UNTUK INDONESIA
Sembilan Pemain Akademi PSM di Mamuju Promosi ke Tim Senior
Sembilan pemain akademi sepak bola PSM Makassar yang berbasis di Mamuju Sulbar berhasil mendapat rekomendasi bermain di tim senior.
Pemain Akademi PSM di Mamuju yang diberangkatkan ke Makassar untuk ambil bagian dalam tim senior PSM Makassar. (Foto: Tagar/Eka Musriang)

Mamuju - Sebanyak sembilan pemain akademi sepak bola PSM Makassar yang berbasis di Mamuju berhasil mendapat rekomendasi untuk menjadi pemain di tim senior PSM.

Ke sembilan pemain itu, Edgard Amping, Muhammad Rafli Asrul, Renaldi, Fadel Muhammad, Prince Patrick Kallon, Muhammad Fahri, Muhammad Rifky Maulana, Muhammad Farhan Rahman dan Firdaus Jufri.

"Mereka berkesempatan menguji skil dan teknik yang telah dipelajari selama mengikuti pelatihan rutin di akademi PSM Makassar di Mamuju,"kata Manager Akademi PSM Makassar, Febrianto Wijaya, kepada Tagar, Minggu 20 September 2020.

Jika memungkinkan beberapa diantaranya akan direkrut sebagai pemain reguler PSM Makassar dalam setiap kompetisi.

Dia mengapresiasi capaian sembilan pemain binaannya itu. Dia berharap tahun ini performa PSM Makassar dalam kompetisi bisa lebih baik dengan kombinasi pemain muda dan senior.

"Jika memungkinkan beberapa diantaranya akan direkrut sebagai pemain reguler PSM Makassar dalam setiap kompetisi,"katanya.

Menurutnya, dengan adanya regulasi yang dibuat oleh PSSI tentang aturan bagi setiap klub sepak bola yang berkompetisi di liga 1 untuk merekrut pemain hasil akademi, membuahkan secercah harapan untuk para pemain muda dapat ikut berkompetisi.

"Kami berharap kepada para pemain untuk terus meningkatkan performanya selama mengikuti pelatihan di tim senior PSM Makassar, sehingga nantinya dapat menjadi pemain reguler di tim Senior PSM,"kata Febrianto.

Febrianto menegaskan, tidak ada sistem tunjuk dalam rekrutmen pemain akademi yang di utus ke tim senior PSM Makassar tersebut. Keseluruhan ialah hasil dari statistik nilai yang diperlihatkan oleh pemain yang bersangkutan.

"Para pemain yang ikut berlatih bersama tim senior PSM Makassar ini adalah mereka yang disaring berdasarkan statistik selama pelatihan,"kata Febrianto.

Sebagai Manager Akademi PSM di Mamuju, Febrianto berterima kasih kepada pihak PSM Makassar yang telah mempercayakan dirinya untuk membina dan melatih talenta-talenta muda, untuk kemudian dapat dipercaya mampu mengemban tugas sebagai pemain yang berkualitas untuk PSM Makassar.

"Pemain yang kami berangkatkan berdasarkan statistik seperti good performance, total passing, time performance dan statistik lainnya yang menunjang kemampuan pemain,"katanya.

Salah satu pemain binaan akademi PSM Makassar di Mamuju, Edgard Amping yang juga merupakan putra asli Mamuju, merasa bangga karena menjadi bagian dari sembilan pemain yang akan bermain bersama tim senior PSM Makassar.

"Ini merupakan sebuah kesempatan besar untuk dapat menguji kemampuan saya di level senior dan menjadi pemain bola yang profesional seperti cita-cita saya. Terima kasih untuk akademi PSM di Mamuju atas segala bimbingannya terutama manager dan para coach. Saya akan terus berlatih dan menunjukkan hal-hal yang positif,"kata Edgard.

Diketahui, Akademi PSM di Mamuju adalah satu-satunya akademi PSM Makassar diluar Sulawesi selatan yang telah ada selama empat tahun. Saat ini, Akademi PSM di Mamuju melatih para pesepak bola mulai dari usia 12 hingga 19 tahun. Dengan total binaan sebanyak 130 orang.

Berikut Tagar mengulas profil lengkap kesembilan Pemain unggulan Akademi PSM di Mamuju.

1. Edgard Amping, Posisi: Bek Kiri dan Kanan, (Alt.Winger). Prestasi: peserta Garuda Select PSSI Jilid II, bermain untuk PSM Makassar U-18 di tahun 2020.

2. Muhammad Rafli Asrul, Posisi: Gelandang Serang. Prestasi: peserta Garuda Select PSSI Jilid II, Top Skor EPA Liga 1 U-16 tahun 2019 dengan total 14 gol.

3. Renaldi, Posisi: Center Back (Bek kanan), Prestasi: peserta Garuda Select PSSI Jilid II, bermain untuk PSM Makassar U-18 di tahun 2020.

4. Fadel Muhammad, Posisi: Gelandang Serang (Winger), Prestasi: Peraih juara Gothia Cup 2019 bersama Timnas Pelajar U-16 yang berlangsung di Cina.

5. Prince Patrick Kallon, Posisi: Winger (Striker), Prestasi: bermain untuk PSM U-18 di EPA Liga 1 U-18 2019 sampai sekarang.

6. Muhammad Fahri, Posisi: Center Back (Bek Kanan), Prestasi: bermain untuk PSM U-18 di EPA Liga 1 U-18 2019.

7. Muhammad Rifky Maulana, Posisi: Winger (Striker), Prestasi: bermain untuk PSM U-18 di EPA Liga 1 U-18 2019.

8. Muhammad Farhan Rahman, Posisi: Gelandang Bertahan, Prestasi : bermain untuk PSM U-18 di EPA Liga 1 U-18.

9. Firdaus Jufri, Posisi: Penjaga Gawang, Prestasi: bermain untuk PSM U-18 di EPA Liga 1 U-18. []

Berita terkait
Latihan Perdana PSM Tertutup untuk Umum
PSM Makassar akan memulai latihan perdana untuk mengarungi lanjutan liga 1. Ini jadwalnya
Putra Kedua Pemain PSM Makassar Wiljan Pluim Lahir
Putra gelandang flamboyan asal klub PSM Makassar Wiljan Pluim lahir, kelahiran putra keduanya membuat Pluim bahagia.
Liga 1 Kian Dekat, Pemain PSM Makassar Belum Latihan
Kompetisi Liga 1 tinggal hitungan pekan. Namun PSM Makassar tak kunjung melakukan latihan. Pemain juga tak tahu kapan latihan dimulai.
0
Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta Dapat 5 Medali
Mewakili Yogyakarta, Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa sukses membawa pulang lima medali di ajang Kompetisi Sains Nasional tahun 2020.