UNTUK INDONESIA
Pulang dari Makassar, Wanita di Ambon Positif Corona
Hasil rapid test, wanita berumur 74 tahun di Ambon positif terjangkit virus Corona setelah pulang dari kota Makassar.
Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang. (Foto: Tagar/ Muhammad Jaya)

Ambon - Pulang dari Makassar, seorang wanita berumur 74 tahun di Ambon, Maluku, positif terjangkit virus Corona berdasarkan hasil pemeriksaan menggunakan alat rapid test. Kini wanita itu, tengah dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit dr. Latumeten.

Wanita ini, sebelum melakukan perjalanan ke Makassar dan tiba di Kota Ambon, 14 Maret 2020. Meski sudah positif, namun tidak menunjukan gejala awal seperti terjangkit virus Corona.

Kami akan memunggu hasil Labkes juga.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang mengatakan, setelah menjalani pemeriksaan melalui alat rapid test, Senin 30 Maret 2020, hasilnya positif karena wanita ini selalu mengeluh lemas.

"Dokter tempat wanita itu berobat sarankan melakukan pemeriksaan gunakan alat rapit test, hasilnya terkonfirmasi posisif terjangkit virus Corona," ujar Kasrul, Sabtu 4 April 2020.

Kasrul mengatakan, meski dari hasil rapid test sudah positif, namun tetap menunggu hasil spesimen yang dikeluarkan Labkes DKI Jakarta.

Untuk itu, pasien tersebut tetap diberlakukan layak pasien postif. Dimana diisolasi pada ruangan yang sudah disediakan di RS dr. Latumeten, Ambon.

Kepala Dinas Kesehatan Maluku, dr. Meikyal Pontoh mengakui, keakuratan hasil rapid test hanya 80 persen, sehingga harus menunggu spesimen dari Labkes.

"Kalau hasil pemeriksaan spesimen dari Labkes, tingkat keakuratannya mencapai 93 persen. Dengan begitu, kami akan memunggu hasil Labkes juga," ujarnya. []

Berita terkait
Mantan Pramuria Ambon Tewas di Wisma Lokalisasi
Mantan pramuria di kota Ambon ditemukan meninggal dunia di bekas wisma lokalisasi yang sudah ditutup
77 Warga Binaan Lapas Ambon Dibebaskan
Antisipasi penyebaran virus Corona, Sebanyak 77 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon dibebaskan
Pasien Positif Terjangkit Corona di Ambon Sembuh
Pasien positif Virus Corona berinisial AA yang selama ini diisolasi di RSUD dr. Haulussy Ambon, dinyatakan sembuh.
0
Rintihan Ibu-ibu Tapteng yang Tak Kebagian Sembako
Diduga bantuan sembako untuk penanganan dampak Covid-2019 dari Pemkab Tapanuli Tengah tidak merata, puluhan ibu-ibu mendatangi kantor lurah.