Bara JP Bengkulu: Isu Reshuffle untuk Ganggu Jokowi

Bara JP Bengkulu menduga ada pihak-pihak yang sengaja menyuarakan isu reshuffle Kabinet Indonesia Kerja agar konsentrasi Jokowi terganggu.
Ketua DPD Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Bengkulu, David bersama Ketua Umum Bara JP Viktor S. Sirait

Jakarta - Ketua DPD Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Bengkulu, David menduga ada pihak-pihak yang semakin gencar menyuarakan isu reshuffle Kabinet Indonesia Kerja di pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Dia mengatakan, melalui desakan reshuffle tersebut ada pihak-pihak yang ingin mengganggu konsentrasi Jokowi dalam memimpin negara Indonesia. Tidak hanya itu, isu perombakan kabinet juga bertujuan mengguncang stabilitas ekonomi dan keamanan.

Kita harus bersama-sama menjaga stabilitas politik di tengah pandemi Covid-19 yang hingga kini masih menjadi ancaman bagi ekonomi negeri ini

"Kita harus bersama-sama menjaga stabilitas politik di tengah pandemi Covid-19 yang hingga kini masih menjadi ancaman bagi ekonomi negeri ini," katanya, Sabtu, 11 Juli 2020.

David menegaskan, sistem bongkar pasang di kabinet merupakan wewenang Jokowi. Kendati demikian, dia berharap pemerintah tetap fokus dalam menghadapi pandemi yang sangat berdampak kepada masyarakat kecil.

"Jelas, penunjukan menteri adalah wewenang Bapak Presiden Jokowi dan itu tidak bisa di intervensi. Sebagai contoh di daerah kami, di sini ada PTPN 7 Unit Usaha Padang Pelawi dan ada BUMN lain. Kami berharap pemerintah fokus membenahi sektor hulu hingga hilir agar masyarakat kecil merasakan perbaikan ekonomi," ujarnya.

Dia berpendapat, dalam situasi mewabahnya pandemi Covid-19, persoalan ini harusnya menjadi prioritas utama bagi elit politik dan kabinet kerja agar perekonomian masyarakat kembali bergairah.

"Penanganan Covid-19 lebih prioritas untuk bangsa ini, agar pekerja harian seperti buruh, petani, dan nelayan ekonominya bangkit dari keterpurukan," ucapnya.

Tak hanya itu, David juga mengapresiasi sikap tegas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam melakukan perombakan di sejumlah perusahaan pelat merah.

"Langkah melakukan perombakan di sejumlah perusahaan BUMN adalah hal yang sangat berani, dan saya mengapresiasi dan mendukung perombakan itu," kata dia.

Dia berpandangan, ke depan kinerja anak perusahaan BUMN harus dievaluasi secara menyeluruh sehingga dapat menguntungkan negara.

"Untuk apa memiliki perusahaan kalau setiap tahun laporannya merugi, rombak semua dan audit menyeluruh," ujar Ketua DPD Bara JP Bengkulu, David. []

Baca juga: Bara JP Jateng Dukung Erick Thohir Bersihkan BUMN

Baca juga: Ancaman Reshuffle Berkaitan dengan Penolakan RUU HIP

Berita terkait
Bara JP: Ekonomi Sedang Rumit, Peran BUMN Sangat Penting
Di tengah situasi sulit akibat pandemi Covid-19, peran BUMN sangat penting sebagai katalisator dan integrator untuk pertumbuhan ekonomi.
Bara JP Jabar Setuju Jokowi Reshuffle Kabinet
Menanggapi isu reshuffle kabine, Bara JP Jabar, berharap wacana tersebut direalisasikan oleh Presiden Jokowi segera
Bara JP: Ekonomi dan Pandemi Covid-19 Persoalan Utama Bangsa
Bara JP mengatakan persoalan utama bangsa saat ini adalah perekonomian yang semakin sulit dampak pandemi Covid-19. dibutuhkan soliditas pemerintah.
0
Mendagri: Belanja Pemerintah Tulang Punggung Pertumbuhan Ekonomi
Mendagri mengatakan, belanja pemerintah baik pusat maupun daerah merupakan tulang punggung utama bagi pertumbuhan ekonomi nasional.