UNTUK INDONESIA
Radiasi Iphone 11 Pro Berbahaya Bagi Pengguna Ponsel
Penelitian terbaru menyebut radiasi yang dipancarkan iPhone 11 Pro melebihi batas aman. Dianggap berbahaya bagi pengguna ponsel.
Pengguna ponsel menghabiskan waktunya bermain ponsel di tempat tidur. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Penelitian terbaru Penumbra Brand menunjukkan bahwa radiasi yang dipancarkan iPhone 11 Pro melebihi batas aman Federal Communications Commision (FCC) di Amerika Serikat (AS). Tingkat radiasi RF (Radio Frequency) smartphone canggih ini berbahaya bagi penggunanya.

"Pengguna ponsel harus khawatir tentang paparan radiasi RF. Dari hasil riset, iPhone 11 Pro berpotensi memaparkan radiasi kepada orang-orang lebih dari dua kali lipat batas aman FCC," jelas CTO Penumbra Brands Ryan McCaughey, dikutip dari laman BGR.com, Jumat, 7 Februari 2020.

Mengubah kebiasaan menggunakan iPhone 11 Pro untuk menghindari dampak buruk yang diakibatkan dari paparan RF.

Hal senada juga diungkapkan riset RF Exposure Lab, yang membuktikan bahwa radiasi yang dipancarkan iPhone 11 Pro dua kali lebih besar dari batas keamanan yang dikeluarkan FCC.

Baca juga: Bahaya yang Mengancam Pakai Perangkat Teknologi Nirkabel

Proses pengujian dilakukan dengan meletekan iPhone 11 Pro didekat manekin yang berjarak kurang lebih 5 mm. Laboratorium kemudian mengamati bahwa paparan radiasi jauh melebihi batas yang ditetapkan. Radiasi dianggap berbahaya bila ponsel diletakkan pada saku pengguna.

"Konsumen harus mengubah kebiasaan menggunakan iPhone 11 Pro untuk menghindari dampak buruk yang diakibatkan dari paparan RF yang berlebihan," ujar Ryan.

World Healt Organization (WHO) menyatakan bahwa radiasi ponsel cerdas tidak akan menyebabkan manusia sakit parah, namun hal tersebut perlu menjadi perhatian mengingat semakin cepatnya ekspansi ponsel di seluruh dunia. Saat ini, penelitian terus dikembangkan untuk penyelidikan korelasi antara radiasi yang yang dipancarkan dengan pembentukan tumor otak kanker.

Berdasarkan skala Specific Absorption Rate (SAR), ponsel akan semakin aman jika skala SAR-nya semakin kecil. SAR merupakan satuan ukuran jumlah energi frekuensi radio yang diserap tubuh saat menggunakan telepon seluler. Uni Eropa menetapkan batas aman SAR adalah 2W/kg, sementara penelitian menunjukkan bahwa iPhone 11 Pro memiliki tingkat SAR mencapai 4W/kg melewati batas aman FCC yakni sekitar 1,6W/kg. []

Berita terkait
Cara Cek Tagihan Listrik PLN Online Pakai Smartphone
Untuk mengetahui tagihan listrik harus sekaligus membayar di bank atau jasa pembayaran PLN lain, kini sudah ada cara lain.
Mengenal Sejarah Handphone Pertama di Dunia dan Perkembangannya
Handphone pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper. Bagaimana perkembangannya?
Canggih! 2 Mobil Listrik Ini Bisa Jadi 'Genset' Dadakan
Mobil listrik canggih ini bisa digunakan untuk mengaliri listrik suatu tempat tinggal. Bisa jadi 'genset; dadakan.
0
Fadli Zon Sebut Ahok Anak Emas Jokowi, Kenapa?
Waketum Partai Gerindra Fadli Zon menilai Presiden Jokowi menganakemaskan Komisaris Utama Pertamina, Ahok. Kenapa?