UNTUK INDONESIA
PSM Berharap Tetap Bermain di Makassar di Liga 1
PSM Makassar berharap tetap bermain di Makassar di Liga 1 2020. Kepastian itu akan diperoleh bila Stadion Andi Mattalatta lolos verifikasi.
Stadion Andi Mattalatta yang menjadi markas PSM Makassar diverifikasi tim dari PT LIB untuk kesiapan digunakan di kompetisi Liga 1 2020, Minggu, 16 Februari 2020. PSM berharap stadion lolos verifikasi dan tetap bermain di Makassar. (Foto: Tagar/Muhammad Ilham)

Makassar - PSM Makassar berharap tetap bermain di Makassar di kompetisi Liga 1 2020. Kepastian itu akan diperoleh bila Stadion Andi Mattalatta yang digunakan PSM saat menjamu lawan-lawannya lolos verifikasi yang dilakukan PS Liga Indonesia Baru (LIB). 

PSM sudah tidak bisa bermain di Makassar di ajang Piala AFC. Stadion di Makassar yang tidak memenuhi persyaratan menjadikan PSM harus bermain di Pakansari, Bogor, seperti saat menjamu Lalenok United FC di babak play-off Piala AFC. Musim lalu, tim Juku Eja juga bermain di luar Makassar di laga kandang di Piala AFC.    

PSM tak berharap menjadi tim nomaden di kompetisi domestik musim ini. Stadion pun telah menjalani tahap verifikasi yang dilakukan PT LIB, Minggu, 16 Februari 2020. 

Kalau dari segi kelengkapan, Stadion Andi Mattalatta sudah cukup. Namun ada beberapa fasilitas yang tidak bekerja atau tidak berfungsi

Tim verifikasi melakukan pemeriksaan dan pengecekan seluruh fasilitas stadion. Tim harus memastikan fasilitas stadion memiliki standar dalam pelaksanaan Liga 1 yang mulai digelar pada 29 Februari 2020. 

Menurut Somad, verifikator PT LIB, verifikasi stadion selalu dilakukan setiap tahun sebagai syarat dan standar kelayakan tim-tim yang ada di Indonesia untuk menggelar pertandingan Liga 1. Penilaian yang dilakukan termasuk kebersihan di seluruh ruangan hingga tribun penonton yang harus tetap terjaga.

"Kami melakukan verifikasi stadion Liga 1 setiap tahun. Kalau dari segi kelengkapan, Stadion Andi Mattalatta sudah cukup. Namun ada beberapa fasilitas yang tidak bekerja atau tidak berfungsi. Kami juga menilai kebersihan stadion," tutur Somad.

Kebersihan stadion sangat penting dan harus terjaga. Ini untuk memberi kenyamanan pemain dan penonton saat berada di stadion.

"Kami berharap kebersihan stadion harus selalu dijaga meski kompetisi sedang libur. Dalam ruangan stadion ada beberapa bagian yang harus diperbaiki sehingga bisa memenuhi standar," katanya.

Verifikasi seluruh stadion kontestan Liga 1 di seluruh Indonesia, kata Somad mempunyai target sebelum digulirnya kompetisi Liga 1. PT LIB berharap klub bisa menggunakan stadion yang berada di kotanya. Dengan demikian pendukung tim dapat menyaksikan langsung pertandingan klub kebanggan mereka.

"Seperti PSM yang bemain di Stadion Pakansari karena standarisasi Stadion Andi Mattalatta tidak memenuhi persyaratan menyelenggarakan pertandingan Piala AFC," ujarnya. 

"Kita lihat bagaimana jika PSM tidak bermain di kandang sendiri. Dukungan dari suporter tentu berkurang," kata Somad memungkasi. []

Berita terkait
PSM Tampil Menyerang Lawan Tampines Rovers
PSM Makassar akan tampil menyerang saat menghadapi tuan rumah Tampines Rovers di Piala AFC, Rabu 12 Februari 2020.
7 Gol PSM Makassar dan Kembalinya Ferdinand Sinaga
Ketajaman pemain depan PSM Makassar sudah teruji dengan mencetak tujuh gol di dua play-off Piala AFC. Striker Ferdinand Sinaga pun telah kembali.
Di Grup Berat, PSM Siap Kerja Keras di Piala AFC
PSM Makassar bakal bersaing ketat di penysihan Grup H Piala AFC karena bergabung dengan klub-klub kuat Asia Tenggara.
0
Uji Coba Fitur Stories, Tagar #RIPTwitter Bergema
Twitter tengah melakukan uji coba fitur stories yang dinamai Fleets di Brazil. Fitur ini mendapat kritikan dari penggunanya.