dana Covid-19, PPP: Komisi III Oke
Arsul Sani: Pidana hukuman mati itu harus diberikan kepada para pelaku yang mencuri dana penanggulangan Covid-19 dengan nilai yang begitu besar.