Puluhan Rumah di Bengkulu Rusak Diterjang Banjir Bandang

Puluhan rumah di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu rusak diterjang banjir bandang.
Kondisi rumah warga yang diterjang banjir bandang di Seluma, Bengkulu. (Foto: Tagar/Dok.warga/Antara)

Bengkulu - Sebanyak 37 unit rumah warga Desa Air Keruh, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, rusak diterjang banjir bandang. Selain itu, sebanyak 133 jiwa terpaksa mengungsi akibat bencana alam yang terjadi pada Senin, 5 Oktober 2020 malam.

Lima rumah terseret arus dan hancur. Tidak ada korban jiwa karena saat banjir terjadi.

Kepala Desa Air Keruh Mujiono mengatakan, dari 37 rumah tersebut, 18 rumah di antaranya rusak parah dan selebihnya rusak sedang hingga ringan.

"Lima rumah terseret arus dan hancur. Tidak ada korban jiwa karena saat banjir terjadi, warga sudah berlari keluar rumah," katanya dilansir dari Antara, Selasa, Oktober 2020.

Selain merusak rumah, banjir bandang juga menghancurkan dua jembatan gantung yang menghubungkan Desa Air Keruh ke beberapa desa tetangga. Informasinya, jembatan tersebut menjadi akses satu-satunya yang dilalui anak-anak desa untuk pergi ke sekolah.

"Diperkirakan seluruh dokumen di kantor desa itu rusak dan beberapa peralatan kantor seperti laptop terendam semua," katanya.

Menurut Mujiono, banjir bandang ini terjadi akibat meluapnya aliran sungai Air Keruh setelah diguyur hujan deras sejak Senin malam. []



Berita terkait
Dua Gempa di Bengkulu, BMKG: 6.9 dan 6.8 Magnitudo
Dua gempa berkekuatan 6.9 dan 6.8 Magnitudo mengguncang di sebelah Barat Daya Bengkulu Utara secara berturut-turut pada Rabu pagi, 19 Agustus 2020.
Bara JP Bengkulu: Isu Reshuffle untuk Ganggu Jokowi
Bara JP Bengkulu menduga ada pihak-pihak yang sengaja menyuarakan isu reshuffle Kabinet Indonesia Kerja agar konsentrasi Jokowi terganggu.
Padang Diguncang Gempa 5,7 Magnitudo dari Bengkulu
Gempa bumi tektonik mengguncang Muko-muko, Bengkulu. Getarannya terasa kuat hingga sejumlah daerah di Sumatera Barat.
0
Polri: Pesepeda Keluar Jalur Khusus, Denda Rp 100 Ribu Menanti
Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, akan memberlakukan tilang kepada pesepeda yang keluar jalur di jalan yang terdapat road bike.