UNTUK INDONESIA
Canggih! 2 Mobil Listrik Ini Bisa Jadi 'Genset' Dadakan
Mobil listrik canggih ini bisa digunakan untuk mengaliri listrik suatu tempat tinggal. Bisa jadi 'genset; dadakan.
Pengisian daya listrik pada Outlander PHEV. (Foto: Antara/HO)

Jakarta - Teknologi mobil listrik terus dikembangkan di dunia, termasuk Indonesia. Menariknya, ada mobil listrik yang bisa digunakan untuk menambah sumber daya di rumah. Ya, mobil jenis ini bisa mengaliri listrik suatu tempat tinggal.

Pemadaman listrik yang masih seringkali terjadi tentu tidak akan lagi menjadi kekhawatiran jika memiliki mobil listrik ini. Mobil-mobil yang bisa menjadi sumber tenaga listrik tersebut, di antaranya Nissan LEAF dan Mitsubishi Outlander PHEV.

Nissan LEAF 

Mobil berteknologi full electric vehicle (EV) ini bisa menjadi solusi saat listrik di rumah padam. Data dari nissan-global.com menyebutkan, mobil ini memiliki kapasitas baterai 40kWh dengan sistem vehicle to home (V2H). V2H merupakan sistem yang memungkinkan mobil memasok energi ke rumah sebagai sumber tenaga listrik.

Untuk menggunakan listrik dalam Nissan LEAF sebagai sumber tenaga di rumah, diperlukan ubahan listrik tegangan tinggi DC ke AC 200V. Sedangkan, untuk mengisi baterai ke mobil perlu untuk mengubah listrik AC 200V menjadi daya tegangan tinggi DC.

Agar berfungsi baik, diperlukan pemasangan PCS (Power Control System) yang terhubung ke papan distribusi rumah tangga, selagi dicolokkan ke port pengisian mobil berarus DC. PCS menangani konversi listrik dan mengontrol jumlah catu daya.

Mobil Listrik NissanMobil listrik Nissan LEAF digunakan untuk Final Liga Champions 2019. (Foto: Antara/Nissan)

Mitsubishi Outlander PHEV

Tak hanya Nissan LEAF, mobil listrik lain yang dapat menjadi pemasok listrik rumahan adalah Mitsubishi Outlander PHEV. Mobil berteknologi plug-in hybrid ini dibekali baterai berkapasitas 13,8kWH bertegangan 300 Volt dengan output AC 1500 Watt serta arus DC sebesar 10000 Watt.

Untuk menjadikan Outlander PHEV sumber listrik di rumah, diperlukan penambahan adaptor khusus untuk mengalirkan arus DC dari mobil ini.

GIIAS 2019Mitsubishi mengenalkan mobil ramah lingkungannya Outlander PHEV. (Foto: Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

Baca juga: 

Berita terkait
0
Mahfud MD Jadi Menko Polhukam, Meleset dari Survei
Mahfud MD menjadi Menko Polhukam di Kabinet Jokowi. Sebelumnya, survei menunjuk ia figur tepat menjadi jaksa agung.