UNTUK INDONESIA
PSM Makassar Waspadai Striker PSS Sleman di Liga 1
Pelatih PSM Makassar Bojan Hodak memberi perhatian kepada striker PSS Sleman Yevhen Bokhashvili dalam duel Liga 1 2020, Minggu, 1 Maret 2020.
Pelatih PSM Makassar Bojan Hodak (kiri) memberi perhatian kepada striker PSS Sleman Yevhen Bokhashvili dalam duel Liga 1 2020, Minggu, 1 Maret 2020. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Makassar - PSS Sleman menjadi ujian pertama PSM Makassar di kompetisi Shopee Liga 1 2020. Pelatih Bojan Hodak memberi perhatian kepada striker PSS Yevhen Bokhashvili yang menjadi ancaman bagi pertahanan PSM dalam duel di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu, 1 Maret 2020.  

Bokhashvili pantas diwaspadai karena ketajamannya. Penyerang asal Ukraina ini benar-benar menjadi mesin andalan PSS. Di musim lalu saat melakukan debut di Liga 1, Bokhashvili sukses mencetak 16 gol. Dirinya pun menduduki peringkat empat dalam daftar top scorer liga. 

Performa gemilang pemain berusia 27 itu menjadikan pelatih Hodak tak meremehkannya. Menurut dia kemampuan yang dimiliki Bokhashvili sangat berbahaya bagi pertahanan tim Juku Eja. Meski demikian, dia telah menyiapkan strategi untuk menghentikan pergerakan Bokhashvili.

Dari tujuh pertandingan itu, tim masih ada kekurangan yang harus diperbaiki. Namun saya sudah merasa cukup senang karena tim menunjukkan peningkatan

"PSS memiliki striker bagus dan kami harus mewaspadainya. Namun dia tidak akan bisa berbuat apa-apa bila tidak mendapat suplai bola dari pemain lain," ujar Hodak di Makassar, Sabtu, 29 Februari 2020. 

"Kami akan mencoba menghentikan suplai bola mereka dari lini tengah ke depan. Ini membuat dia tak bisa melakukan apa-apa," kata dia. 

Bila mematikan salah satu andalan lini depan Laskar Elang Jawa, Hodak optimistis bisa memenangkan laga perdana. Menurut dia tim juga harus bisa memanfaatkan keuntungan saat bermain di kandang sendiri. Pasalnya sebagai tuan rumah, PSM jelas lebih diunggulkan ketimbang PSS yang datang ke Makassar dalam kondisi tak bagus. 

Tim lawan harus melakukan pergantian pelatih beberapa saat sebelum digulirkannya kompetisi. Pelatih Eduardo Perez secara mendadak mengundurkan diri. Posisinya digantikan Dejan Antonic yang musim lalu menangani Madura United. Hanya, Antonic sendiri baru bergabung dengan tim di Makassar. 

Pelatih Hodak tak mempersoalkan problem internal yang dihadapi tim tamu. Menurutnya PSS tetap tim yang bagus dan berpeluang menciptakan kejutan bila tidak dihentikan.

"Garis besarnya adalah mereka baru saja melakukan pergantian pelatih. Tentu ada perubahan pada tim tersebut," ujar Hodak. 

Dilanjutkan oleh pelatuh asal Kroasia ini, "PSS tetap tim yang bagus. Mereka memiliki organisasi permainan yang baik. Namun kami bermain di kandang sendiri. Jadi, tidak peduli siapa lawannya, kami harus bisa memaksimalkan status tim favorit." 

PSM Tunjukkan Kesiapan Hadapi Liga

PSM sendiri menunjukkan kesiapan menghadapi kompetisi. Apalagi, tim sudah dipanaskan di Piala AFC dan sejumlah laga uji coba. Tidak kurang tujuh laga sudah dilakoni Pasukan Ramang sebelum menghadapi PSS. 

"Dari tujuh pertandingan itu, tim masih ada kekurangan yang harus diperbaiki. Namun saya sudah merasa cukup senang karena tim menunjukkan peningkatan. Bila saya senang ini berarti tim juga sudah baik," kata dia lagi. 

Bila PSM menunjukkan kesiapannya, berbeda dengan persiapan PSS yang sedikit terganggu karena adanya pergantian pelatih. Selain itu ada perubahan kepemilikan saham mayoritas di PT Putra Sleman Sembada yang menaungi klub. 

Tim juga hanya dua kali melakukan uji coba melawan tim selevel. Hasilnya, mereka dikalahkan Persib 4-2 dan bermain imbang 1-1 melawan Persipura Jayapura. Pencapaian yang mengecewakan dan kini Bagus Nirwanto dkk harus ke Makassar untuk melakoni laga perdana PSS. []

Berita terkait
Unik, Launching PSM dengan Adat Bugis-Makassar
PSM Makassar melakukan launching tim yang akan mengarungi Liga 1 2020 dengan mengusung konsep tradisional etnis Bugis-Makassar.
Kalahkan Shan United, Pelatih PSM Sebut Soal Cuaca
Pelatih PSM Makassar Bojan Hodak mempersoalkan cuaca panas meski timnya menang 3-1 atas Shan United di Piala AFC.
Hujan di Jakarta, Pelatih PSM Cemas Kondisi Stadion
Pelatih Bojan Hodak agak cemas dengan kondisi lapangan di Stadion Madya, Jakarta, saat menghadapi Shan United di Piala AFC.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa di Bogor Rabu 6 Mei 2020
Apakah Anda yang berdomisili di Bogor sudah mengetahui jadwal imsakiyah dan buka puasa pada Rabu 6 Mei 2020?