UNTUK INDONESIA
Pulang dari Zona Merah, 1 Warga Samosir ODP Covid-19
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Samosir, menetapkan seorang wanita sebagai ODP.
Kepala Dinas Kominfo/Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Samosir, Rohani Bakara. (Foto: Tagar/Fernando Sitanggang)

Samosir - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, menetapkan seorang wanita berusia 51 tahun sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas di Kabupaten Samosir, Rohani Bakara ketika dikonfirmasi Tagar pada Kamis, 30 April 2020.

"Benar, ada tambah satu ODP di Samosir, penduduk Kecamatan Pangururan berusia 51 tahun dan dipantau sejak 28 April 2020 lalu," jelas Rohani yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Samosir.

Yang bersangkutan belum dirapid tes. Tapi bila kondisinya semakin memburuk akan dirujuk ke rumah sakit

Hal ini juga diperkuat Kepala Dinas Kesehatan Samosir, dr Nimpan Karo-karo saat dihubungi secara terpisah.

"ODP dimaksud punya riwayat perjalanan datang dari Kota Medan dalam keadaan demam, batuk, dan pilek setelah tiba di Samosir," terangnya.

Nimpan Karo-karo mengatakan, saat ini ODP tersebut telah diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumahnya.

"Yang bersangkutan belum dirapid tes. Tapi bila kondisinya semakin memburuk akan dirujuk ke rumah sakit dan statusnya menjadi ODP memburuk dan rumah sakit akan menentukan status pasien tersebut selanjutnya," tukasnya.

Saat ini di Rumah Sakit Umum Daerah dr Hadrianus Sinaga memiliki persediaan alat rapid tes sekitar 50 buah piece setelah Dinas Kesehatan Samosir melakukan permintaan tambahan 20 alat tes cepat tersebut.[]

Berita terkait
Dugaan Hoaks, Direktur RSUD Samosir Diperiksa Polisi
Polres Samosir memeriksa Direktur RSUD dr Hadrianus Sinaga terkait informasi bohong status ODP 26 staf kejaksaan.
Pandemi Corona, 22 Narapidana Lapas Samosir Bebas
Lapas Kabupaten Samosir, membebasan 22 narapidana melalui program asimilasi dan integrasi untuk mencegah penyebaran Covid-19.
DPRD Samosir Minta Bupati Evaluasi Direktur RSUD
Komisi I DPRD Samosir meminta Bupati Rapidin Simbolon mengevaluasi Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Hadrianus Sinaga.
0
Pulang dari Zona Merah, 1 Warga Samosir ODP Covid-19
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Samosir, menetapkan seorang wanita sebagai ODP.