UNTUK INDONESIA

Puting Beliung, 2 Warga Demak Tertimpa Reruntuhan Rumah

Ratusan rumah di Demak rusak diterjang angin puting beliung. Dua warga terluka tertimpa reruntuhan rumah dan opname di rumah sakit.
Rumah warga Demak rusak usai diterjang puting beliung. Dua orang terluka tertimpa reruntuhan rumah dan harus opname di rumah sakit. (Foto: Tagar/Istimewa)

Demak - Dua warga Kecamatan Sayung, Demak, Jawa Tengah, terluka tertimpa reruntuhan rumah saat puting beliung menerjang desanya, Jumat, 26 Februari 2021. Keduanya kini opname di rumah sakit.

Kepala Seksi Logistik dan Penanganan Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak, Suprapto menyebutkan kedua korban merupakan warga Desa Gemulak dan Sidogemah, Kecamatan Sayung.

"Keduanya mengalami luka berat. Warga Gemulak kini opname di RS Pelita Anugerah Mranggen. Sedangkan warga Sidogemah kini opname di RSUD Sunan Kalijaga," jelasnya saat dihubungi tadi malam.

Suprapto menuturkan terjangan angin puting beliung setidaknya merusak 328 rumah warga, tiga musala, satu madrasah, enam toko dan satu bengkel. Ratusan bangunan itu tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Dempet, Karangtengah dan Kecamatan Sayung.

"Kerusakan paling parah di Kecamatan Sayung. Ada tiga desa di sana yang terdampak puting beliung, yakni Desa Gemulak, Bedono dan Sidogemah," ungkapnya.

Selalu waspada saat terjadi hujan disertai angin kencang.

Di Kecamatan Sayung tercatat ada 273 rumah warga, enam toko, satu musala dan satu bengkel yang rusak. Dan 42 bangunan di antaranya mengalami kerusakan kategori berat hingga roboh.

Masih di Kecamatan Sayung, Desa Gemulak merupakan wilayah yang paling terdampak. Di mana 170 rumah warga, enam toko, satu musala dan satu bengkel dilaporkan rusak.

"Paling parah di Desa Gemulak. Di Desa Bedono ada 17 rumah dan satu musala yang rusak. Kalau di Desa Sidogemah ada 50 rumah dilaporkan mengalami kerusakan," imbuhnya.

Sementara itu, puting beliung di Desa Brakas, Kecamatan Dempet menyebabkan 14 rumah rusak, satu di antaranya rusak berat.

Sedangkan di Kecamatan Karangtengah, terdata ada 21 rumah dan satu musala di Desa Watu yang rusak. Lalu di Desa Wonokerto ada 56 rumah.

"Di Desa Wonokerto infonya telah didirikan dapur umum yang menyiapkan makanan siap santap bagi korban puting beliung. Dapur umum ini dari pemerintah desa setempat," tuturnya.

Baca juga: 

Menindaklanjuti kejadian puting beliung yang menerjang Kabupaten Demak dalam beberapa hari ini, Suprapto mengimbau warga untuk senantiasa waspada terhadap cuaca ekstrem dan potensi bencana yang ditimbulkannya. 

"Selalu waspada saat terjadi hujan disertai angin kencang. Utamanya bagi warga yang rumahnya semi permanen dan warga yang atap rumahnya tinggi," pesannya. [] 

Berita terkait
Puting Beliung Kembali Terjang Demak, Ratusan Rumah Rusak
Puting beliung kembali menerjan wilayah Demak. Ratusan rumah warga di tiga kecamatan mengalami kerusakan.
Puting Beliung Terjang Demak, Warga Karangsongo Mengungsi
Puluhan warga Karangsongo Demak mengungsi ke TK Mekar Sari 2 setelah rumahnya rusak berat diterjang angin puting beliung.
Puting Beliung Terjang 2 Desa di Jepara, 8 Rumah Rusak
Angin puting beliung menerjang dua desa di Kecamatan Donorojo, Jepara. Delapan rumah warga mengalami kerusakan.
0
Puting Beliung, 2 Warga Demak Tertimpa Reruntuhan Rumah
Ratusan rumah di Demak rusak diterjang angin puting beliung. Dua warga terluka tertimpa reruntuhan rumah dan opname di rumah sakit.