PWNU Jateng: Hoaks Covid-19 Pengaruhi Cara Pikir Masyarakat

Perwakilan (PWNU) Jawa Tengah, Musahadi, mengatakan pandemi Covid-19 akan lebih mudah jika atasi secara bersama-sama.
PWNU Jawa Tengah. (Foto: Tagar/nu.or.id)

Jakarta - Perwakilan Pengurus Wilayah Nadlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, Musahadi, mengatakan pandemi Covid-19 akan lebih mudah jika atasi secara bersama-sama.

Masalahnya, menurut dia, musuh saat pandemi bukan hanya Covid-19 melainkan kelompok masyarakat yang yang masih belum percaya bahaya Covid-19. Ironisnya, kelompok itu turut menyebearkan ketidakpercayaannya kepada publik.

"Kita medan pertempurannya dan perang wacananya di media sosial. Hoaks soal Corona ini amat berpengaruh terhadap cara pikir masyarakat, apalagi di desa yang jauh dari sumber informasi," kata dia dalam dialog virtual bersama Menko Polhukam Mahfud MD, Sabtu, 31 Juli 2021.


Soal Bansos, problem formal yang bikin tidak tersalurkan harus diurai. Ajak tokoh masyarakat dan agama menyalurkan. Agar ada trust. Agar administrasi tetap bisa dilakukan tanpa melanggar.


"Pemerintah saya kira kurang perhatian dengan hoaks, provokasi di media sosial yang amat merusak ini,” kata dia," katanya.

Dia menjelaskan, masyarakat yang terpengaruh provokasi menjadi kelompok yang kurang beruntung saat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang saat ini sedang berlangsung. Maka itu, kata dia, harus ada pendekatan budaya kepada kelompok masyarakat dengan melakukan pendekatan personal kepada korban hoaks.

"Soal Bansos, problem formal yang bikin tidak tersalurkan harus diurai. Ajak tokoh masyarakat dan agama menyalurkan. Agar ada trust. Agar administrasi tetap bisa dilakukan tanpa melanggar," katanya. []

Baca Juga: Ketua PWNU Banten Kecam Pernyataan Presiden Prancis

Berita terkait
PWNU Jatim: Nur Sugi Tidak Punya Ilmu, Dia Bukan Ustaz
Khatib Syuriah PWNU Jatim sosok ustaz menyampaikan dan menyebarkan sesuai ajaran Nabi Muhammad. Bukan mengajak ujaran kebencian.
Gus Nur Ditangkap di Malang, PWNU Jatim: Tindak Tegas
Khatib Syuriah PWNU Jatim mengapresiasi polisi yang sigap memproses hukum terhadap Gus Nur yang dianggap telah melecehkan Nahdlatul Ulama.
PWNU Banten Minta Usut Penusukan Syekh Ali Jaber
PWNU Provinsi Banten menanggapi serius kasus penusukan yang menimpa pendakwah Syekh Ali Jaber di Lampung.
0
PWNU Jateng: Hoaks Covid-19 Pengaruhi Cara Pikir Masyarakat
Perwakilan (PWNU) Jawa Tengah, Musahadi, mengatakan pandemi Covid-19 akan lebih mudah jika atasi secara bersama-sama.