Program SEHATI di Bidang Pendidikan Sumba Timur

Berikut program paket SEHATI calon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur NTT di Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.
Bakal calon Bupati Khristofel Praing dan bakal calon Wakil Bupati David Melo Wadu (Paket SEHATI) Sumba Timur, NTT, Rabu 26 Agustus 2020. (Foto: Tagar/Yos Syukur)

Sumba Timur - Sumba Timur memiliki potensi yang luar biasa. Oleh karena itu perlu disiapkan sumber daya manusia yang unggul dan mumpuni untuk bisa mengolah dan mengembangkan potensi-potensi yang ada untuk kesejahteraan masyarakat Sumba Timur.

"SEHATI akan meningkatan sumber daya manusia dengan membangun sekolah menengah kejuruan seperti SMIP (Sekolah Menengah Industri Pariwisata), Sekolah Menengah Atas Ekonomi (SMAE), Sekolah Pertanian, Tekhnik Mesin dan lain sebagainya,"

Tujuan dari sekolah tersebut, lanjut Khristofel, untuk membentuk tenaga-tenaga profesional dalam bidang pariwisata yang nantinya dapat langsung terjun ke dunia usaha, dunia Industri pariwisata perhotelan, bengkel mobil, dan bagian keuangan.

Listrik masih menjadi problem di Sumba Timur. Oleh karena itu pemerintah ke depan harus berani mengambil kebijakan untuk memastikan ketersediaan listrik merata di seluruh Sumba Timur.

Hal itu disampaikan oleh calon bupati Sumba Timur, Khristofel Praing-David Melo Wadu, kepada wartawan di Waingapu, Selasa 17 November 2020.

Pasangan calon dengan tagline SEHATI itu menjelaskan, tantangan terbesar di saat masa pandemi Covid-19 ini ialah anak sekolah di desa-desa masih sulit mengikuti proses belajar secara online.

Baca juga:

"Anak sekolah di desa kesulitan mengikuti pelajaran secara online karena tidak tersedianya jaringan seluler dan fasilitas untuk belajar, seperti handphone atau android," kata dia.

Oleh karena itu ke depan, lanjut Khristofel pemerintah harus memastikan ketersedian alat pembelajaran. Jaringan internet harus merata di seluruh wilayah Sumba Timur.

"Menteri Kominfo, Johni Plate dari partai NasDem. Partai NasDem mendukung SEHATI di Pilkada Sumba Timur, kami akan usulkan hal ini demi kemajuan pendidikan di Sumba Timur," tegas dia.

Dikatakannya, banyak sekolah di Sumba Timur yang memiliki fasilitas seperti komputer. Namun, semua menjadi mubazir karena ketiadaan listrik.

"Listrik masih menjadi problem di Sumba Timur. Oleh karena itu pemerintah ke depan harus berani mengambil kebijakan untuk memastikan ketersediaan listrik merata di seluruh Sumba Timur, misalnya dengan energi baru terbarukan," ungkapnya.

Dijelaskan, Energi Baru Terbarukan (EBT) melalui Panas Matahari paling stabil terdapat di Pulau Timor dan Sumba.

"Pemerintah provinsi NTT mencanangkan EBT di pulau Sumba. Tentu kita sambut program gubernur agar Sumba Timur terang sampai ke pelosok desa," terangnya.

Baca juga:

Kristofel memaparkan, banyak anak-anak sekolah di Sumba Timur yang berprestasi. Setelah menyelesaikan pendidikan menengah atas mereka tidak bisa melanjutkan pendidikan tinggi karena keterbatasan biaya.

"Pemerintah harus mengambil sikap, memberi beasiswa prestasi untuk siswa-siswi yang berprestasi sesuai dengan keahliannya. Baik di sekolah kedokteran, pertanian dan perkembunan, peternakan dan pariwisata dan bidang lainya," paparnya.

Dikatakannya, dengan beasiswa prestasi bagi anak berprestasi maka pemerintah memiliki generasi yang unggul dan mumpuni.

"Mereka yang dibeasiswa akan kembali dan mengabdi untuk membangun Sumba Timur," tegas Khristofel.

Menurut dia, pemerintah sebagai pemegang amanat mencerdaskan kehidupan bangsa berkewajiban mengadakan pendidikan bagi seluruh masyarakat.

Dia menjelasakan, pemerintah telah berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan guru melalui program tambahan penghasil sertifikasi. Program pemerintah di bidang pendidikan seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Beasiswa Pendidikan Siswa Miskin (BIDIK MISI).

"Pemerintah daerah harus memastikan program-program tersebut tepat sasaran dan mengevaluasi sejauh mana partisipasi pemerintah dalam menyambut program pemerintah pusat," beber Khristofel.

Hal senada disampaikan oleh calon wakil Bupati Sumba Timur, David Melo Wadu. Menurut dia, untuk menciptakan generasi yang unggul kita harus pastikan guru-guru yang ada di Sumba Timur berkualitas dan sejahtera.

Baca juga:

"Guru harus berkualitas sehingga menciptakan generasi yang unggul dan mumpuni. Fasilitas pendidikan dan sarana prasarana, seperti alat-pembelajaran yang menunjang kegiatan belajar mengajar harus lengkap," katanya.

Mantan ketu Komisis IV DPRD Provinsi NTT itu menjelaskan, kesejahteraan guru juga sangat penting sehingga mereka bisa menjalankan tugas dengan baik. Guru-guru di desa terpencil wajib mendapat kendaraan dinas sehingga menjalankan tugas dan pelayanan dengan baik.

Dia menambahkan, pembangunan gedung-gedung sekolah juga harus di wilayah yang mudah dijangkau oleh para guru dan siswa.
"Banyak sekolah yang mubazir karena sulit dijangkau oleh para siswa. Mereka harus berjalan kaki berjam-jam untuk sampai di sekolah," ujarnya.

Menurut dia, SEHATI akan memantapkan perencanaan, survei lokasi sehingga membangun sekolah yang layak dan mudah di akses.

Selain bidang pendidikan, bidang kesehatan, pertanian, perikana, kelautan dan peternakan akan menjadi agenda SEHATI untuk kesejahteraan Sumba Timur. []

Berita terkait
Tim Sukses SEHATI Terapkan Politik Santun di Sumba Timur
Tim Pemenang pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati, Sumba Timur paket SEHATI menerapkan politik santun saat berkampanye
SEHATI Dinilai Mampu Atasi Pembangunan di Sumba Timur
Paket SEHATI dinilai paling siap dan mampu mengatasi persoalan pembangunan dan kemiskinan diSumba Timur. Ini alasannya
Paket SEHATI Dinilai Layak Memimpin Sumba Timur
Paket SEHATI dinilai paling layak memimpin Sumba Timur lima tahun mendatang. Inialasannya.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.