UNTUK INDONESIA
PSS Vs PS Tira, Gagal Menang dan Saling Hibur Diri
PSS Sleman dan PS Tira Persikabo gagal menang setelah dua tim bermain imbang 0-0 di laga Shopee Liga 1 2020 di Maguwoharjo, Minggu, 8 Maret 2020.
PSS Sleman dan PS Tira Persikabo gagal menang setelah dua tim bermain imbang 0-0 di laga Shopee Liga 1 2020 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu, 8 Maret 2020. Tampak kiper PS Tira Dwi Kuswanto (33) melompat untuk menangkap bola di laga itu. (Foto: Tagar/Gonang Susatio)

Sleman - PSS Sleman dan PS Tira Persikabo gagal meraih kemenangan. Kedua tim bermain imbang 0-0 dalam duel Shopee Liga 1 2020 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu, 8 Maret 2020. Hasil mengecewakan itu membuat pelatih kedua tim berusaha menghibur diri sendiri bahwa pemain sudah berusaha maksimal. 

Tidak ada pilihan, 2 pelatih asing harus menghibur diri karena belum memberi hasil maksimal di 2 laga pertama Liga 1. Pelatih PSS Dejan Antonic menyebut tim bermain jauh lebih baik dibandingkan saat dikalahkan PSM Makassar 2-1 di laga perdana mereka. 

Antonic juga menjadikan dirinya yang baru bergabung empat hari sebagai alasan atas kegagalan PSS meraih tiga poin di kandang sendiri. Mantan pelatih Madura United ini menggantikan Eduardo Perez yang mengundurkan diri sebelum dimulainya kompetisi. 

Kami mendominasi pertandingan dan menciptakan banyak peluang. Tetapi tidak ada gol yang tercipta. Sementara, tidak ada satu pun tendangan dari PS Tira yang mengarah ke gawang kami

Praktis Antonic menangani tim yang hampir semua pemainnya bukan pilihan dia. Pelatih yang sudah malang-melintang menangani banyak klub Indonesia dan Hong Kong ini pun langsung melakukan debut saat tim menghadapi PSM. 

"Saya memang baru 4 hari di tim. Meski demikian, penampilan tim sudah lebih baik dibandingkan saat bermain di Makassar. Kami mendominasi pertandingan dan menciptakan banyak peluang. Tetapi tidak ada gol yang tercipta. Sementara, tidak ada satu pun tendangan dari PS Tira yang mengarah ke gawang kami," kata Antonic. 

"Semua pemain sudah bekerja keras untuk tim. Tentu masih ada kekurangan yang harus diperbaiki. Yang pasti kami pasti akan meraih kemenangan di laga-laga berikutnya. Kami berterima kasih kepada suporter yang sudah datang maupun yang tidak datang," ucap dia. 

Pelatih PS Tira Ihar Kryushenko menuturkan bila pertandingan berjalan panas yang diwarnai dengan banyaknya kartu kuning. Menurut dia baik timnya maupun PSS berusaha memenangkan pertandingan. Terutama setelah kedua tim itu menelan kekalahan di laga sebelumnya. 

"Pertandingan yang cukup panas, tetap menarik. Jelas, kedua tim sama-sama ingin menang setelah kalah di pertandingan pertama," kata Kryushenko. 

Hasil imbang di laga itu menjadikan kedua tim sama-sama mengantongi 1 poin. Hanya, PSS unggul selisih gol sehingga menduduki peringkat 15. 

Sebaliknya, PS Tira berada di posisi 16. Mereka masuk ke zona degradasi bersama Persela Lamongan dan Barito Putera yang belum meraih poin di 2 pertandingan pertama. 

PSS Mendominasi Tetapi Gagal Cetak Gol 

Di laga itu, PSS menunjukkan dominasinya dengan menekan lawan. Namun serangan mereka lebih sering menemui kegagalan. 

Skema 4-3-3 yang digelar Antonic sepertinya malah menyulitkan Yehven Bokhashvili yang ditempatkan sebagai ujung tombak. Pasalnya Irfan Bachdim dan Zah Rahan Krangar yang diharapkan menopang dia justru lebih banyak bermain sendiri. 

Buntutnya Bokhashvili terlihat lebih sering turun menjemput bola. Hanya pemain asal Ukraina ini selalu gagal saat membawa bola dari dua pertiga lapangan karena bisa dipotong lawan. Situasi itu tak berubah selama babak pertama.  

PS Tira memang membangun pertahanan yang kokoh. Namun serangan mereka selalu kandas. Bahkan lini depan The Army jarang mengancam gawang Ega Rizky. 

Situasi tak berubah di babak kedua. Serangan Laskar Elang Jawa tak pernah membuahkan hasil. 

Bahkan PSS harus kehilangan seorang pemain menjelang akhir pertandingan. Pemain pengganti Derry Rachman mendapat kartu merah setelah menerima kartu kuning kedua di menit 90.

Meski tim bermain dengan 10 orang di menit-menit terakhir, PSS tetap tak kemasukan gol. PS Tira juga tak bisa memanfaatkan keuntungan jumlah pemain. Skor akhir pun tetap 0-0. []

Berita terkait
PSM Makassar Awali Liga 1 dengan Kemenangan Atas PSS
PSM Makassar mengawali kompetisi Shopee Liga 1 2020 dengan meraih kemenangan 2-1 atas PSS Sleman, Minggu, 1 Maret 2020.
Lawan PSM Makassar, PSS Sleman Tampil Menyerang
PSS Sleman bakal tampil menyerang saat menjalani laga perdana melawan PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu, 1 Maret 2020.
Liga 1 Belum Dimulai, PSS Ditinggalkan Pelatih
Kompetisi Liga 1 2020 belum dimulai, PSS Sleman membuat kejutan dengan mundurnya pelatih Eduardo Perez Moran. PSS bergegas mencari pelatih baru.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.